Rabbana Aatina Fiddunya Hasanah Wa Fil-Akhirati Hasanah Wa Qinaa Adzabannaar Artinya, Baca Agar Selamat Dunia Akhirat

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah wa qinaa adzabannaar artinya memohon perlindungan dari segala marabahaya, siksa, dan bencana yang mengintai.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 24 Jul 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi doa
Ilustrasi doa. (Photo by Rendy Novantino on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Doa adalah salah satu cara umat Islam berkomunikasi dengan Allah SWT untuk memohon pertolongan, perlindungan, dan keselamatan dalam berbagai aspek kehidupan. Doa memohon keselamatan menjadi bentuk permohonan perlindungan dari Allah SWT dalam setiap langkah yang kita ambil di dunia ini, serta untuk keselamatan kita di akhirat kelak. Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah wa qinaa adzabannaar artinya memohon perlindungan dari segala marabahaya, siksa, dan bencana yang mengintai.

Membaca doa rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah wa qinaa adzabannaar artinya setelah salat atau saat tahlil dilaksanakan, merupakan kebiasaan yang baik. Ini adalah ungkapan doa untuk keselamatan kita dalam setiap langkah hidup. Doa ini melambangkan kerendahan hati dan kepasrahan, mengingatkan kita akan ketergantungan kita kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan.

Namun, doa rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah wa qinaa adzabannaar artinya tidak hanya dibaca pada momen-momen tertentu saja. Umat Islam juga dianjurkan untuk membacanya dalam berbagai situasi, seperti saat mencari rezeki, berhadapan dengan bencana, serta saat meraih ilmu.

Dengan membaca doa selamat, kita memohon agar Allah senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk-Nya. Berikut beberapa doa selamat yang dapat dibaca untuk memohon perlindungan Allah, baik di dunia maupun di akhirat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Selamat Kebaikan Dunia dan Akhirat

ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman
ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah wa qinaa adzabannaar artinya adalah yang dikenal sebagai doa sapu jagad karena kandungannya yang mencakup permohonan kebaikan di dunia maupun di akhirat. Doa ini merupakan permohonan menyeluruh yang meminta kebaikan dalam segala aspek kehidupan di dunia serta keselamatan dan kebaikan di akhirat. Doa ini mencerminkan harapan seorang hamba untuk mendapatkan rahmat dan perlindungan Allah dalam segala situasi, baik di dunia yang fana maupun di akhirat yang kekal, berikut bacaannya.

رَبَّنَاا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka.

2. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Selain doa sapu jagat ada doa keselamatan lain yang bisa diamalkan. Doa ini mencakup berbagai aspek kehidupan seorang muslim, mulai dari keselamatan agama, kesehatan jasmani, penambahan ilmu, keberkahan rezeki, hingga permohonan ampunan dan rahmat menjelang kematian serta setelahnya.

Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah untuk diberikan kemudahan dan keselamatan di dunia serta di akhirat, serta dijauhkan dari segala bentuk siksa dan kesulitan, khususnya saat menghadapi sakaratul maut dan hari hisab. Berikut bacaannya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba'dal maut. Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indah hisab.

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).


3. Doa Selamat dan Nikmat Dunia Akhirat

Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir
Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir. (Image by Aamir Mohd Khan from Pixabay)

Ada pula doa memohon keselamatan dunia akhirat lain yang bertujuan untuk memohon keselamatan serta kenikmatan di dunia maupun akhirat. Membaca doa ini setelah sholat adalah cara yang baik untuk mengingatkan kita akan pentingnya memohon perlindungan dan rahmat dari Allah dalam setiap aspek kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat.

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ، رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ، رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa 'afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti, allahummaa hawwin 'alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar.

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

4. Doa Selamat dan Tolak Bala

Doa selanjutnya adalah doa memohon keselamatan dan tolak bala yang berisi permohonan kepada Allah SWT agar selamat dari segala bencana, siksaan, atau ujian kehidupan. 

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal 'afiyah, wa abwabal jannah. Allahumma 'afina min kulli bala'id dunya wa 'adzabil akhirah, washrif 'anna bi haqqil qur'anil 'azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa 'adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ;izzati 'an ma yashifun, wa salamun a'alal mursalin, walhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya: Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat.

Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hal Alquran yang agung dan derajat Nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Dzat yang maha pengasih. Maha suci Tuhan, Tuhan keagungan dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada Rasul. Segala puji bagi Allah, semesta alam.

 


5. Doa Selamat dan Keteguhan Iman

Muslimah tengah memanjatkan doa
Seorang hijaber tengah menengadahkan tangan di pelataran masjid ((Kdonmuang/Shutterstock)

Doa selamat ini bertujuan untuk memohon keselamatan, kerendahan hati, serta keteguhan iman agar tidak terjerumus pada hal-hal yang sesat. Doa ini diambil dari Al-Qur'an dan sering dibaca oleh umat Islam untuk mendapatkan perlindungan dan kekuatan iman. 

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِينَ

Rabbanaghfir alaina shabran wa tsabbit aqdaamana wanshurna ala-qaumil-kaafirin.

Artinya:Ya Tuhan kami, tumpahkanlah sekiranya ketabahan kepada kami, tetapkanlah sekiranya kesabaran kami dan menangkanlah kami atas orang-orang yang kafir.

6. Doa Selamat dari Dengki

Doa ini merupakan permohonan agar terhindar dari sifat iri dan dengki, yang dapat merusak hubungan antarmanusia dan mengundang energi negatif dalam kehidupan seseorang. Doa ini diambil dari Surah Al-Hasyr ayat 10. 

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Rabbanaagfir lanaa wa li ikhwaaninalladzina sabaquunaa bil iimaani wa laa taj'al fii quluubinaa gilaa lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufur rahiim.

Artinya:Ya Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.


7. Doa Selamat untuk Orang Tua

Ilustrasi doa, sholawat (sumber: Freepik)
Ilustrasi doa, sholawat (sumber: Freepik)

Doa selamat untuk orang tua merupakan ungkapan kasih sayang dan bakti seorang anak kepada orang tuanya. Dalam doa ini, kita memohon ampunan Allah SWT untuk diri kita sendiri serta kedua orang tua, dan memohon rahmat bagi mereka yang telah mendidik kita sejak kecil. 

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfir lii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shagiiran.

Artinya:Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan kedua orang tuaku, serta kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil.

8. Doa Selamat dari Bencana

Doa selamat dari bencana adalah permohonan agar Allah SWT melindungi kita dari berbagai macam bencana, takdir buruk, serta kegembiraan musuh atas penderitaan kita. Doa ini diambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim. 

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوْءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahumma innii a-'uudzubika min jahdil balaa-i, wa darakisy syaqaa-i, wa suu-il qadhaa-i, wa syamaatatil a'daa-i.

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha' (takdir), dan kegembiraan para musuh.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya