Jerhemy Owen Ajak Orang Peduli Lingkungan, Lakukan Pendakian di Gunung Sampah Bantar Gebang

Jerhemy Owen mencoba mengubah cara orang merayakan hari kemerdekaan RI dengan mendaki gunung sampah Bantar Gebang, Bekasi, sebagai bentuk kesadaran terhadap isu sampah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 14 Agu 2024, 15:53 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 15:53 WIB
Jerhemy Owen daki TPA Bantar Gebang (Istimewa)
Istimewa, Jerhemy Owen mendaki TPA Bantar Gebang.

Liputan6.com, Jakarta Jerhemy Owen mencoba mengubah cara orang merayakan hari kemerdekaan RI dengan mendaki gunung sampah Bantar Gebang, Bekasi, sebagai bentuk kesadaran terhadap isu sampah. 

Banyak orang merayakan hari kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di puncak sebuah gunung. Ada filosofi yang dianut tentu saja. Namun, kreator konten Jerhemy Owen melakukannya lain.Ia yang selama ini dikenal memiliki kepedulian terhadap lingkungan, memang mendaki gunung. Tetapi bukan gunung sebenarnya, melainkan gunung sampah yang ada di Bantar Gebang, Bekasi.

"Kalau biasanya pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia orang-orang mendaki gunung. Kali ini, aku ingin perayaan HUT RI menjadi lebih bermakna dengan mendaki gunung sampah BantarGebang," kata Jerhemy Owen dalam keterangannya kepada awak media, baru-baru ini, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjadikan Sampah Sebagai Tanggung Jawab Bersama

Jerhemy Owen daki TPA Bantar Gebang (Istimewa)
TPA Bantar Gebang didaki oleh Jerhemy Owen (Istimewa).

Jerhemy Owen melakukan aksi pendakian gunung sampah Bantar Gebang tersebut pada 10 Agustus 2024, dalam rangka menyambut perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-79. Pendakian ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dan isu lingkungan yang masih menjadi permasalahan di Indonesia.

Selain itu, sebagai mahasiswa tingkat akhir jurusan ilmu lingkungan dan energi terbarukan di Belanda, Owen juga ingin agar aktivitas ini menjadi pengingat pribadi untuk terus berusaha meminimalisir permasalahan sampah di Indonesia. Owen menambahkan bahwa pentingnya adalah bagaimana cara semua warga mengelola dan meminimalisir sampah.


Melakukan Aksi Permainan

Jerhemy Owen daki TPA Bantar Gebang (Istimewa)
Istimewa, Jerhemy Owen mendaki TPA Bantar Gebang.

Setelah sesi pemotretan, Jerhemy Owen tidak berhenti di Bantar Gebang. Dia melanjutkan dengan memberikan materi interaktif mengenai pentingnya belajar tentang ilmu lingkungan dan prospek kerja di bidang tersebut kepada anak-anak di daerah tersebut.

Selain itu, Owen juga bermain permainan khas 17-an dan bernyanyi bersama peserta dan relawan dari komunitas Teman Baru yang membantu acara tersebut. Selama acara, para pemenang mendapatkan tumblr, dompet, dan tas sebagai hadiah. Acara berlangsung selama dua jam dan diakhiri dengan karaoke bersama.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya