Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1, 2, 3, 4 untuk Laki-Laki dan Perempuan, Pahami Rukunnya

Doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 perlu dihafalkan setiap muslim.

oleh Husnul Abdi diperbarui 09 Mar 2024, 12:18 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 17:00 WIB
Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1, 2, 3, 4
Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1, 2, 3, 4 - Image by adelbayoumi from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 perlu dipahami oleh umat Islam, terutama bagi laki-laki. Pasalnya, sebelum menguburkan seorang jenazah wajib hukumnya untuk memandikannya terlebih dahulu serta menyolatkannya.

Memandikan dimaksudkan agar jenazah tersebut kembali suci sebelum menemui Yang Maha Kuasa. Hukum memandikan jenazah dalam agama islam adalah fardu kifayah, yang berarti wajib dilakukan. Namun bila sudah dilakukan oleh orang lain, maka kewajiban tersebut akan gugur. Sama dengan memandikan, menyolatkan jenazah hukumnya juga merupakan fardu kifayah.

Doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 perlu dihafalkan setiap muslim. Seperti yang diketahui, tata cara sholat jenazah dan bacaannya berbeda dengan sholat wajib atau sunah pada umumnya. Jika sholat pada umumnya dilakukan dengan gerakan rukuk, sujud, tasyahud awal dan akhir, dan lain sebagainya, sholat jenazah tidak begitu.

Jadi, kamu perlu juga memahami tata cara sholat jenazah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/4/2023) tentang doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1, 2, 3, 4

Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1, 2, 3, 4
Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1, 2, 3, 4. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Doa sholat jenazah takbir 1, 2, 3, 4 tidak begitu sulit untuk dihafalkan. Apalagi, dalam doa sholat jenazah takbir 1, 2, 3, 4 ini juga ada Al-Fatihah dan sholawat yang tentu sudah dihafalkan setiap muslim.

Doa Sholat Jenazah Takbir ke 1

Doa sholat jenazah takbir ke 1 adalah Al-Fatihah. Berikut bacaan Al-Fatihah sebagai doa sholat jenazah takbir ke 1:

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin

Ar Rahmanir Rahim

Maliki yaumid din

Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’in

Ihdina shirothol mustaqim

Shirotol ladzina an’amta ‘alaihim, ghairil maghdzubi ‘alaihim wala dhollin

Amiin

 

Doa Sholat Jenazah Takbir ke 2

Doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 wajib dihafalkan oleh umat Islam. Doa sholat jenazah takbir ke 2 adalah membaca sholawat. Berikut bacaan sholawat sebagai doa sholat jenazah takbir ke 2:

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala aaali sayyidina Muhammad.

Bacaan sholawat ini merupakan bacaan pendeknya. Kamu juga boleh menyambung salah satu doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 ini dengan doa yang lebih panjang, yaitu sebagai berikut:

Kama shollaita ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala aali sayyidina Ibrahim. Wa baarik ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala aali sayyidina Muhammad. Kama barakta ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala aali sayyidina Ibrahim, fil ‘aalamina innaka hamiidun majiid.


Doa Sholat Jenazah Takbir ke 3

Doa Sholat Jenazah Takbir ke 3
Doa Sholat Jenazah Takbir ke 3. (Syaiful Bahri/Bintang.com)

Doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 mungkin agak berbeda pada takbir ke 3. Kamu biasanya belajar doa sholat jenazah takbir ke 3 ini di sekolah. Doa sholat jenazah takbir ke 3 adalah membaca doa untuk jenazah. Berikut doa sholat jenazah takbir ke 3:

Untuk jenazah laki-laki:

Allahummaghfirla-hu warham-hu wa ‘aafi-hi wa’fu ‘an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi’ madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a’idz-hu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.

Untuk jenazah perempuan:

Allâhummaghfir lahâ warhamhâ wa ‘âfihâ wa‘fu anhâ wa akrim nuzulahâ wa wassi’ madkhalahâ waghsilhâ bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihâ minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhâ dâran khairan min dârihâ wa ahlan khairan min ahlihâ wa zaujan khairan min zaujihâ wa adkhilhâ al-jannata wa a’idzhâ min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr 

Artinya:

“Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.” (HR. Muslim no. 963)

 

 

Doa Sholat Jenazah Takbir ke 4

Doa sholat jenazah takbir ke 1, 2, 3, 4 perlu dihafalkan muslim. Kamu biasanya belajar doa sholat jenazah takbir ke 4 ini di sekolah. Berikut doa sholat jenazah takbir ke 4:

Allahumma laa tahrimnaa ajro-hu wa laa taftinnaa ba’da-hu waghfir lanaa wa la-hu

(Untuk jenazah perempuan, kata –hu diganti –haa.)

Artinya:

“Ya Allah! Jangan menghalangi kami untuk tidak memperoleh pahalanya dan jangan sesatkan kami sepeninggalnya, ampunilah kami dan ampunilah dia”.


Rukun Sholat Jenazah

Ilustrasi Sholat Jenazah
Ilustrasi Sholat Jenazah (merdeka.com)

Setelah mengafani jenazah, umat Islam diwajibkan untuk menyolatkan jenazah tersebut. Terdapat tujuh rukun sholat jenazah, yaitu sebagai berikut:

1. Berniat (di dalam hati).

2. Berdiri bagi yang mampu.

3. Melakukan empat kali takbir (tidak ada ruku’ dan sujud).

4. Setelah takbir pertama, membaca Al Fatihah.

5. Setelah takbir kedua, membaca shalawat (minimalnya adalah allahumma sholli ‘ala Muhammad).

6. Setelah takbir ketiga, membaca doa untuk jenazah.

7. Takbir keempat membaca doa Allahumma laa tahrimnaa

8. Salam


Niat Sholat Jenazah

Niat sholat jenazah untuk jenazah laki-laki:

Ushalli ‘alâ hâdzal mayyiti fardlan lillâhi ta’âlâ.

Artinya:

“Aku niat sholat atas jenazah (laki-laki) ini fardhu karena Allah ta’âlâ.”

 

Niat sholat jenazah untuk jenazah perempuan:

Ushalli ‘alâ hâdzihil mayyitati fardlan lillâhi ta’âlâ.

Artinya:

“Aku niat sholat atas jenazah (perempuan) ini fardhu karena Allah ta’âlâ.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya