Google AdSense adalah Layanan Periklanan Online, Kenali Cara Daftarnya

Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang dibuat oleh Google.

oleh Husnul Abdi diperbarui 23 Jun 2023, 19:50 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2023, 19:50 WIB
Google AdSense adalah
Google AdSense adalah (Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang dibuat oleh Google. Seluruh pengguna dapat mengikuti layanan ini dengan syarat mempunyai blog atau website. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya, diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. 

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, atau yang biasa dikenal dengan sistem pay per click (ppc)atau bayar per klik. Biasanya website yang mengikuti program AdSense ini ditandai dengan adanya iklan pada bagian sidebars atau tengah-tengah artikel. Hal ini tergantung pada pemilik website mengaturnya.

Google AdSense adalah program periklanan yang diluncurkan Google pada pertengahan tahun 2003. Program periklanan ini sampai sat ini menjadi yang paling populer di Internet. Hal ini tentunya menguntungkan bagi kamu yang memiliki situs web atau blog yang ingin memonetisasi website sebagai penghasilan tambahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020) tentang Google Adsense adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Google AdSense adalah

Ilustrasi Mesin Pencari, Google Search
Ilustrasi Mesin Pencari, Google Search. Kredit: Photo Mix via Pixabay

Google AdSense adalah salah satu program periklanan online yang dimiliki oleh Google Incorporation. Google AdSense adalah program periklanan paling populer di internet. Bahkan, Google AdSense adalah program yang sangat besar, di mana saat ini, lebih dari 10 juta situs web menggunakannya.

Program periklanan online ini menawarkan kepada semua orang yang memiliki website atau blog untuk menampilkan iklan AdSense pada website atau blog mereka, dan jika ada pengunjung yang mengklik iklan AdSense tersebut maka si pemilik website/blog akan mendapatkan penghasilan atau uang.

Jadi, Google AdSense adalah program periklanan berbasis pay-per-click yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. AdSense menampilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung website sesuai dengan keinginan pemilik website.

Cara kerja dari Google AdSense adalah dengan memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan kebutuhan kamu.


Keuntungan Menggunakan Google Adsense

Penghasilan Tambahan. Keuntungan utama menggunakan Google AdSense adalah bayaran yang kamu terima. Tambahan iklan AdSense yang terpasang di website akan membuat website lebih menghasilkan.

Iklan Menyesuaikan Konten. Keuntungan lainnya program Google AdSense adalah iklan yang muncul sesuai dengan isi konten website kamu. Jadi iklan tidak terlalu mengganggu.

Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan. Google AdSense juga menawarkan iklan yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat dengan mudah mengatur ukuran, bentuk, dan latar belakang maupun border iklan.

Menyediakan Statistik Lengkap. Google AdSense menyediakan statistik dan analisis lengkap pengunjung dan penghasilan website. Semua fitur tersebut dapat kamu temukan di dalam akun dashboard. Bahkan kamu bisa melihat jumlah klik, penghasilan setiap klik dan total penghasilan, popularitas website, dan popularitas dari halaman web berdasarkan iklan yang tampil.

Tingkat Keamanan, Keselamatan, dan Transparansi yang Tinggi untuk Pengiklan dan Penerbit. Ini adalah fitur bagus lainnya yang ditawarkan oleh Google Adsense. Google bertindak sebagai perantara antara kedua sisi dan memperhatikan seluruh proses yang transparan dan jelas untuk semua orang. Semua metrik yang diperlukan dapat dilacak dalam akun Google Analytics kamu.

Variasi Format Iklan. Pada Google Adsense, pengiklan dapat menjalankan teks, gambar, iklan HTML, iklan video, dan banyak lagi, dalam berbagai ukuran. Sebagai penayang iklan, kamu dapat bereksperimen dengan berbagai jenis iklan dan mencari tahu mana yang memberikan pendapatan terbesar bagi kamu.


Cara Membuat Akun Google Adsense

Logo Google
Google. Foto: Digital Trends

Cara Membuat akun Google Adsense tidak begitu sulit. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh pihak Google. Cara membuat akun Google AdSense adalah sebagai berikut:

1. Buka https://www.google.com/adsense/start.

2. Klik Daftar sekarang.

3. Masukkan URL situs tempat kamu ingin menampilkan iklan. Pelajari lebih lanjut cara memasukkan URL. (Jika situs kamu ada di salah satu situs partner host Google (seperti Blogger atau YouTube, dan sejenisnya), kamu dapat menyelesaikan langkah-langkah ini dengan mengklik Lanjutkan di… setelah memasukkan URL. Dengan begitu, Google dapat menyiapkan akun kamu lebih cepat, karena situs partner host menggunakan proses pembuatan akun yang berbeda.)

4. Masukkan alamat email.

5. Pilih apakah kamu ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. (Sebaiknya kamu memilih Ya agar kami dapat membantu Anda memaksimalkan AdSense. Kamu dapat mengubah setelan kontak nanti.)

6. Klik Simpan dan lanjutkan.

7. Login ke Akun Google.

8. Pilih negara atau wilayah Anda.

9. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

10. Klik Buat akun.


Cara Mendaftarkan Google AdSense di YouTube

Masuk pada Pengaturan Video Manager YouTube

Setelah mengetahui cara menjadi YouTuber, tentunya kamu juga perlu mengenali cara mendaftarkan Google Adsense agar memiliki penghasilan dari pekerjaan ini.

Jika telah memiliki akun Google dan channel YouTube, kamu bisa mendaftar Google Adsense. Langkah yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akunmu. Akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Akan muncul tampilan ‘Buat Saluran’.

Upload Video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube kamu minimal tiga hingga lima video. Video harus asli buatan sendiri dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe. Perhatikan juga pada saat mengunggah video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang kamu unggah.

Aktifkan Monetisasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, kemudian masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilih ‘Aktifkan’. Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik ‘Saya Setuju’.

Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’. Kamu hampir selesai membuat akun Adsense dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

Kaitkan AdSense YouTube

Klik ‘Monetisasi’, kemudian klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Selanjutnya kamu bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube. Kemudian pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

Pasang Unit Iklan di YouTube

Kamu akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, kamu akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Nikmati Penawaran Terbaik dari Google

Dengan membaca ulasan yang diberikan, kamu akan semakin bersemangat mencari penghasilan dari Google. Mendapatkan penghasilan dari Google bukan sesuatu hal yang mustahil. Asal kamu melakukannya dengan tekun dan konsisten, kamu akan dapat menikmati keuntungannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya