5 Manfaat Daun Mangga untuk Wajah, Tampak Bersinar dan Awet Muda

Manfaat daun mangga untuk wajah, wajib kamu coba.

oleh Laudia Tysara diperbarui 25 Jun 2023, 01:20 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2023, 01:20 WIB
Manfaat Ajaib Daun Mangga Obati Diabetes, Patut Dicoba
Doc: Pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun mangga untuk wajah penting diketahui, terutama bagi wanita. Mangga ternyata tak cuma buahnya saja yang bermanfaat. Buah mangga sangat populer di Indonesia, karena rasa dan kandungan vitaminnya sangat banyak. Seperti vitamin A, B, B1, B2, B5, B6, B9, C, E, dan K. 

Selain buah mangga, daun mangga juga banyak sekali manfaatnya. Salah satunya manfaat daun mangga untuk wajah. Karena dalam daun mangga terkandung senyawa bioaktif mangiferin, polifenol, dan triterpenoid.

Misalnya saja pada senyawa mangiferin yang terbukti secara praklinis sebagai sumber anti-oksidan dan anti-penuaan. Manfaat daun mangga untuk wajah ini bisa dirasakan hanya dengan membuat masker daun mangga saja loh. Bisa dibuat oleh siapa saja, bahkan anak kecil juga aman menggunakan masker daun mangga ini.

Maka manfaat daun mangga untuk wajah perlu sekali diketahui untuk kalian yang suka merawat wajah dengan bahan-bahan alami. Bahkan daun mangga ini juga mudah sekali ditemukan. Pembuatannya pun tidak memerlukan banyak campuran, tidak memakan banyak waktu dalam proses pembuatan, dan aman.

Nah berikut penjelasan mengenai manfaat daun mangga untuk wajah yang sudah Liputan6.com, Selasa (31/3/2020) rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Daun Mangga untuk Wajah: Menetralkan Radikal Bebas

Ilustrasi polusi udara.
Ilustrasi polusi udara. (iStockphoto)

Manfaat daun mangga untuk wajah ternyata bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas seperti polusi bagi kalian yang sering melakukan kegiatan di luar rumah. Dan sering kali berkecimpung dengan asap kendarakan bermotor. Selain itu juga sering melakukan kegiatan lapangan yang harus bertatapan dengan sinar matahari setiap hari.

Nah radikal bebas ini bisa mengoksidasi kulit dan jika tetap dibiarkan saja, justru akan berakibat fatal. Tentu akan menyebabkan kerusakan pada kulit dan penuaan akan lebih cepat terjadi.

Di sinilah peran dari anti-oksidan yang terkandung dalam daun mangga. Daun mangga ini mampu menetralkan radikal bebas sebelum adanya proses oksidasi pada kulit. Dan jika radikal bebas sudah teratasi, maka tidak perlu khawatir dengan kerusakan kulit yang akan mengganggu aktivitas keseharianmu. Kamu akan lebih percaya diri tampil di luar rumah hanya dengan meluangkan waktu minimal 10 menit, untuk menggunakan masker daun mangga ini di rumah.


Manfaat Daun Mangga untuk Wajah: Mengencangkan Kulit

Rawat Kulit dengan Collagen agar Lebih Kencang dan Bercahaya
©Ultima II

Manfaat daun mangga ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah pelindung yang memiliki tugas memelihara elastisitas kulit agar kulit tampak kenyal dan lebih muda.

Sehingga jika masker daun mangga ini digunakan secara rutin dan anti-oksidan yang ada di sana terserap ke dalam lapisan kulit, selain dapat menangkal radikal bebas juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Dengan demikian upaya ini diyakini dapat membantu mengencangkan kulit.

Jika dibandingkan dengan produk kecantikan yang diperjualbelikan di pasaran, harga murah belum tentu kualitasnya baik. Begitu juga produk kecantikan yang harganya mahal, belum tentu bisa terbeli oleh semua kalangan.

Lebih baik gunakan bahan alami untuk merawat kulitmu, hanya perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk membuat produknya sendiri. Selain itu juga waktu penggunaannya tentu lebih lama, jika dibandingan dengan produk kecantikan lain yang sekali pakai langsung kencang. Namun hasil akhirnya akan tetap sama loh.


Manfaat Daun Mangga untuk Wajah: Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Manfaat daun mangga ternyata bisa digunakan untuk mengurangi garis halus dan kerutan. Kedua tanda ini disebut sebagai proses penuaan. Jika wajah sudah mulai muncul garis halus dan kerutan, itu berarti produksi kolagen mulai menurun sehingga kulit jadi lebih mengendur.

Dan anti-oksidan dalam daun mangga ini yang akan membantu kulit menangkal sinar uv, penyebab munculnya garis halus dan kerutan pada wajah. Tidak perlu membeli produk pelembab pelindung sinar uv.

Perawatan ini selain bisa digunakan pada wajah, ternyata juga bisa digunakan pada bagian tubuh paling rawan terkena penuaan dini. Bagian tubuh ini meliputi leher dan tangan. Tetapi jika kamu mau rajin menggunakan masker daun mangga, perlindungan untuk penuaan dini sudah pasti akan kamu dapatkan.


Manfaat Daun Mangga untuk Wajah: Mengurangi Bintik Hitam

[Fimela] Bintik hitam
Ilustrasi bintik hitam pada wajah | unsplash.com

Manfaat daun mangga ternyata bisa digunakan untuk mengurangi bitnik hitam pada wajah. Hal ini juga seringkali disebabkan oleh sinar matahari yang mempercepat produksi melanin pada kulit sehingga membuat bitnik-bintik hitam semakin jelas terlihat pada wajah.

Kandungan anti-oksidan dalam daun mangga ini dipercaya dapat membantu mengurangi pigmentasi melanin pada kulit. Tidak perlu menggunakan sunscreen, tetapi daun mangga ini mampu melindungi kulitmu. Tentu saja jika rajin digunakan. Bahkan daun mangga ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit loh.


Manfaat Daun Mangga untuk Wajah: Mengurangi Jerawat

3 Cara Ciamik Mengatasi Masalah Jerawat Beruntusan
Ilustrasi wajah dengan jerawat. (via: divany.hu)

Manfaat daun mangga ternyata bisa digunakan untuk mengurangi jerawat. Karena kandungan anti-oksidan mampu masuk jauh ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sumbatan pada keratin. Keratin adalah salah satu penyebab munculnya komedo dan jerawat.

Selain itu kelebihan minyak pada wajah juga bisa teratasi dengan antioksidan ini sehingga dapat membantu mengurangi risiko kulit wajah yang berjerawat. Mungkin penggunaan masker daun mangga pada kulit wajah berjerawat akan lebih perih, tetapi tidak perlu khawatir karena itu hanya bagian dari reaksi anti-oksidan saja.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya