Sosok Penghulu yang Menikahkan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Sosok yang menikahkan Kaesang dan Erina adalah petugas atau penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Depok, Sleman, bernama Muhammad Wiyono

oleh Hendro diperbarui 11 Des 2022, 10:30 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 10:30 WIB
Kaesang Pangarep Suami Erina Gudono
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyapa Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat prosesi akad nikah mereka di Royal Ambarrukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (9/12/2022). Mensesneg Pratikno bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai wanita, sedangkan Menteri Basuki Hadimuljono sebagai saksi pihak mempelai pria. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono resmi menjadi pasangan suami istri setelah melaksanakan akad nikah pada Sabtu (10/12). Kaesang dan Erina melaksanakan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman.

Dibalik pernikahan itu, ada sosok penting yang jika tanpa kehadirannya acara tidak bisa dilangsungkan. Dia adalah penghulu yang bertanggung jawab menikahkan Kaesang.

Pranataacara atau pembawa acara dalam pernikahan tersebut, Wigung Pratsangka mengatakan, sosok yang menikahkan Kaesang dan Erina adalah petugas atau penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Depok, Sleman, bernama Muhammad Wiyono.

"Petugas dari KUA Kapanewon Depok, Bapak Muhammad Wiyono dipersilakan," kata pembawa acara tersebut menyerahkan prosesi akad, Sabtu (10/12/2022).

Sementara itu, dua Menteri Jokowi didapuk sebagai saksi dalam pernikahan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai pria, sedangkan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Pratikno sebagai saksi dari pihak perempuan.

Presiden Joko Widodo dan Iriana juga mendampingi langsung pernikahan Kaesang Erina tersebut. Mereka tampak duduk di belakang meja akad bersama Wakil Presiden, Ma'ruf Amin beserta istri.

Setelah Kaesang dan Erina melangsungkan ijab qabul, acara dilanjutkan dengan khutbah dan doa nikah oleh Wakil Presiden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Arti Perjanjian Suami Istri

Kaesang Pangarep Suami Erina Gudono
Prosesi akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Royal Ambarrukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (9/12/2022). Kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono yang menjadi wali nasab dari pihak mempelai perempuan langsung menikahkan adiknya dengan putra bungsu presiden. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin menyampaikan pentingnya perjanjian antara suami dan istri dalam pernikahan. Pasalnya, perjanjian suami istri menurutnya merupakan perjanjian untuk hidup berdampingan seumur hidup.

"Dan yang kedua, perjanjian sumai istri adalah perjanjian dengan Allah SWT, ketika akad mengucapkan saya terima nikahnya, artinya kita memiliki perjanjian dengan Allah," kata Ma’ruf Amin.

Karena itu, setiap suami dan istri menurutnya mesti memegang erat janji yang mereka ucapkan saat menikah. Pasalnya, melanggar janji pernikahan berarti sama dengan melanggar janji dengan Allah SWT.

Sementara itu, hingga saat ini serangkaian acara prosesi akad pernikahan telah rampung dilaksanakan. Rencananya, Presiden Jokowi beserta rombongan keluarga akan langsung menuju Kota Solo, untuk kembali melaksanakan acara resepsi pernikahan atau ngunduh mantu pada hari Minggu (11/12/2022) besok.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya