Penyebab Dajjal Tak Mampu Menyesatkan Manusia di Makkah dan Madinah

Dajjal akan memasuki semua wilayah di dunia. Seluruh penjuru bumi akan disinggahi Dajjal kecuali dua tempat suci ini, yaitu Makkah dan Madinah.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Jan 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2024, 16:30 WIB
Dajjal tidak akan mampu memasuki tempat suci ini
Dajjal tidak akan mampu memasuki tempat suci ini

Liputan6.com, Cilacap - Salah satu tanda kiamat kubro yang sangat populer di kalangan umat Islam ialah Dajjal. Dajjal ialah makhluk Allah SWT yang datang dengan tujuan ingin memalingkan manusia dari kebenaran.

Kemunculan Dajjal akan membawa huru-hara yang dahsyat dan fitnah yang sangat besar yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah perjalanan umat manusia.

Dajjal akan memasuki semua wilayah di dunia. Seluruh penjuru bumi akan disinggahi Dajjal kecuali dua tempat suci ini, yaitu Makkah dan Madinah.

Demikian juga dengan para penghuni tempat suci ini, semuanya tidak akan pernah bertemu dengan dan tidak akan bisa disesatkan olehnya. Tentu saja, hal ini sangat mengherankan, mengapa Dajjal tidak bisa masuk dua tempat suci bagi umat Islam itu?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Dijaga Para Malaikat

Ilustrasi haji, umrah, makkah
Ilustrasi haji, umrah, makkah. (Photo by Beris Creatives on Unsplash)

Menukil Republika, Anas bin Malik RA meriwayatkan hadits yang isinya menjelaskan tentang penyebab dajjal tidak akan bisa memasuki dua tempat suci ini.

ليسَ مِن بَلَدٍ إلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ، إلَّا مَكَّةَ والمَدِينَةَ؛ ليسَ له مِن نِقَابِهَا نَقْبٌ إلَّا عليه المَلَائِكَةُ صَافِّينَ يَحْرُسُونَهَا، ثُمَّ تَرْجُفُ المَدِينَةُ بأَهْلِهَا ثَلَاثَ رَجَفَاتٍ، فيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ ومُنَافِقٍ.

"Tidak ada suatu negeri pun yang tidak akan dimasuki Dajjal kecuali Makkah dan Madinah, karena tidak ada satu pintu masuk pun dari pintu-pintu gerbangnya (Makkah dan Madinah), kecuali ada para malaikat yang berbaris menjaganya. Kemudian Madinah akan berguncang sebanyak tiga kali sehingga Allah mengeluarkan orang-orang kafir dan munafik dari sana." (HR. Bukhari)

Hadits itu menunjukkan, Nabi Muhammad SAW telah memberi peringatan tentang munculnya Dajjal, dan kemunculannya adalah salah satu tanda Hari Kiamat. Dalam hadits ini Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Dajjal akan memasuki setiap negara dan menggoda orang-orang kafir agar ikut bersamanya.

Namun, Dajjal tidak akan bisa memasuki Makkah dan Madinah. Sebab tidak ada jalan tanpa barisan malaikat yang menjaga Makkah dan Madinah.


Kehebatan Dajjal yang Menyebabkan Banyak Pengikutnya

Dajjal (SS: YT Alfaidah)
Dajjal (SS: YT Alfaidah)

Dinamakan Dajjal karena ia menutupi kebenaran dengan kepalsuan, dan ia termasuk salah satu keturunan Adam yang dengannya Allah menguji hamba-hamba-Nya. Allah SWT memberinya kekuasaan untuk melakukan berbagai hal, termasuk yang ada dalam kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

Di antaranya ialah menghidupkan orang mati, mematikannya, dan menampakkan dunia yang indah dan subur bagi tidak demikian bagi orang-orang beriman.

Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir Syekh Dr Ahmad Mamduh juga menjelaskan, semua manusia akan terkoyak pada saat datangnya zaman Dajjal. Di antara mereka ada yang tergoda untuk masuk ke dalam fitnahnya. Sebagian lagi ada yang akan dilindungi oleh Allah SWT sampai Allah melenyapkan Dajjal.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya