6 Tips Mengaplikasikan Lipstik untuk Bibir Kering, Anti Crack dan Tetap Tampil Memukau

Dengan mengerti tips mengaplikasikan lipstik, kamu bisa mendapatkan tampilan riasan yang segar dan memukau berkat warna bibir yang menarik perhatian.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 27 Agu 2024, 15:49 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 15:49 WIB
Ilustrasi Bibir Kering
Ilustrasi Bibir Kering

Liputan6.com, Jakarta Tips menggunakan lipstik untuk bibir kering tentu menjadi salah satu hal yang sangat menarik bagi mereka yang mengalami masalah ini. Tidak bisa dipungkiri, bibir yang tampak kering dan mengelupas sering kali membuat penampilan kurang maksimal.

Ketika menggunakan lipstik yang seharusnya bisa mempercantik penampilan, justru terlihat pecah-pecah, retak, dan tidak mulus. Wah, bisa bikin bad mood, ya? Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tips menggunakan lipstik untuk bibir kering yang wajib diterapkan agar penampilan tetap terjaga.

Dengan mengerti tips mengaplikasikan lipstik, kamu bisa mendapatkan tampilan riasan yang segar dan memukau berkat warna bibir yang menarik perhatian. Yuk, simak panduan mengaplikasikan lipstik untuk bibir kering, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Penyebab bibir kering

Ilustrasi bibir kering
Ilustrasi bibir kering. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Bibir kering ternyata bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu kondisi kulit maupun kebiasaan sehari-hari. Untuk mendapatkan tampilan lipstik yang sempurna, penting untuk mengenali beberapa penyebab berikut ini:

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama bibir kering adalah dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, kulit termasuk bibir akan menjadi kering. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit. Tubuh memerlukan setidaknya 8 gelas air sehari agar tetap terhidrasi dengan baik.

2. Paparan sinar matahari

Radiasi sinar ultraviolet dari matahari adalah ‘musuh’ utama kesehatan kulit yang harus diwaspadai. Paparan berlebihan setiap hari dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Hal ini perlu mendapat perhatian ekstra karena bibir adalah area kulit yang tidak memiliki kelenjar minyak sehingga lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Untuk mengatasinya, penggunaan lip balm yang mengandung SPF bisa membantu melindungi bibir dari sinar UV.

3. Kebiasaan menjilat bibir

Siapa yang masih sering menjilat bibir saat kondisinya kering? Tahukah kamu bahwa kebiasaan ini sebenarnya bisa membuat bibir semakin kering? FYI, air liur mengandung enzim yang bisa membuat kulit bibir iritasi dan menyebabkan kelembapannya menguap lebih cepat.

4. Penggunaan produk bibir yang salah

Pernahkah kamu merasa bibir semakin kering saat menggunakan lipstik tertentu? Ternyata, salah memilih produk bibir bisa memberikan efek kering yang mengganggu penampilan. Penggunaan bahan kimia keras atau pewarna sintetis bahkan bisa menyebabkan iritasi. Jadi, pastikan untuk memilih produk lip balm atau lipstik yang lebih aman dan memiliki kandungan yang melembapkan.

5. Kondisi kesehatan tertentu

Beberapa kondisi kesehatan seperti alergi, eksim, atau penyakit autoimun juga bisa menyebabkan bibir kering. Jika kamu mengalami keluhan medis yang disertai dengan gejala bibir kering, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


2. Tampilan lipstik pada bibir kering

Lip Mask
Pexels/Mike Murray memiliki hak cipta atas "Cara Merawat Bibir Kering dan Hitam".

Bayangkan jika bibir kering Anda dipulas lipstik dengan teknik yang kurang tepat. Hasilnya? Lipstik bisa tampak tidak rata dan pecah-pecah, jelas mengganggu penampilan Anda. Bibir kering umumnya memiliki tekstur yang kasar, sehingga lipstik sulit menempel dengan sempurna. Akibatnya, warna lipstik bisa terlihat pudar atau tidak merata.

Menurut Healthline, bibir kering juga dapat memperjelas garis-garis halus, membuat tampilan lipstik jadi kurang maksimal. Oleh karena itu, merawat bibir dengan baik sebelum mengaplikasikan lipstik sangatlah penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Memahami tips menggunakan lipstik untuk bibir kering dapat membuat penampilan Anda semakin standout.


3. Tips mengaplikasikan lipstik untuk bibir kering

Atas bibir kering saat puasa dengan lip gloss/dok. SECONDATE Beauty
Atas bibir kering saat puasa dengan lip gloss/dok. SECONDATE Beauty

Pada intinya, lipstik adalah salah satu produk kosmetik yang bisa langsung membuat penampilan Anda terlihat menonjol dengan warna-warninya yang memikat. Namun, jika bibir Anda kering, pecah-pecah, dan mengelupas, hasilnya tentu tidak akan maksimal. Untuk menciptakan tampilan riasan yang lebih sempurna, berikut beberapa tips menggunakan lipstik untuk bibir kering yang bisa Anda coba:

1. Pilih lipstik dengan formula yang ramah untuk bibir kering

Langkah pertama adalah memilih lipstik yang tepat. Pastikan lipstik yang Anda gunakan memiliki formula yang melembapkan. Lipstik yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, minyak jojoba, atau vitamin E sangat baik untuk bibir kering karena dapat memberikan kelembapan ekstra. Hindari lipstik matte yang cenderung membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.

Lipstik berbahan dasar alami seringkali lebih aman dan nyaman digunakan untuk bibir kering. Misalnya, lipstik dengan kandungan beeswax atau minyak alami tidak hanya memberikan warna yang cantik, tetapi juga menjaga kelembapan bibir. Beberapa merek juga menawarkan lipstik dengan formula khusus untuk bibir kering, sehingga penting untuk mempelajari formula produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

2. Gunakan lip balm di tahap awal makeup, hindari memakainya sesaat sebelum mengaplikasikan lipstik

Lip balm adalah sahabat terbaik bagi bibir kering. Menggunakannya di tahap awal makeup akan membantu mempersiapkan bibir sehingga siap menerima lipstik. Aplikasikan produk pelembap bibir tersebut beberapa menit sebelum menggunakan lipstik agar bibir bisa menyerap kelembapan dengan maksimal.

Namun, hindari mengaplikasikan lip balm sesaat sebelum memakai lipstik karena ini bisa membuat bibir terasa lengket dan membuat lip product yang dipakai tidak menempel dengan baik. Sebaiknya, beri jeda waktu beberapa menit setelah menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik. Hal ini akan membantu lip balm meresap lebih baik dan membuat lipstik tahan lama.

3. Rutin melakukan eksfoliasi bibir untuk mengangkat sel kulit mati

Dilema bibir yang tampak kering, pecah-pecah, dan mengelupas ketika memakai lipstik memang mengganggu. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati di permukaan bibir yang membuat teksturnya tampak retak dan tidak mulus. Jika mengalami kondisi ini, eksfoliasi bibir secara teratur adalah langkah penting untuk menjaga bibir tetap halus dan bebas dari sel kulit mati.

Anda bisa menggunakan scrub bibir khusus yang tersedia di pasaran atau membuatnya sendiri di rumah dengan campuran gula dan madu. Namun, jika memilih produk eksfoliasi, sebaiknya perhatikan yang memiliki butiran scrub lembut yang tidak abrasif. Gosokkan perlahan campuran ini di bibir dengan gerakan melingkar, kemudian bilas dengan air hangat.

Eksfoliasi bibir membantu memperbaiki tekstur bibir dan membuat lipstik tampak lebih rata saat diaplikasikan. Lakukan eksfoliasi ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang optimal. Hindari melakukannya terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi.


4. Tips mengaplikasikan lipstik untuk bibir kering

Pakai Lip Balm
Cara Merawat Bibir Kering dan Hitam/copyright pexels/Burst

4. Gunakan lip mask untuk menjaga kelembapan bibir

Sama seperti kulit wajah, bibir juga memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kelembapannya. Bagi kamu yang memiliki bibir kering, sangat disarankan untuk menggunakan lip mask sebagai perawatan tambahan. Aplikasikan lip mask pada malam hari sebelum tidur agar bibir tetap lembap sepanjang malam. Kamu akan merasakan bibir yang lebih lembut dan lembap di pagi hari, membuatmu lebih siap untuk menggunakan lipstik.

Lip mask biasanya mengandung bahan-bahan yang sangat melembapkan seperti hyaluronic acid, kolagen, atau ekstrak alami lainnya yang membantu memperbaiki kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. Kamu dapat menemukan lip mask dalam bentuk lembaran atau krim yang bisa langsung dioleskan ke bibir.

5. Gunakan lip primer untuk mempersiapkanbibir

Primer tidak hanya untuk kulit wajah saja, ada juga lip primer yang dirancang khusus untuk bibir. Lip primer membantu mempersiapkan kulit bibir sebelum menggunakan produk lipstik lainnya. Hasilnya, bibir akan terlihat lebih halus dan warna lipstik akan lebih keluar. Selain itu, lip primer juga membantu lipstik bertahan lebih lama dan mengurangi risiko lipstik menggumpal di garis-garis bibir.

Pilihlah lip primer dengan formula yang mengandung bahan pelembap untuk hasil yang optimal. Gunakan lip primer setelah lip balm dan sebelum lipstik sebagai tips untuk mengaplikasikan lipstik pada bibir kering dengan lebih maksimal.

6. Hindari menggunakan lipstik terlalu banyak karena rentan menggumpal dan pecah

Mengaplikasikan terlalu banyak lapisan lipstik bisa membuat bibir terlihat menggumpal dan pecah, terutama jika bibirmu kering. Sebaiknya, gunakan lipstik dalam lapisan tipis dan merata. Jika ingin warna yang lebih intens, aplikasikan lipstik dalam dua lapisan tipis daripada satu lapisan tebal.

Selain itu, teknik blotting dapat membantu. Setelah mengaplikasikan lapisan pertama lipstik, tempelkan tisu di bibir untuk menghilangkan kelebihan produk. Kemudian, aplikasikan lapisan kedua. Teknik ini membantu lipstik menempel lebih baik dan terlihat lebih natural di bibir.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya