5 Penyebab Pecah Ban di Jalan, dari Tekanan yang Kurang Hingga Salah Perawatan

Penyebab pecah ban bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

oleh Husnul Abdi diperbarui 09 Jun 2023, 18:25 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 18:25 WIB
Penyebab Pecah Ban
Penyebab Pecah Ban (herthundbuss.com)

Liputan6.com, Jakarta Penyebab pecah ban perlu dipahami oleh setiap orang, terutama pengendara kendaraan bermotor. Pasalnya, pecah ban merupakan kejadian berbahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

Pecah ban bisa dialami oleh sepeda motor mapun mobil serta dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Dalam perjalanan, ban mobil atau motor kamu bisa saja mengalami pecah ban baik di jalan tol maupun jalan aspal.

Penyebab pecah ban bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali segala macam faktor yang bisa mengakibatkan ban pecah ini. Pasalnya, kejadian ini bisa membahayakan kamu dan penumpang di mobilmu, serta pengguna jalan lain di sekitarmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023) tentang penyebab pecah ban.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Terkena Benda Tajam

Penyebab Pecah Ban
Penyebab Pecah Ban

Penyebab pecah ban yang pertama yaitu terkena benda tajam. Pecah ban karena terkena benda tajam merupakan salah satu faktor yang sering terjadi. Saat mobil dikendarai dengan kecepatan tertentu, kemudian menabrak benda tajam, maka hal inidapat memngakibatkan karet pembungkus pelek robek. Hal inilah yang menjadi penyebab pecah ban di jalan. Benda tajam yang dimaksud di sini yaitu mulai dari paku, pecahan botol kaca yang mungkin saja tergeletak di tengah jalan, dan benda-benda tajam lainnya.


2. Tekanan Ban yang Kurang

Ilustrasi isi angin ban (gordonstyres.co.uk)
Ilustrasi isi angin ban (gordonstyres.co.uk)

Tekanan ban yang kurang juga bisa menjadi penyebab pecah ban mobil. Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik kendaraan harus menyesuaikan tekanan ban mobil sesuai dengan yang direkomendasikan dari pabrik kendaraan. 

Tekanan ban yang kurang ditambah dengan mobil digunakan untuk membawa beban berat menjadi pemicu ban pecah pada kendaraan. Maka dari itu, memperhatikan tekanan ban sangat penting bagi setiap pengendara. Tekanan ban juga berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar pada mobil.


3. Tidak Merawat Ban dengan Baik

Ilustrasi mengecek kondisi ban mobil (bridgestoneamericas)
Ilustrasi mengecek kondisi ban mobil (bridgestoneamericas)

Perawatan ban yang kurang baik juga menjadi salah satu faktor penyebab pecah ban. Jadi, kamu perlu mengenali cara merawat ban yang tepat sesuai dengan kendaraan yang kamu miliki. Ban merupakan salah satu bagian terpenting pada kendaraan.

Perawatannya bisa dilakukan dengan secara rutin memeriksa permukaan ban,. Selain itu, kamu juga bisa membersihkannya jika ada benda kecil yang menempel pada ban mobil yang mungkin saja menjadi penyebab pecah ban.


4. Perlakuan Keras saat Berkendara

Ilustrasi ban mobil bocor (dealerinspire.com)
Ilustrasi ban mobil bocor (dealerinspire.com)

Penyebab pecah ban berikutnya adalah karena perlakuan keras saat berkendara. Hal ini bisa juga disebut dengan ugal-ugalan. Perlakuan keras yang kamu lakukan saat berkendara bisa menjadi salah satu penyebab pecah ban yang jarang disadar. 

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kelakuan pengendara mobil yang ugal-ugalan dan tidak bijak membawa mobil. Contoh perlakukan keras saat berkendara yaitu ketika mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi, kamu malah melakukan pengereman secara mendadak. Hal seperti ini sangat sering terjadi dan kerap kali dianggap sepele oleh pengendara. Padahal, ini dapat menjadi penyebab ban lebih cepat aus dan tipis.


5. Pemilhan Ban dan Pelek yang Salah

ban serep atau ban cadangan
Ilustrasi ban serep atau ban cadangan. (Mill Autoquip)

Pemilihan ban dan pelek yang salah juga bisa menjadi penyebab pecah ban yang penting diperhatikan.Saat seseorang melakukan modifikasi pada mobil, pelek atau bahkan ban pada mobil juga menjadi salah satu yang banyak diubah untuk mempercantik tampilan.

Namun kesalahan dalam memilih pelek dan ban, sehingga menggunakan ban dan pelek yang kurang tepat dapat juga menjadi penyebab ban mudah pecah. Kamu tentunya tidak dilarang memodifikasi ban dan pelek mobil yang kamu punya. Namun, kamu harus memastikan untuk memilih ukuran yang tepat dan benar untuk mobil. Hal ini juga supaya dapat menunjang kenyamanan saat berkendara di masa saja dan kapan saja.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya