12 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar di Tahun 2020, Enggak Ribet

Untuk menjalankan sebuah usaha tidak selalu membutuhkan modal besar.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 19 Jun 2023, 09:50 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 09:50 WIB
Ilustrasi keuangan
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Jenis usaha modal kecil untung besar ini mungkin bisa jadi alternatif pemasukan tambahan ketika kamu masih kuliah. Namun jangan salah, jika salah satu jenis usaha modal kecil untung besar ini kamu tekuni, maka bisa jadi ladang uang yang menggiurkan untukmu, lho.

Namun, beberapa dari jenis usaha modal kecil untung besar ini memang membutuhkan ketrampilan khusus. Tapi jangan khawatir, tidak ada yang tidak bisa dipelajari tentunya. Modal yang paling besar sebenarnya ada pada niat untuk memulai usaha. Jadi, mau berapa besar modal yang kamu miliki, tidak akan berjalan jika tidak memiliki niat.

Sebenarnya, jenis usaha modal kecil untung besar ini juga inovasi dari pemanfaatan teknologi yang ada saat ini. Salah satu teknologi yang menunjang dalam mendapatkan peluang bisnis yaitu internet. Semakin berkembangnya teknologi internet, memudahkan urusan terutama dalam proses jual beli. Cukup saling chat saja barang pesananmu langsung dikirim ke rumah.

Nah, daripada kamu semakin pensaran dengan berbagai jenis usaha modal kecil untung besar tersebut, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum apa saja jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa kamu coba, Kamis (30/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Kekinian

Sebelum Mulai Berbisnis, Ketahui 7 Elemen Toko Online
Tanpa ketujuh elemen ini, tokomu hanyalah 'semi offline shop!'

1. Toko online

Saat ini sebuah usaha tidak harus memiliki lokasi yang digunakan sebagai toko. Hal ini tidak lepas dari adanya teknologi internet yang memudahkan dalam membuat toko online. Kamu bisa mencba untuk membuat toko online dari beberapa marketplace yang sudah banyak tersedia.

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook sebagai tempat jual beli milikmu. Modal utama yang kamu butuhkan yaitu ponsel dan laptop jika punya. Nantinya, ketika ada pesanan kamu hanya perlu menuju ke jasa ekspedisi atau kurir online untuk proses pengantaran barang.

2. Jasa desain grafis

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang seni desain, maka usaha ini cocok untukmu. Selain bisa menyalurkan bakat yang kamu miliki, kamu tidak memerlukan berbagai alat yang mahal. Cukup bermodalkan ponsel atau laptop.

Kamu bisa memulai dengan membuat tawaran bagi logo perusahaan, gambar untuk baju, maskot, poster, booth, dan interior. Tapi, ada tips yang perlu kamu perhatikan. Jangan mulai bisnis ini dengan mematok harga terlalu tinggi. Pastikan kamu sudah memiliki portfolio desainmu dahulu, dan setidaknya memiliki terstimonial dari konsumen jasa milikmu.

3. Aksesori handmade

Masih usaha yang berasal dari hobi, jenis usaha modal kecil untung besar ini cocok jika kamu memiliki hobi untuk membuat aksesori seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya. Bisnis ini cenderung menggunakan modal yang murah dan hanya membutuhkan modal utama yaitu untuk membeli bahan baku pembuatan aksesori.

4. Jasa pengetikan

Kamu punya laptop atau komputer dan suka mengetik? Maka bisnis ini cocok untukmu. Sebab, bisnis yang jenisnya jasa selalu menggunakan modal minim. Kamu bisa menawarkan kemampuan mengetikmu terutama pada mahasiswa atau anak sekolah. Sebab, kebutuhan akan pembuatan makalah atau laporan dalam waktu cepat sangat dibutuhkan, dan tidak semua orang mampu mengetik dengan cepat.


Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Hasilnya Menggiurkan

20161013-tips cuci sepatu-rumahcom-boy
Di musim hujan seperti sekarang rasanya susah jika harus mempertahankan sepatu olahraga atau sneakers Anda agar tetap bersih.

5. Cuci sepatu

Beberapa tahun belakangan, pamor sepatu cukup tinggi dan hal ini membuka peluang bisnis baru. Bisnis cuci sepatu cukup menggiurkan, sebab meski setiap orang mampu untuk membersihkan sepatu, namun rasa malas bisa saja muncul dan akhirnya memilih menggunakan jasa cuci sepatu.

Selain itu, jasa cuci sepatu tidak memerlukan lahan luas. Bahan untuk mencuci sepatu juga cukup murah. Bisnismu juga akan semakin meningkat jika kamu memiliki kemampuan dalam mereparasi sepatu atau memodifikasi sepatu agar beda dari lainnya.

6. Event organizer

Bisnis event organizer juga menjadi bisnis yang bisa dibilang hampir tidak memerlukan modal. Yang diperlukan dari jenis usaha modal kecil untung besar ini adalah pengalaman dan kepercayaan dari klien. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, kamu bisa ikut belajar di beberapa event yang sudah ada. Akan lebih baik lagi jika kamu sudah memiliki relasi vendor penyedia perlengkapan event, seperti vendor untuk sound, vendor panggung, dekorasi, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana mendapatkan modal pembuatan eventnya? Kamu bisa menggunakan relasi dan cari sponsor untuk mendapatkan kucuran dana. Sasar beberapa perusahaan besar yang potensial dan memiliki program pemasaran di dalamnya. Biasanya perusahaan membutuhkan event untuk menarik pasar, dan kamu bisa menjadi EO-nya.

7. Jual makanan dan minuman online

Saat ini menjual makanan atau minuman tidak harus dengan memiliki warung. Bahkan, saat ini sudah banyak pebisnis makanan dan minuman yang menjajakan berbagai produknya secara online. Konsumen cukup memesan makanan atau minuman yang diingkan, lalu akan diantar oleh ojek online.

8. Jasa penitipan binatang

Jenis usaha modal kecil untung besar ini juga tidak kalah menggiurkan. Kamu bisa memanfaatkan pengetahuanmu tentang binatang dengan membuka penitipan binatang. Biasanya, penitipan binatang akan ramai di saat libur sekolah dan saat libur panjang di hari besar.


Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar Lainnya

Salah Potong Rambut, Pria Lakukan Hal Menjijikan ke Tukang Cukur
Ilustrasi cukur rambut (pixabay.com)

9. Potong rambut delivery

Jika kamu memiliki keterampilan memotong rambut, maka kamu harus mencoba untuk membuat bisnis potong rambut delivery ini. Maksudnya? Kamu cukup menyiapkan alat cukur lengkap, lalu kamu bisa membuat iklan di sosial media. Selanjutnya, jika ada konsumen yang ingin potong rambut, kamu hanya perlu menuju ke tempat tinggalnya.

10. Bisnis kaos pre-order

Mengapa harus pre-order? Sebab metode ini akan membantumu untuk tidak mengeluarkan biaya produksi kaos. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kepastian mengenai siapa yang akan membeli produk kaos milikmu. Apalagi jika kamu memiliki ketrampilan dalam bidang desain, maka kamu tidak perlu menyewa tukang desain untuk produk kaos milikmu.

11. Jasa pembuatan bucket bunga

Bisnis ini juga cukup unik namun menguntungkan. Kamu bisa membuka jasa pembuatan bucket bunga yang biasa digunakan ketika wisuda. Selain momen wisuda, bucket bunga ini bisa dijadikan kado ketika momen lain seperti ulang tahun.

12. Wedding organizer

Lalu, jenis usaha modal kecil untung besar yang terakhir yaitu wedding organizer. Mungkin kamu bingung apa bedanya WO dengan EO (event organizer). Untuk menjalankan wedding organizer, kamu tidak perlu susah payah mencari sponsor agar mendapatkan uang yang digunakan menyewa vendor. Sebab, sumber keuangan utama acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Dengan kata lain, kamu sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya bermodal pengetahuan dalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya