Bacaan At Tahiyat Akhir Lengkap, Arab, Latin dan Artinya

Bacaan at tahiyat akhir lengkap dalam Arab, latin dan artinya

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 06 Jun 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi Sholat Tarawih (Istimewa)
Ilustrasi Sholat Tarawih (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Di dalam praktik shalat umat Muslim, ada satu aspek yang sering kali menjadi fokus utama: bacaan at tahiyat akhir. Hal ini bukanlah hal yang sepele atau diabaikan, melainkan merupakan bagian inti dari ibadah shalat kita. Bacaan ini memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan kita dengan Allah SWT secara langsung dalam setiap rakaat yang kita lakukan.

Dalam pelaksanaan shalat fardhu lima waktu, momen ketika kita membaca bacaan at tahiyat akhir adalah saat yang penuh makna. Ini bukan hanya sebagai tugas rutin, melainkan sebagai ungkapan ketulusan dan pengabdian kita kepada Sang Pencipta. Setiap kata yang kita ucapkan dalam bacaan ini memiliki bobot spiritual yang mendalam, mencerminkan kepatuhan dan cinta kita kepada Allah SWT.

Bacaan at tahiyat akhir bukanlah sekadar serangkaian kata-kata yang diucapkan dengan lisan, melainkan sebuah ungkapan batin yang menggambarkan rasa syukur, harap, dan taqwa kita kepada Allah. Dengan memahami pentingnya bacaan ini secara lengkap, kita dapat merasakan kedekatan yang lebih dalam dalam setiap rakaat shalat yang kita lakukan.

Untuk panduan lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber bacaan at tahiyat akhir lengkap dalam Arab, latin dan artinya, pada Kamis (6/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bacaan Doa Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam

Ilustrasi sholat tasbih
Ilustrasi sholat tasbih (dok.Freepik)

Dalam setiap ibadah shalat, bacaan at tahiyat akhir memiliki kedalaman spiritual yang sangat penting bagi umat Muslim. Bacaan ini mengandung segala penghormatan, keberkahan, salawat, dan kebaikan yang hanya layak bagi Allah SWT. Mari kita lihat bacaan at tahiyat akhir beserta terjemahannya:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Attahiyyatul mubarakatush sholawatuth-thoyyibatu lillaah. Assalamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalaaamu'alaina wa 'ala 'ibadillahish-sholihiin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosulullah.

Allahumma sholli 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad kama shollaita 'ala ibrahim wa 'ala aali ibrahim. Allahumma barik 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad kama barokta 'ala ibrahim wa 'ala aali ibrahimm fil 'alamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Demi alam semesta, sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia.


Doa Setelah Tahiyat Akhir sebelum Salam Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Setelah menyelesaikan bacaan doa tahiyat akhir, terdapat amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum mengucapkan salam. Yuk, simak doa berikut ini:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari azab Jahannam, dari azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Doa ini adalah bentuk perlindungan dari berbagai fitnah yang bisa menghadang selama kehidupan, termasuk dari Dajjal, yang merupakan sosok fitnah besar di akhir zaman. Setelah membaca doa ini, salamlah dengan mengucapkan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalaamu alaikum wa rahmatullah.

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu."

Dengan melakukan amalan ini, kita berharap mendapatkan perlindungan dari segala fitnah yang mungkin mengganggu di dunia dan di akhirat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya