Resep Bolu Jadul 4 Telur Takaran Gelas, Ikuti Langkah-langkahnya

Resep bolu jadul 4 telur takaran gelas ini dikenal karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, meski tanpa tambahan topping atau hiasan apa pun di atasnya.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 06 Sep 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 16:30 WIB
Bolu Marmer Ning's Corner
Bolu Jadul Corner/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Bolu jadul selalu memiliki tempat istimewa di hati para pecinta kue. Meskipun tampilan dan bahan resep bolu jadul 4 telur takaran gelas sederhana, rasanya tidak kalah lezat dibandingkan dengan berbagai varian bolu modern yang ada saat ini. Resep bolu jadul 4 telur takaran gelas ini dikenal karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, meski tanpa tambahan topping atau hiasan apa pun di atasnya.

Resep bolu jadul 4 telur takaran gelas sangat mudah dibuat karena menggunakan bahan-bahan yang simpel dan takaran gelas, sehingga lebih praktis dan bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk bagi mereka yang baru belajar memasak. Dengan resep yang tepat, kamu bisa membuat bolu jadul ini di rumah dan menikmati kelezatannya bersama keluarga. 

Berikut resep bolu jadul 4 telur takaran gelas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan Bolu Jadul 4 Telur Takaran Gelas

Ilustrasi buat kue | Flora Westbrook dari Pexels
Ilustrasi buat kue | Flora Westbrook dari Pexels
  • 4 butir telur
  • 1 gelas gula pasir
  • Sejumput garam
  • 1 sdt SP (pelembut kue)
  • 2 gelas tepung terigu
  • 1 gelas minyak atau mentega cair

Cara Membuat Bolu Jadul 4 Telur Takaran Gelas

Ilustrasi buat kue | Levent Simsek dari Pexels
Ilustrasi buat kue | Levent Simsek dari Pexels
  1. Dalam sebuah wadah, masukkan telur, gula pasir, garam, dan SP. Kocok semua bahan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih pucat.
  2. Setelah adonan mengembang, turunkan kecepatan mixer. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga merata. Tambahkan minyak atau mentega cair, kemudian aduk kembali dengan spatula hingga tercampur sempurna.
  3. Tuang sebagian besar adonan ke dalam loyang tulban yang sudah diolesi minyak atau mentega. Sisihkan sedikit adonan dan campurkan dengan pasta coklat, lalu aduk hingga rata. Tuang adonan coklat tersebut di atas adonan putih, lalu aduk secara sembarang untuk membentuk motif marmer yang cantik.
  4. Panaskan oven terlebih dahulu. Panggang adonan dalam oven dengan api sedang selama kurang lebih 25 menit atau hingga bolu matang sempurna. Pastikan untuk melakukan tes tusuk untuk memastikan bolu sudah benar-benar matang.
  5. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin sejenak. Potong-potong sesuai selera dan bolu jadul 4 telur siap disajikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil! 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya