6 Cara Memilih Sepatu Bola yang Tepat, Mengurangi Risiko Cedera

Jangan asal pilih sepatu bola, sebab bisa menyebabkan cedera yang cukup parah.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 22 Jun 2023, 14:10 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 14:10 WIB
Ilustrasi Bermain Sepak Bola
Ilustrasi Bermain Sepak Bola (Photo by Ruben Leija on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Bermain sepak bola paling menyenangkan di area terbuka yang dipenuhi oleh rumput hijau. Namun, keadaan tiap daerah tentu berbeda-beda. Hal ini mengharuskan pemain untuk menyesuaikan kebutuhan perlengkapan yang digunakan, salah satunya sepatu. Sehingga cara memilih sepatu bola penting diketahui agar terhindar dari cedera terutama di bagian kaki. 

Selain mencegah dari cedara, dengan cara memilih sepatu bola yang tepat dan sesuai kebutuhan, bisa memaksimalkan performa selama pertandingan. Sebab tiap lapangan akan berbeda kebutuhan sepatu yang digunakan, terutama di bagian sol sepatu bola yang terdapat stud atau pul.

Sebagai contoh, jika lapangan yang digunakan cenderung memiliki banyak batuan dan keras, maka cocok menggunakan sol dengan pul kategori HG (Hard Ground). Begitu dengan sebaliknya, cara memilih sepatu bola dengan kondisi lapangan cenderung basah dan lunak, cocok menggunakan pul SG (Soft Ground).

Untuk membahas lebih dalam lagi bagaimana cara memilih sepatu bola tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pelajari Produk dari Tiap Merek

Sepatu Bola
Sepatu Bola (Photo by jason charters on Unsplash)

Cara memilih sepatu bola yang pertama sangat sederhana. Dengan mempelajari tiap produk yang dikeluarkan pabrikan sepatu bola, bisa membantumu untuk menentukan mana sepatu bola yang paling tepat. Biasanya, sepatu bola yang paling dicari memiliki corak atau model yang sama dengan pemain idola gunakan.

Selain mempelajari produk dari masing-masing merek, kamu juga bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai bahan yang digunakan.


2. Pilih Sepatu dengan Bahan yang Bagus

Sepatu Bola
Sepatu Bola (Photo by Emilio Garcia on Unsplash)

Membeli sepatu bola bisa diibaratkan sebuah investasi. Meski umumnya bahan yang bagus memiliki harga lebih mahal, namun menjadi pilihan yang lebih bijak, mengingat performa di lapangan saat bertanding sangat dipengaruhi sepatu.

Tentu kamu tidak mau jika selama pertandingan, sepatu yang digunakan tidak nyaman. Bahkan pada beberapa jenis bahan sepatu bisa menyebabkan blister atau kulit terkelupas akibat gesekan bahan dengan kulit kaki.

Terdapat jenis bahan sepatu bola yang bisa dibilang nyaman digunakan, yaitu kulit. Jenis kulit yang digunakan biasanya merupakan kangaroo leather. Kulit tersebut berasal dari kulit kanguru dan memiliki kualitas serta kelenturan yang baik. Bahkan, kulit yang digunakan bisa bertahan sampai bertahun-tahun.

Namun memang, dari segi bobot cukup berat jika dibandingkan sintetis yang saat ini banyak digunakan.


3. Pastikan Ukuran Sepatu Sudah Tepat

Sepatu Bola
Sepatu Bola (Photo by Connor Coyne on Unsplash)

Setelah bahan sudah sesuai, maka selanjutnya pilih ukuran yang tepat. Jangan sampai ukuran sepatu kekecilan atau kebesaran. Selain berbahaya bagi kaki karena bisa menyebabkan cedera, ketika menendang bola jadi kurang optimal.


4. Pilih Sepatu yang Nyaman

Sepatu Bola
Sepatu Bola (Photo by Edoardo Busti on Unsplash)

Setelah mempertimbangkan dari jenis bahan dan ukuran yang digunakan, cara memilih sepatu bola selanjutnya dengan memastikan jika sepatu benar-benar nyaman digunakan. Hal ini penting diperhatikan, sebab meski bahan yang digunakan bagus dan ukuran pas, namun tingkat kenyamanan lebih menjadi prioritas. Tentu kamu tidak ingin fokus bertanding menjadi terganggu akibat sepatu yang tidak nyaman digunakan bukan?


5. Sesuaikan Sol dengan Jenis Lapangan

Sepatu Bola
Sepatu Bola (Photo by Ruben Leija on Unsplash)

Agar performa saat bertanding lebih maksimal, maka cara memilih sepatu bola ini tidak boleh dilewatkan. Sebab, sepatu bola yang kamu gunakan harus sesuai dengan kondisi lapangan yang digunakan bertanding. Kesalahan dalam memilih pul dan menggunakannya tidak pada permukaan lapangan yang tepat berisiko tinggi menyebabkan cedera.

Sebagai contoh, lapangan yang memiliki permukaan keras dan berbatu kerikil, selalu gunakan sol dengan studs ukuran pendek serta tidak runcing. Umumnya, pul jenis ini disebut juga dengan HG (Hard Ground). Selain itu, bahan yang digunakan juga biasa terbuat dari plastik atau karet dengan jumlah 10-14 pul.

Beda halnya dengan lapangan yang memiliki permukaan lunak atau SG (Soft Ground), kamu bisa menggunakan pul sepatu yang berbentuk panjang dan runcing. Sebab jenis sepatu dengan pul ini memiliki daya cengkeram yang lebih baik untuk lapangan lunak.

Sedangkan pada lapangan yang jenis rumputnya tidak terlalu sering terkena hujan, kamu bisa menggunakan jenis FG (Firm Ground).


6. Pertimbangkan Budget

Sepatu Bola
Sepatu Bola (Photo by Halacious on Unsplash)

Kemudian, cara memilih sepatu bola yang terakhir dengan membeli yang sesuai budget. Kamu tidak perlu memaksakan untuk membeli sepatu dengan merek terkenal yang harganya mungkin bisa jutaan.

Saat ini banyak produk dalam negeri yang memiliki kualitas sangat bagus, bahkan sudah digunakan di petandingan kancah nasional maupun internasional. Dari segi harga juga murah, bahkan pabrik yang memproduksi sepatu-sepatu merek dalam negeri banyak yang juga memproduksi merek sepatu luar negeri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya