9 Tips Mengencangkan Kulit Wajah Kendur di Usia 40-an, Kembalikan Awet Mudamu

Ada beberapa cara efektif dan mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 06 Sep 2024, 13:47 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 13:47 WIB
Menjaga Kesehatan Sel Kulit
Ilustrasi Wajah Sehat Terawat Credit: pexels.com/Tristan

Liputan6.com, Jakarta Memasuki usia 40-an sering kali membawa kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Tidak hanya kekuatan fisik yang mulai menurun, tetapi penampilan juga bisa mengalami perubahan. Salah satu masalah yang kerap muncul adalah kulit wajah yang mulai kendur.

Meskipun kondisi ini adalah hal yang normal seiring bertambahnya usia, tetap saja bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara efektif dan mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur.

Sebelum membahas cara-cara tersebut, penting untuk mengetahui apa saja penyebab umum kulit wajah kendur. Sebagian besar penyebabnya adalah tanda-tanda penuaan. Selain itu, paparan sinar matahari, penurunan berat badan yang drastis, faktor genetika, dan gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab kulit wajah kendur.

Berbagai penyebab ini tentu perlu diwaspadai, terutama jika kamu ingin wajah tetap terlihat muda dan bercahaya. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengencangkan kulit wajah yang kendur, yuk simak tips-tipsnya yang telah dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Lindungi Kulit dari Sinar UV Berlebih dengan Sunscreen

Ilustrasi memakai tabir surya, sunscreen, sunblock
Gambar orang menggunakan tabir surya, sunscreen, sunblock. (Image by jcomp on Freepik)

Salah satu cara efektif untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur adalah dengan rutin menggunakan tabir surya setiap hari. Paparan sinar UV dari matahari memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan kulit. Mulai dari munculnya tanda-tanda penuaan, perubahan warna kulit yang tidak merata, hingga risiko yang lebih serius seperti kanker kulit.

Jika kulit tidak mendapatkan perlindungan yang memadai, kemungkinan besar kulitmu akan lebih rentan terhadap berbagai masalah, termasuk berkurangnya elastisitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi risiko masalah tersebut. Pilihlah tabir surya dengan kandungan minimal SPF 35. Namun, jika kamu berencana untuk beraktivitas di tempat-tempat yang terpapar sinar matahari langsung seperti pantai atau lapangan terbuka, sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF 45 atau lebih tinggi.


2. Pilih Sabun Cuci Wajah yang Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit

Salah satu cara untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur adalah dengan rutin membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang tepat. Namun, memilih produk skincare untuk tujuan ini, seperti face wash, tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa kriteria penting yang harus diperhatikan agar tidak salah memilih produk.

Jika tujuan Anda adalah untuk mengembalikan elastisitas kulit dan membuatnya lebih kencang, pilihlah sabun wajah yang mengandung bahan aktif seperti retinol, vitamin C, hyaluronic acid, dan peptida. Selain itu, carilah produk yang mengandung bahan-bahan alami dan mampu menghidrasi kulit wajah dengan optimal. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa memilih sabun cuci muka yang dilengkapi dengan kandungan glycerin, aloe vera, atau ceramides.

Cucilah wajah Anda setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan kulit yang kencang dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini. Lengkapi juga rutinitas perawatan kulit Anda dengan produk skincare lainnya yang dirancang untuk mengencangkan kulit wajah agar hasilnya lebih maksimal.


3. Gunakan Moisturizer Kulit untuk Menjaga Kelembapannya

Perempuan menggunakan moisturizer atau pelembab (sumber: unsplash)
Perempuan menggunakan moisturizer atau pelembab (sumber: unsplash)

Meski usia terus bertambah, kulit tetap memerlukan kelembapan yang optimal. Kelembapan ini sangat penting untuk menjaga kulit dari berbagai masalah, termasuk kulit wajah yang mulai mengalami kekenduran. Selain itu, menjaga kelembapan juga bisa menjadi salah satu cara efektif dan mudah untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur.

Ketika memilih produk perawatan kulit untuk mengencangkan wajah di usia 40-an, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bagi kamu yang sudah memasuki usia kepala empat, pilihlah pelembap yang mengandung bahan aktif yang dapat membantu mengunci kelembapan kulit dan memperbaiki teksturnya. Beberapa bahan yang direkomendasikan antara lain hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin.

Selain itu, sangat penting untuk menggunakan pelembap yang mengandung antioksidan agar kulit terlindungi dari penuaan akibat paparan radikal bebas. Jika tanda-tanda penuaan mulai muncul, jangan ragu untuk memilih pelembap yang mengandung bahan anti-aging seperti retinol dan peptida untuk hasil yang lebih optimal.


4. Pakai Cream Siang Malam yang Mampu Mengencangkan Kulit

Pentingnya menggunakan krim siang dan malam bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas tidak bisa diabaikan. Produk perawatan kulit ini berperan signifikan dalam mengembalikan serta menjaga elastisitas kulit. Krim siang dan malam yang dirancang khusus untuk mengencangkan kulit wajah menawarkan berbagai manfaat luar biasa. Dengan pemakaian rutin, kulit Anda akan terlindungi, tetap lembap, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Tidak hanya itu, penggunaan krim siang dan malam juga mendukung regenerasi kulit, sehingga wajah Anda akan tampak lebih muda dan segar seperti dulu. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih krim yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.


5. Rutin Masker Wajah Setiap Minggu

Perawatan masker alami untuk wajah awet muda
Mudah dan murah dengan menggunakan bahan alami untuk mengatasi penuaan dini. (Foto: Freepik)

Masker wajah dapat menjadi solusi efektif untuk mengencangkan kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga wajah tampak lebih muda. Salah satu masker yang populer adalah masker putih telur. Kandungan albumin dalam putih telur memiliki kemampuan untuk membuat kulit wajah lebih kencang dan mengecilkan pori-pori dengan cara menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba masker campuran madu dan pisang. Madu kaya akan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit, sementara pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu menghidrasi kulit serta memberikan efek lifting. Kombinasi kedua bahan alami ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, disarankan untuk rutin menggunakan masker wajah alami ini sebanyak 2-3 kali seminggu. Dengan perawatan yang konsisten, kulit wajahmu akan tampak lebih sehat dan cantik.


6. Perawatan Chemical Peeling Juga Bisa Dicoba

Di samping penggunaan skincare dan bahan-bahan alami, cara mengencangkan kulit wajah di usia 40 tahun juga bisa dilakukan dengan perawatan di klinik kecantikan. Salah satu perawatan yang bisa kamu coba adalah chemical peeling. Perawatan ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit mati dan rusak di permukaan dengan menggunakan campuran bahan kimia tertentu.

Proses pengelupasan kulit ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan elastisitas, serta memberikan tampilan kulit wajah yang segar, sehat, dan tampak lebih muda. Selain itu, perawatan di klinik kecantikan ini juga efektif mengatasi berbagai masalah kulit lainnya, seperti menghilangkan noda, bekas jerawat, dan bintik-bintik hitam di wajah.


7. Rajin Konsumsi Air yang Cukup

Contoh ilustrasi minum air putih
Jika kamu sering minum air putih, kamu berarti sudah satu langkah lebih baik untuk meningkatkan kinerja otakmu (Foto: Unsplash,com/engin akyurt)

Untuk menjaga kekencangan kulit wajah di usia 40 tahun, salah satu langkah penting yang tidak boleh diabaikan adalah rutin mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Tahukah kamu bahwa minum air yang cukup setiap hari tidak hanya esensial untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit, khususnya dalam menjaga kekenyalan kulit wajah.

Metode alami untuk mengencangkan kulit wajah ini sangat bermanfaat dalam menghidrasi kulit dengan baik, menjadikannya lebih lembap dan elastis. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen ini berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan tampak awet muda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjadikan kebiasaan minum air putih yang cukup sebagai rutinitas harianmu. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh tubuh, tetapi juga oleh kulit wajahmu yang akan tampak lebih segar dan kencang.


8. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah Bergizi

Walaupun terlihat sederhana dan mudah diterapkan, metode mengencangkan kulit wajah di usia 40 tahun ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Cara alami ini melibatkan peningkatan konsumsi sayur dan buah yang bergizi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam makanan tersebut sangat efektif dalam melawan radikal bebas, yang merupakan penyebab utama penuaan pada kulit.

Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi sayur dan buah juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. Nutrisi dalam sayur dan buah dapat melindungi dan memperbaiki jaringan kulit, serta merangsang produksi kolagen yang esensial untuk menjaga kekencangan kulit. Selain itu, vitamin A, B, magnesium, dan kalium yang sering ditemukan dalam sayur dan buah turut berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses regenerasi sel. Regenerasi sel yang lebih cepat ini membantu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel-sel baru yang lebih sehat, sehingga kulit tampak lebih muda seperti di usia 20-an.


9. Minum Suplemen untuk Mengencangkan Kulit Wajah Kendur

Menjadi Komposisi Bahan Suplemen Penambah Stamina Tubuh
Ilustrasi suplemen atau obat/credit: pexels.com/Castorly

Untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang di usia 40-an, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengonsumsi suplemen yang tepat. Selain menjaga pola makan yang sehat dan menjalani rutinitas perawatan kulit yang konsisten, suplemen dapat menjadi solusi ampuh untuk membantu mengencangkan kulit wajah dari dalam.

Beberapa suplemen yang bisa kamu pilih untuk mengatasi kulit wajah yang kendur antara lain adalah kolagen, vitamin C, vitamin E, dan asam hialuronat. Kolagen dikenal efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembapan, dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput. Di sisi lain, vitamin C dan E berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar UV, sehingga dapat mencegah kulit kendur.

Terakhir, asam hialuronat berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dengan menarik air ke dalam jaringan kulit. Ini memberikan efek mengencangkan serta mengurangi tampilan garis halus dan keriput. Dengan rutin mengonsumsi suplemen asam hialuronat, kulit akan tampak lebih penuh dan lebih muda.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya