Mengapa Kita Harus Berbakti kepada Orang Tua? Pahami Penjelasannya dalam Islam

Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua bisa kamu pahami penjelasannya dari Al-Qur’an.

oleh Husnul Abdi diperbarui 20 Mar 2024, 15:27 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2023, 09:45 WIB
Mengapa Kita Harus Berbakti kepada Orang Tua?
Mengapa Kita Harus Berbakti kepada Orang Tua? (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua perlu dipahami setiap umat Islam. Pasalnya, berbakti kepada orang tua merupakan salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah SWT. Bahkan, setiap anak diwajibkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Berbakti kepada orang tua merupakan akhlak yang harus diutamakan bagi setiap manusia. Apalagi, ridho orang tua sangatlah penting untuk keberhasilan anaknya. Seorang anak tentunya tidak boleh menyakiti hati orang tua dan senantiasa mematuhi perintahnya.

Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua bisa kamu pahami penjelasannya dari Al-Qur’an. Berbakti kepada orang tua ini disebut juga dengan birrul walidain. Birrul Walidain adalah ajaran Islam yang menunjukkan betapa mulia sosok orang tua di hadapan Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2023) tentang mengapa kita harus berbakti kepada orang tua.


Mengapa Kita Harus Berbakti kepada Orang Tua?

Anak
Ilustrasi Keluarga Muslim Credit: freepik.com

Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua terkait dengan birrul walidain ini. Birrul walidain artinya yaitu berbakti kepada orang tua. Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua merupakan perintah Allah SWT, yang terdapat dalam Al-Qur’an, yaitu pada surat Al-Luqman ayat 14 dan 15, yang artinya:

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepadaKulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Luqman: 14-15).

Dari ayat tersebut, dapat disimpulkan mengapa kita harus berbakti kepada orang tua yaitu karena mereka telah mengorbankan diri dan membesarkanmu dengan baik sehingga kamu bisa seperti sekarang ini.

Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua juga karena karena ridho orang tua sangat penting untuk keberhasilan anaknya. Jadi, kamu tidak boleh menyakiti hati orang tua dan senantiasa mematuhi perintahnya. Hal tersebut terdapat dalam firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Israa ayat 23, yang artinya:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."


Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

Niat Zakat Untuk Keluarga
Ilustrasi keluarga muslim. Credit: freepik.com

Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua tentu salah satunya karena keutamaannya yang sangat besar. Mengapa kita harus berbakti kepada orang tua membuat seorang muslim mendapatkan berbagai keistimewaan. Melansir KapanLagi, berikut alasan mengapa kita harus berbakti kepada orang tua dalam Islam:

  1. Jalan terkabulnya doa kepada Allah SWT
  2. Lebih utama dari jihad (berjuang di jalan Allah)
  3. Karakteristik dasar para Nabi
  4. Menjadi kunci untuk masuk surga
  5. Kebaikan yang menghapus dosa-dosa besar
  6. melahirkan berkah rizki dan memanjangkan umur
  7. Orang yang berbakti kepada kedua orang tua doa-doanya dikabulkan (diterima) Allah SWT
  8. Orang yang berbakti kepada kedua orang tua dalam naungan kasih sayang Allah SWT
  9. Ridha Allah terletak pada ridha kedua orang tua, dan kemarahan Allah terletak pada kemarahan orang tua.
  10. Barang siapa yang berbakti kepada orang tuanya, kelak anak-anaknya akan berbakti kepadanya.

Doa untuk Orang Tua

Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Sekarang kamu sudah tahu mengapa kita harus berbakti kepada orang tua. Oleh karena itu, kamu perlu mendoakan mereka. Berikut doa untuk orang tua yang bisa dilafalkan secara rutin:

Doa untuk orang tua yang masih hidup

"Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa"

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil"

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi aa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya