INFJ Adalah Kepribadian Introvert yang Idealis, Kenali Karakteristiknya

INFJ adalah hasil yang menunjukkan bahwa Anda memiliki tipe kepribadian yang digambarkan sebagai Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 09 Nov 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2023, 18:30 WIB
INFJ Adalah Kepribadian Introvert yang Idealis, Kenali dari Karakteristiknya
Ilustrasi Idealis Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta INFJ adalah akronim dari introvert, intuitive, feeling, and judging. Istilah INFJ ini sering digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI. Istilah INFJ ini belum familiar di telinga masyarakat, sehingga banyak yang belum mengetahui apa itu INFJ.

INFJ adalah hasil yang menunjukkan bahwa Anda memiliki tipe kepribadian yang digambarkan sebagai Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging. Orang yang memiliki tipe kepribadian ini biasanya disebut sebagai seseorang yang idealis.

INFJ sendiri disebut sebagai tipe kepribadian yang sangat langka di dunia. Bahkan dari data yang dihimpun, diperkirakan hanya sekitar 2% populasi dunia yang memiliki kepribadian ini. Hal ini karena kepribadian INFJ memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan tipe kepribadian lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian INFJ dan karakteristiknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/11/2023).


INFJ Adalah

INFJ Adalah Kepribadian Introvert yang Idealis, Kenali dari Karakteristiknya
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/anthony tran

Seperti yang telah dijelaskan di paragraf sebelunya, INFJ adalah kependekan dari introvert, intuitive, feeling, and judging. Kombinasi ini tegolong unik dan sulit ditemukan di dalam masyarakat. Istilah INFJ ini sering digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI.

MBTI merupakan kepanjangan dari Myers-Briggs Type Indicator adalah psikotes yang bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya. MBTI merupakan psikotes yang didasari oleh teori Carl Jung dalam bukunya yang berjudul Psychological Types yang ditulis pada 1921.

Tipe kepribadian INFJ ini termasuk dala kategori seseorang yang memiliki keahlian dalam menginterpretasi emosi dan memotivasi orang lain, serta akan bekerja keras untuk membantu orang di sekitar mereka. INFJ cenderung sebagai tipe kepribadian yang idealistis dan mencari makna hubungan dengan orang lain. Mereka juga lebih sering terlihat diam dan lembut. 

Dari karaktertistik yang dimilikinya, INFJ dikenal sebagai kepribadian yang sensitif dan pendiam atau introvert. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu mendengarkan apa yang dipikirkan orang lain, dibandingkan mengungkapkan pikirannya sendiri ciri-ciri ini jarang dimiliki oleh pria.


Karakteristik Utama INFJ

INFJ Adalah Kepribadian Introvert yang Idealis, Kenali dari Karakteristiknya
Ilustrasi perempuan sayang anak kecil/copyright shutterstock.com/DG FotoStock

Jika Anda seorang INFJ, kemungkinan besar Anda memiliki karakteristik tertentu. Berikut ini ciri-ciri utama dari INFJ tersebut antara lain:

1. Penyayang

Dengan intuisi dan pemahaman emosional yang kuat, INFJ bisa bersuara lembut dan berempati. Namun, hal ini tidak berarti bahwa mereka adalah orang-orang yang mudah menyerah. INFJ mempunyai keyakinan yang kuat dan kemampuan untuk bertindak tegas untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

2. Penolong

Meskipun pada dasarnya mereka introvert, orang dengan tipe kepribadian INFJ dapat membentuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan orang lain. Mereka senang membantu orang lain, tetapi mereka juga membutuhkan waktu dan ruang untuk memulihkan tenaga.

3. Idealis

Yang membedakan INFJ adalah kemampuan mereka menerjemahkan idealisme mereka ke dalam tindakan. Mereka tidak hanya bermimpi untuk mengubah dunia, namun juga akan mewujudkannya.

4. Terorganisir

Orang dengan tipe kepribadian INFJ suka melakukan kontrol dengan merencanakan, mengatur, dan mengambil keputusan sedini mungkin. Hal ini bertujuan agar semua hal dalam hidupnya bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan harapannya.

5. Cenderung tertutup

Individu INFJ biasanya cenderung tertutup dan tidak suka membicarakan perasaannya sendiri. Saat dihadapkan pada suatu masalah, pribadi INFJ biasanya akan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, karena ia tidak ingin membebani orang lain. 

 


Kelebihan dan Kerugian INFJ

INFJ Adalah Kepribadian Introvert yang Idealis, Kenali dari Karakteristiknya
Ilustrasi orang kreatif. Sumber foto: unsplash.com/Bench Accounting.

Adapun beberapa kelebihan dan kelemahan dari individu INFJ, antara lain.

1. Kelebihan

Jika orang terdekat Anda adalah INFJ, Anda mungkin akan diuntungkan ddengan beberapa kelebihannya berikut:

  1. Kelebihan dari INFJ adalah peka terhadap kebutuhan orang lain.
  2. Kelebihan dari INFJ adalah menyimpan rahasia dengan aman.
  3. Kelebihan dari INFJ adalah sangat kreatif dan artistik.
  4. Kelebihan dari INFJ adalah berfokus pada masa depan.
  5. Kelebihan dari INFJ adalah menghargai hubungan yang dekat dan mendalam dengan siapapun.
  6. Kelebihan dari INFJ adalah senang memikirkan tentang arti hidup.
  7. Kelebihan dari INFJ adalah idealistis.
  8. Kelebihan dari INFJ adalah individunya setia.
  9. Kelebihan dari INFJ adalah pendengar yang baik

2. Kekurangan

Namun apabila anda telah mengenal individu yang INFJ, Anda mungkin merasa kesulitan karena beberapa kekurangannya berikut:

  1. Kekurangan dari INFJ adalah bisa jadi terlalu sensitif.
  2. Kekurangan dari INFJ adalah terkadang sulit untuk mengenal pribadinya.
  3. Kekurangan dari INFJ adalah dapat memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi.
  4. Kekurangan dari INFJ adalah keras kepala.
  5. Kekurangan dari INFJ adalah tidak menyukai konfrontasi.
  6. Kekurangan dari INFJ adalah cenderung tertutup.
  7. Kekurangan dari INFJ adalah kaku.

Fungsi Kognitif INFJ

INFJ Adalah Kepribadian Introvert yang Idealis, Kenali dari Karakteristiknya
Ilustrasi menghibur, curhat, persahabatan. (Photo by Dim Hou on Unsplash)

MBTI didirikan pada tahun 1940-an oleh Isabel Myers dan ibunya Katherine Briggs. Hal ini didasarkan pada teori psikoanalis Swiss Carl Jung. Jung mengidentifikasi empat fungsi psikologis utama yakni berpikir, merasakan, sensasi, dan intuisi. Masing-masing fungsi ini cenderung terfokus ke luar (ekstravert) atau fokus ke dalam (introvert).

Pikirkan berbagai fungsi kognitif sebagai bahan yang membentuk tipe kepribadian. Cara spesifik untuk setiap jenis dikontrol oleh bagaimana bahan-bahan tersebut digabungkan dan berinteraksi. MBTI mengandalkan dua faktor kunci yang digabungkan dengan cara berbeda, sehingga menghasilkan 16 tipe berbeda. Yang pertama adalah fungsi-fungsi itu sendiri, dan yang kedua adalah urutan hierarki dari fungsi-fungsi tersebut. Fungsi kognitif INFJ adalah dapat  membantu memandu fungsi dominan dalam memahami dunia dan apa yang kita gunakan saat menghibur orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya