15 Pengertian Evaluasi, Fungsi, Tujuan, dan Tahapannya

Pengertian evaluasi berasal dari bahasa Inggris “evaluation” yang memiliki arti penilaian atau penaksiran.

oleh Laudia Tysara diperbarui 01 Jun 2023, 04:40 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 04:40 WIB
Ilustrasi diskusi | Moose Photos dari Pexels
Ilustrasi diskusi | Moose Photos dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Pengertian evaluasi secara umum adalah kegiatan atau proses yang dilakukan secara sistematis. Pengertian evaluasi dapat disederhakan sebagai proses pengambilan keputusan. Proses ini didasarkan pada standar atau kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pengertian evaluasi berasal dari bahasa Inggris “evaluation” yang memiliki arti penilaian atau penaksiran. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978) menerjemahkan pengertian evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.

Pengertian evaluasi adalah bagian dari penilaian yang didasarkan pada kriteria. Meski begitu, kegiatan evaluasi harus melalui proses yang panjang. Dari penentuan topik, merancang, mengumpulkan data, mengelola, hingga melaporkan hasi evaluasinya. Agar lebih memahami, simak pengertian evaluasi lebih dalam oleh para ahli.

Berikut Liputan6.com ulas pengertian evaluasi, tujuan, fungsi, dan tahapannya dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Ilustrasi diskusi | mentatdgt dari Pexels
Ilustrasi diskusi | mentatdgt dari Pexels

1. Gronlund (1975)

Pengertian evaluasi adalah suatu proses secara  sistematis untuk menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan – tujuan dari pengajaran telah di capai oleh siswa.

2. Azwar (1996)

Pengertian evaluasi adalah suatu proses yang di lakukan secara teratur serta sistematis pada komparasi antara standar atau kriteria yang sudah di tentukan dengan hasil yang di peroleh. Melalui hasil perbandingan tersebut selanjutnya disusun suatu kesimpulan dan saran pada setiap aktivitas yang ada pada program.

3. Zainul dan Nasution (2001)

Pengertian evaluasi adalah dapat dinyatakan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi yang di peroleh melalui pengukuran suatu hasil belajar, baik yang menggunakan instrumen tes maupun non tes.

4. Nurkancana (1983)

Pengertian evaluasi adalah suatu kegiatan yang di lakukan yang berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal.

5. Raka Joni (1975)

Pengertian evaluasi adalah suatu proses untuk mempertimbangkan sesuatu barang atau objek, hal atau gejala dengan mempertimbangkan beragam faktor yang kemudian di sebut dengan Value Judgment.

6. John M. Echols dan Hasan Shadily (1983)

Pengertian evaluasi adalah berasal dari bahasa Inggris yaitu evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran.

7. Kumano (2001)

Pengertian evaluasi adalah penilaian terhadap data yang telah di kumpulkan melalui kegiatan asesmen.


Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Selanjutnya

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

8. Ralf Tyler

Beliau menyatakan pengertian evaluasi adalah suatu proses pengumpulan pendidikan sudah tercapai.

9. Calongesi (1995)

Pengertian evaluasi adalah suatu keputusan mengenai nilai yang berdasarkan pada hasil pengukuran.

10. Jones

Pengertian evaluasi adalah suatu aktivitas yang di rancang untuk menimbang manfaat suatu program dalam spesifikasi kriteria, teknik pengukuran, metode analisis serta  bentuk rekomendasi.

11. Anne Anastasi (1978)

Pengertian evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan instruksional dicapai oleh seseorang. Evaluasi merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas.

12. Sajekti Rusi (1988)

Pengertian evaluasi adalah proses menilai sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (penilaian).

13. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978)

Pengertian evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.

14. A.D Rooijakkers

Pengertian evaluasi adalah suatu usaha atau proses dalam menentukan nilai-nilai. Secara khusus evaluasi atau penilaian juga diartikan sebagai proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.

15. Suharsimi Arikunto (2003)

Pengertian evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.


Mengenal Fungsi dan Tujuan Evaluasi

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

1. Fungsi Evaluasi

- Fungsi Selektif

Fungsi selektif adalah fungsi yang dapat menyeleksi seseorang apakah memiliki komptensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Misalnya; menentukan seseorang diterima kerja atau tidak, menentukan seseorang naik jabatan atau tidak, dan lainnya.

- Fungsi Diagnosa

Fungsi diagnosa bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seseorang dalam bidang kompetensi tertentu. Misalnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang siswa dalam bidang studi yang didapatkannya di sekolah.

- Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan bertujuan untuk mengetahui di mana posisi terbaik seseorang dalam suatu bidang tertentu. Misalnya untuk mengetahui posisi terbaik seorang karyawan sesuai dengan bidangnya di dalam suatu perusahaan.

- Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Dalam hal ini, evaluasi berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang dipakai, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

2. Tujuan Evaluasi

- Untuk mengetahui tingkat penguasaan atau pemahaman seseorang terhadap kompetensi yang telah ditetapkan.

- Untuk mengetahui kesulitan atau rintangan yang dihadapi oleh seseorang dalam kegiatannya sehingga dengan diadakan evaluasi dapat membantu memecahkan masalah dan kesulitan yang dihadapi.

- Bisa menjadi umpan balik informasi yang baik untuk pelaksana sehingga bisa memperbaiki kekurangan yang ada.

- Digunakan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi metode atau cara yang telah diterapkan.


Tahapan Evaluasi

Ilustrasi Diskusi
Ilustrasi diskusi. (dok. Piixabay.com/Putu Elmira)

Dalam kegiatan evaluasi terdapat beberapa tahapan penting yang saling mendukung satu sama lainnya. Mengacu pada pengertian evaluasi, adapun tahapan-tahapan evaluasi adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Topik

Menentukan topik evaluasi, yakni menentukan topik atau agenda yang akan di evaluasi sehingga tidak melebar dan fokus. 

2. Merancang Kegiatan

Merancang kegiatan evaluasi, yaitu merencanakan atau mendesain kegiatan evaluasi agar tidak ada aspek atau pelaksanaannya yang tertinggal.

3. Mengumpulkan Data

Pengumpulan data, yaitu kegiatan untuk mengumpulkan materi dan mencatat setiap data atau informasi yang akan disampaikan dalam evaluasi.

4. Mengelola Data

Pengolahan dan analisis data, yaitu kegiatan untuk mengolah informasi dengan mengelompokkan data sehingga lebih mudah dalam melakukan analisis serta menjadi tolak ukur seberapa lama waktu evaluasi akan digelar.

5. Melaporkan Evaluasi

Pelaporan hasil evaluasi, yaitu setelah melakukan berbagai kegiatan evaluasi, maka harus dilanjutkan dengan membuat laporan agar bisa menjadi acuan untuk membuat kegiatan di kemudian hari.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya