Cara Cek Kecepatan Internet di Semua Perangkat, Mudah dan Cepat

Berbagai cara untuk mengecek kecepatan internet Anda dengan mudah dan cepat.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 17 Mei 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 16:05 WIB
Ilustrasi Kecepatan Internet
Ilustrasi Kecepatan Internet (Photo created by stories on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Dari streaming film hingga bekerja dari jarak jauh, semuanya bergantung pada koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi. Namun, terkadang kita mungkin menghadapi kecepatan internet yang lambat yang dapat mengganggu rutinitas kita sehari-hari.

Jadi, bagaimana cara cek kecepatan internet di perangkat kita? Apakah sudah berjalan pada kecepatan optimal atau belum. Untungnya, ada beberapa cara cek kecepatan internet mudah dan cepat, yang dapat dilakukan untuk menguji kecepatan internet Anda dan mengidentifikasi jika ada masalah yang membuat perangkat anda tidak bekerja secara maksimal.

Mengetahui cara cek kecepatan internet menjadi sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan memecahkan masalah koneksi internet yang mungkin Anda temui. Dengan memanfaatkan berbagai alat cek kecepatan internet, Anda dapat dengan mudah menentukan kecepatan internet dan mendapatkan informasi penting tentang kinerja koneksi Anda. 

Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kecepatan internet? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber berbagai cara untuk mengecek kecepatan internet Anda dengan mudah dan cepat, Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Cek Kecepatan Internet Mudah dan Cepat

Seberapa Produktif Warga Jakarta Pakai Teknologi Telekomunikasi?
Kemampuan koneksi internet cepat yang mulai disediakan di Jakarta disebutkan tak mempengaruhi produktivitas masyarakat Jakarta.

Di dunia digital yang serba cepat saat ini, koneksi internet yang andal sangat penting untuk aktivitas kerja dan rekreasi. Baik Anda streaming film, berpartisipasi dalam game online, atau berkolaborasi dengan rekan kerja, mengetahui kecepatan internet Anda dapat membantu memastikan pengalaman yang lancar dan tanpa gangguan. 

Untungnya, memeriksa kecepatan internet Anda adalah proses langsung yang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk memeriksa kecepatan internet Anda:

  1. Untuk melihat secara umum kecepatan Wifi Anda, Anda dapat masuk ke menu "Jaringan dan Internet" laptop Anda yang terdapat di panel kontrol. Dari sana, pilih "Jaringan dan Pusat Berbagi" lalu klik nama Wifi Anda. Ini membuka jendela status Wi-Fi yang menunjukkan berbagai titik data jaringan. Kecepatan yang ditampilkan pada menu status Wi-Fi mewakili koneksi antara laptop dan router Anda.
  2. Untuk melihat lebih dalam pada kecepatan Wi-Fi Anda, Anda dapat menggunakan tes kecepatan Wifi online. Beberapa penyedia layanan Internet memiliki alat uji kecepatan sendiri. Ada juga berbagai alat uji kecepatan online, seperti speedtest.net atau fast.com, yang biasanya gratis untuk digunakan dan memberi Anda informasi kecepatan waktu nyata dengan mengklik tombol. Tes kecepatan online sering menunjukkan kecepatan unggah dan unduh serta kecepatan ping. Kecepatan ping penting untuk game online sementara kecepatan unggah dan unduh penting untuk penelusuran web, streaming video, dan email.

1. TestMy.net

Tes aktual TestMy.net berjalan sedikit berbeda dengan yang lain di daftar ini. Alih-alih memberi Anda tes komprehensif, TestMy.net meminta Anda untuk menentukan apa yang sebenarnya perlu diuji, baik itu unduhan, unggahan, atau latensi Anda. Tes gabungan juga dimungkinkan jika Anda menginginkannya. Hasil sebenarnya sangat mengesankan, memberi Anda rata-rata dibandingkan dengan kota dan negara Anda.

Anda juga akan melihat bagan yang menunjukkan perubahan kecepatan Anda selama pengujian, bukan hanya rata-rata. Ini membantu memastikan informasi yang Anda dapatkan setransparan mungkin.

2. SpeedSmart

Jika Anda mencari penguji kecepatan internet yang berfokus pada keakuratan dan kemudahan penggunaan, maka SpeedSmart mungkin cocok untuk Anda. Beberapa penguji kecepatan internet menggunakan multithreading untuk menguji internet Anda. 

Tesnya sendiri cepat dan mudah, dan memberi Anda perincian yang relatif mendetail tentang apa yang terjadi. Anda juga dapat mengakses Indeks Kecepatan SpeedSmart jika diinginkan, yang akan memberi Anda informasi bermanfaat tentang berbagai penyedia di seluruh negeri.


3. Speedtest

Speedtest, terkadang juga disebut Speedtest oleh Ookla, adalah penguji kecepatan internet yang sangat populer, dan untuk alasan yang bagus. Speedtest pertama kali dibuat pada tahun 2006 dan telah melakukan lebih dari 35 miliar tes sejak itu.

Anda dapat dengan cepat dan mudah mengubah server yang terhubung dengan Speedtest dan jumlah koneksi. Selain itu, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang orang lain dari seluruh dunia.

Dengan menggunakan Indeks Global Speedtest, Anda juga dapat melihat perbandingan internet Anda dengan negara Anda dan negara lain di seluruh dunia hanya dengan satu klik. Speedtest bahkan hadir di berbagai platform, termasuk iOS, Android, dan lainnya.

4. Fast

Jika Anda mencari sesuatu yang sederhana, dan cepat digunakan, maka Fast mungkin merupakan penguji kecepatan internet yang sempurna untuk Anda. Sesuai dengan namanya, Fast mungkin adalah penguji kecepatan internet tercepat di daftar ini. Saat Anda memuat halaman web, Fast akan mulai melakukan keajaibannya, dengan cepat menguji kecepatan unduhan Anda. Hasilnya sederhana, cukup membaca langsung kecepatan unduh Anda dalam megabit per detik, tetapi lebih banyak informasi tersedia jika Anda juga membutuhkannya.

Fast mampu memberi Anda informasi tentang latensi dan kecepatan unggah Anda jika Anda mencari informasi tentang itu. Anda dapat menyesuaikan secara spesifik cara pengujiannya dalam berbagai cara, termasuk berapa banyak koneksi paralel yang Anda inginkan dan berapa lama Anda ingin pengujian berlangsung.


5. SpeedOf.Me

SpeedOf.Me adalah situs web ringan yang berfungsi di semua jenis platform. Jika Anda sedang mencari tes yang dapat Anda gunakan secara konsisten antara browser di desktop dan ponsel Anda, maka SpeedOf.Me mungkin tepat untuk Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik satu tombol jika ingin memulai, dan SpeedOf.Me akan memulai pengujiannya. Grafik yang digunakan terlihat menarik dan diperbarui secara real-time, memberi Anda analitik komprehensif tentang hasil kecepatan internet Anda saat bepergian.

6. Speedcheck

Speedcheck adalah penguji kecepatan internet yang lugas dan tanpa embel-embel untuk Anda yang mencari sesuatu yang sederhana namun tetap komprehensif. Speedcheck dapat memberi Anda informasi tentang latensi Anda, kecepatan unduh, kecepatan unggah, alamat IP Anda, dan penyedia internet.

Jika Anda mencari informasi yang sedikit lebih mendalam, maka Speedcheck telah Anda liput di sana juga, karena memberi Anda informasi yang lebih rinci tentang stabilitas jaringan Anda juga. Anda dapat melihat seberapa bervariasi kecepatan internet Anda selama pengujian, serta seberapa banyak data yang sebenarnya ditransfer oleh layanan tersebut.


Cara Meningkatkan Kecepatan Internet

Kecepatan unggah dan unduh diukur dalam megabit per detik (Mbps). Kecepatan Wi-Fi yang Anda perlukan bergantung pada aktivitas online yang paling sering Anda gunakan. Untuk penjelajahan web biasa, memeriksa email, dan streaming video online, disarankan 4-8 Mbps. 

Netflix merekomendasikan kecepatan unduh 5,0 Mbps untuk menonton video berkualitas HD. Untuk streaming dengan Hulu, Anda dapat menggunakan fitur pilih otomatis Hulu untuk mencocokkan kualitas tampilan terbaik untuk bandwidth Anda. 

YouTube merekomendasikan kecepatan unduh minimal 1,5 Mbps, tetapi itu tergantung pada tingkat kualitas video. 20+ Mbps sangat ideal untuk pengguna yang menjalankan banyak aplikasi Internet sekaligus.

Jika kecepatan internet anda kurang dari rekomendasi diatas, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mempercepat dan meningkatkan kecepatan internet Anda, yaitu:

  1. Simpan router Anda di lokasi terbuka dan sentral. Hal-hal seperti peralatan, dinding, dan benda logam besar semuanya dapat berdampak negatif pada sinyal WiFi Anda, dan karenanya, kecepatan Anda.
  2. Pastikan router Anda diperbarui. Memperbarui firmware router Anda membantu mencegah malware mencuri bandwidth Anda dan memperlambat kecepatan Internet Anda.
  3. Tetap periksa Wi-Fi dan hapus perangkat yang tidak dikenal dari jaringan Anda. Memiliki terlalu banyak perangkat di jaringan Anda, dapat memperlambat kecepatan Wi-Fi Anda secara signifikan.
  4. Gunakan penguat atau ekstender Wifi . Penguat dan perluasan Wifi membantu menghilangkan area rumah Anda dengan koneksi yang lemah.

Melakukan cek kecepatan internet secara teratur sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan memecahkan masalah yang mungkin Anda temui. Dengan memanfaatkan alat uji kecepatan online, Anda dapat dengan mudah menentukan kecepatan internet dan mendapatkan wawasan berharga tentang kinerja koneksi Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya