Tips Khatam Alquran dalam Sebulan Selama Ramadan

Ingin khatam Alquran dalam sebulan? Ini tipsnya.

oleh Camelia diperbarui 19 Mei 2018, 16:45 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2018, 16:45 WIB
Menghadirkan Ruang Khusus Tadarus di Rumah
Agar lebih khusyuk, ada baiknya Anda melakukan tadarus di rumah pada tempat yang benar-benar disiapkan untuk tadarus.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan telah tiba. Bulan ini kerap dimanfaatkan umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan selain berpuasa di bulan Ramadan untuk mendapatkan pahala berlimpah, selain salat tarawih dan bersedekah. Hal tersebut ialah dengan membaca Alquran.

Membaca Al-Quran di hari biasa saja akan mendapatkan banyak pahala, apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan. Bahkan ada baiknya kalian mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadan.

Mungkin sebagian dari kalian akan berpikir apakah mampu menyelesaikan Alquran dalam kurun waktu sebulan? Nyatanya hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Jika kalian berniat untuk mengkhatamkan Alquran dalam sebulan selama Ramadan perhatikan terlebih dahulu empat hal ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Al-Qur’an terdiri dari 30 juz
  • Tiap juz terdiri dari 10 lembar
  • Salat wajib terdiri dari 5 waktu
  • Satu bulan berjumlah 30 hari  

Rinciannya

20150709-Berburu Malam Lailatul Qadar di Masjid At-Tin-Jakarta 2
Jamaah melakukan tadarus Alquran di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis (9/7/2015). Ribuan umat Islam melakukan Iktikaf untuk mengharapkan hikmah malam Lailatul Qadar pada Ramadan tahun ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Nah, seandainya kalian ingin khatam Al-Quran dalam sebulan selama Ramadan nyatanya kalian bisa membacanya sebanyak 2 lembar setiap selesai salat wajib.

Subuh: 2 Lembar

Zuhur: 2 Lembar

Asar: 2 Lembar

Magrib: 2 Lembar

Isya: 2 Lembar

Jadi jumlah halaman Al-Quran yang telah kita baca selama sehari adalah 10 lembar atau setara dengan 1 juz. Dalam 30 hari tentu kalian akan menyelesaikannya bukan?  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya