7 Bahan Pengganti Minyak Goreng Sawit untuk Memasak, Lebih Sehat

Bahan pengganti minyak goreng sawit berupa minyak goreng yang terbuat dari bahan alami lainnya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 18 Jun 2023, 19:10 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi minyak goreng. (dok. Freepik.com)
Ilustrasi minyak goreng. (dok. Freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Bahan pengganti minyak goreng sawit mungkin diminati oleh banyak orang sekarang ini. Pasalnya dengan adanya kelangkaan dan harga minyak goreng sawit yang tidak murah, salah satu jalan keluar bagi masyarakat mungkin adalah menggunakan alternatif lain dalam memasak. 

Selain minyak goreng sawit, kamu mungkin bisa menggunakan jenis minyak goreng lainnya. Apalagi, ada beberapa jenis minyak goreng yang memang kualitasnya lebih baik daripada minyak goreng sawit, bahkan juga baik untuk kesehatan.

Bahan pengganti minyak goreng sawit berupa minyak goreng yang terbuat dari bahan alami lainnya. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan minyak zaitun dan minyak kelapa sebagai pengganti minyak goreng sawit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/3/2022) tentang bahan pengganti minyak goreng sawit.


Bahan Pengganti Minyak Goreng Sawit untuk Memasak

Menggunakan Minyak Zaitun
Ilustrasi Menggunakan Minyak Zaitun Credit: pexels.com/Mareefe

Minyak Zaitun

Kaya vitamin E dan berbagai senyawa antioksidan, minyak zaitun merupakan pengganti yang bagus untuk mentega dan ghee. Dengan jumlah lemak jenuhnya yang rendah, minyak zaitun membantu mengatasi penyakit jantung dan juga mengurangi nyeri sendi.

Minyak Kelapa

Populer digunakan dalam masakan India Selatan, minyak kelapa mengandung lemak jenuh tinggi yang hanya meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh seseorang. Selain memiliki sifat antioksidan, minyak kelapa juga kaya vitamin E dan poliphenol yang membantu mengatur berat badan selama ketidakseimbangan hormon.

Mentega

Jika kamu mencari bahan pengganti minyak goreng, mentega bisa jadi solusi terbaik. Mentega yang dicairkan bisa dipakai menumis, memanggang, dan membuat berbagai kue. Bahan ini tidak hanya menambahkan kelembapan, tapi juga rasa nikmat pada makanan.


Bahan Pengganti Minyak Goreng Sawit untuk Memasak

Ini Dia “Minyak Emas” Untuk Kesehatan Masakan
Minyak kanola terbukti lebih sehat untuk kesehatan jantung dibanding minyak kelapa sawit.

Minyak Kanola

Bahan pengganti minyak goreng sawit untuk memasak berikutnya adalah minyak kanola. Penelitian terhadap pola makan dengan minyak kanola menunjukkan penurunan kadar kolesterol, dibandingkan dengan konsumsi minyak yang lebih tinggi asam lemak jenuh lainnya.

Minyak kanola rendah kandungan asam lemak jenuh hanya sekitar 7 persen. Minyak ini juga tinggi dalam kandungan asam lemak tidak jenuh, senyawa vitamin E tokoferol dan zat-zat lain, yang dipercaya sebagai pelindung jantung.

Minyak Mustard

Dari menggoreng hingga menumis, minyak mustard adalah bahan pengganti minyak goreng sawit yang cocok untuk semua jenis masakan. Minyak ini kaya akan komponen antioksidan dan mengandung kebaikan murni dari biji mustard.

Tidak hanya membantu menyembuhkan gangguan pencernaan, minyak mustard juga memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam melindungi kulit dan juga menjauhkan kamu dari berbagai infeksi virus.


Bahan Pengganti Minyak Goreng Sawit untuk Memasak

Ilustrasi minyak goreng
Ilustrasi minyak goreng (dok congerdesign/pixabay.com)

Minyak Bunga Matahari

Bahan pengganti minyak goreng sawit berikutnya adalah minyak bunga matahari. Sarat dengan vitamin dan nutrisi penting, minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ini juga membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dari segi rasa, minyak ini juga sangat aromatik.

Minyak Kacang Tanah

Bahan pengganti minyak goreng sawit selanjutnya yaitu minyak kacang tanah. Minyak kacang tanah adalah minyak goreng serba guna yang sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang membantu mengurangi kolesterol tidak sehat. Selain itu, minyak goreng ini juga merupakan pengganti yang bagus untuk keperluan perawatan kulit karena kaya akan vitamin E dan sifat antioksidan.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya