6 Sikap Ini Bisa Buat Pasangan Tak Nyaman dan Meninggalkanmu, Introspeksi Segera

Agar hubungan tetap harmonis dan bahagia, hindarilah hal-hal negatif yang bisa merusak impian.

oleh Miranti diperbarui 03 Okt 2024, 20:53 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 20:53 WIB
Rawan Terjadi Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Seumuran Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Membangun hubungan harmonis dan tahan lama tentu memerlukan upaya dari kedua belah pihak. Jika keduanya dapat saling menghargai dan mencintai, maka sangat mungkin hubungan mereka akan bertahan lama atau bahkan selamanya.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh setiap pasangan jika ingin hubungan mereka tetap awet. Beberapa hal tersebut perlu dihindari agar pasangan tidak memutuskan untuk meninggalkanmu.

Jadi, apa saja hal-hal tersebut? Berikut ini enam hal yang sebaiknya dihindari agar hubungan tetap sehat dan bahagia, sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (3/10/2024):


1. Kurangnya Komunikasi yang Efektif

Kata yang Tidak Harus Diucapkan Pasangan Pada Anda
8 Masalah Hubungan Cinta yang Lebih Buruk dari Selingkuh. (Foto: iStockphoto)

Komunikasi merupakan elemen vital dalam setiap hubungan. Tanpa komunikasi yang efektif, kesalahpahaman dan ketegangan dapat dengan mudah timbul. Ketika pasangan merasa tidak bisa berbicara secara terbuka dan jujur, mereka mungkin akan mencari orang lain yang lebih mampu mendengarkan dan memahami mereka. Oleh karena itu, menjaga komunikasi yang terbuka, jujur, dan saling menghargai adalah hal yang sangat penting.


2. Pengkhianatan

Masalah Keturunan
Ilustrasi Hubungan Rumah Tangga Credit: pexels.com/pixabay

Selalu setia kepada pasanganmu adalah hal yang sangat penting. Ketidaksetiaan merupakan salah satu alasan utama yang dapat menghancurkan sebuah hubungan. Ketika kepercayaan sudah rusak karena ketidaksetiaan, seringkali sangat sulit untuk memperbaikinya, bahkan jika itu hanya terjadi sekali saja. 

Jika salah satu pasangan merasa dikhianati, mereka mungkin akan merasa bahwa hubungan tersebut sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga komitmen dan kepercayaan satu sama lain guna menghindari situasi seperti ini.


3. Kurangnya Perhatian dan Dukungan

Putus
Ilustrasi Bertengkar dengan Pasangan Credit: pexels.com/cottonbro

Pasangan yang merasa diabaikan atau tidak mendapatkan dukungan dalam berbagai aspek kehidupan mereka, seperti pekerjaan, hobi, atau masalah pribadi, akan merasa kurang dihargai. Ketidakpedulian dan kurangnya dukungan dapat membuat pasangan merasa kesepian dan tidak dicintai. Oleh karena itu, agar kamu tidak ditinggalkan oleh pasangan, cobalah untuk selalu menunjukkan perhatian dan dukunganmu terhadap apa yang mereka lakukan dan rasakan.


4. Tindakan Kasar atau Kekerasan

Ilustrasi hubungan merenggang, pasangan bertengkar
Ilustrasi hubungan merenggang, pasangan bertengkar. (Image by Freepik)

Perilaku yang kasar, baik secara fisik maupun emosional, tidak pernah bisa diterima dalam suatu hubungan. Kekerasan hanya akan menyebabkan rasa sakit dan trauma.

Pasangan yang mengalami kekerasan cenderung akan mencari cara untuk keluar dari hubungan tersebut demi keselamatan dan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperlakukan pasangan dengan hormat dan kasih sayang.

 


5. Terlalu Bergantung

Ilustrasi konflik dalam keluarga, pasangan bertengkar
Ilustrasi konflik dalam keluarga, pasangan bertengkar. (Photo by RODNAE Productions from Pexels)

Ketika salah satu pasangan terlalu bergantung secara emosional atau finansial kepada pasangannya, hal ini dapat menyebabkan ketegangan. Ketidakmampuan untuk mandiri dan mengandalkan pasangan untuk segala hal dapat menimbulkan rasa tertekan dan membuat pasangan merasa terjebak. Ketika hubungan menjadi tidak seimbang, salah satu pihak mungkin memutuskan untuk meninggalkan hubungan demi menemukan kemandirian.


6. Tidak Menghargai Pasangan

pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Mengabaikan kebutuhan dan perasaan pasangan dapat menciptakan ketidakpuasan yang berkepanjangan. Ketika salah satu pihak merasa diabaikan atau tidak dihargai, hubungan dapat terasa monoton dan kurang berarti. Tanpa penghargaan yang tulus, pasangan mungkin merasa tidak memiliki alasan untuk tetap bertahan.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari dalam sebuah hubungan. Perlu diingat bahwa menjaga hubungan yang sehat membutuhkan usaha dan komitmen dari kedua belah pihak. Selain itu, sesekali luangkan waktu untuk menikmati quality time bersama pasangan. Kamu bisa berlibur sejenak ke berbagai destinasi menarik, baik di dalam maupun luar negeri.

Agar merencanakan liburan lebih praktis dan cepat, tidak ada salahnya mengandalkan platform traveling online terpercaya. Selain bisa memesan tiket transportasi dan memilih tempat penginapan yang sesuai dengan keinginan, harga yang ditawarkan di platform seperti ini pun dapat disesuaikan dengan budgetmu. Selain itu, ada banyak promo menguntungkan yang bisa dimanfaatkan. Yuk, siapkan barang-barangmu dan berliburlah sekarang bersama pasangan tercinta.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya