Ramaikan Asian Games 2018, Kemenpar Gelar Lomba Video Berhadiah Ratusan Juta

Kementerian Pariwisata telah menyiapkan beragam hal untuk menyukseskan event Asian Games.

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 06 Jul 2018, 10:23 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2018, 10:23 WIB
Pesona Asian Games 2018
Foto: Kementerian Pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta Demi menarik minat 200 ribu penonton Asian Games Jakarta-Palembang, Kementerian Pariwisata bersama stakeholders pariwisata  menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di 7 destinasi wisata unggulan di Jakarta, Palembang, dan beberapa daerah di sekitarnya, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers Pesona Asian Games, Jumat (6/7/2018)  di Jakarta mengatakan, beragam paket wisata ini telah disiapkan sejak setahun lalu, dan benar-benar dirancang khusus untuk penonton Asian Games yang digelar 18 Agustus-2 September, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

"Kita proyeksikan penonton terbanyak dari Tiongkok, sedangkan eventnya sendiri yang akan banyak menyedot penonton yaitu saat final sepakbola. Penggemar sepakbola dari negara peserta akan berbondong-bondong datang ke Jakarta," ungkap Arief Yahya.

Lebih jauh Arief Yahya menjelaskan, akan ada sekitar 150-200 ribu orang yang akan datang ke Indonesia.

“Itu kita sebut wisman. 10 ribu atlet, 5 ribu official, 5 ribu media, total ada 20 ribu. Sisanya penonton, itu tergantung, terutama sepakbola, negara mana lawan mana di final. Hitungan Kemenpar 150 ribu, spending mereka 1.200 US dolar, atlet official 2.500 Us dolar. Kalau dikalikan itu muncul angka Rp 3 triliun, itu direct impact,” kata Arief Yahya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lomba Video

Kampung Mural Palembang di Tepian Sungai Beraroma Menyengat
Tepian Sungai Sekanak Palembang akan dijadikan salah satu destinasi wisata dan perekonomian kota (Liputan6.com / Nefri Inge)

 

Untuk lebih menggaungkan semarak Asian Games, Kementerian Pariwisata bahkan menggandeng pekerja kreatif sekelas Raditya Dika. Akan ada lomba pemilihan 10 atlet pria dan wanita, serta lomba video Asian Games berhadiah ratusan juga yang dijurikan langsung oleh Raditya Dika.

"Saya senang bisa kerja bareng Kemenpar, sudah gak sabar. Kemenpar beri ruang melibatkan kreativitas anak muda. Ayo kita gedein Asian Games dengan cara yang kreatif,” kata Raditya Dika.

Sebagai juri utama, Raditya Dika juga memberikan kisi-kisi bagi siapa pun yang ingin menang dan memraih ratusan juta. Baginya video yang menarik bukan hanya dari sisi estetika, tapi dari ide yang berisi. “Kebanyak  sekarang kalau bikin video syutingnya heboh banget, harus keren, pake drone sampe ke bulan. Padahal kan untuk menciptakan video yang menanrik bukan hanya estetika, tapi ide yang orisinal. Bahkan di kamar hanya pakai handphone semua orang sudah bisa bikin video yang menarik,” kata Raditya menambahkan.

Soal teknis, peserta lomba harus mengunggah video ke Facebook, Youtube, dan Instagram dengan hasgtag #PesonaAsianGames2018 #PesonaVideoAg2018 #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia dan #Genpi. Periode lomba akan berlangsung 16 Juli - 2 September 2018. Pemenang akan diumumkan pada 10 September 2018. 

 


Asian Games

Asian Games sendiri merupakan event olahraga terbesar di Asia, diikuti lebih dari 10.000 atlet dari 5.000 official dari 45 negara yang akan berlaga dalam 462 pertandingan dan disaksikan sekitar 2 juta penonton di seluruh dunia.

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Asian Games diyakini mampu meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan memacu pertumbuhan kota.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya