Kemenparekraf Dorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk Pulihkan Ekonomi dan Pariwisata

Festival Kreatif Lokal 2020 merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI dan gerakan Bangga Buatan Indonesia.

oleh Henry diperbarui 28 Agu 2020, 11:34 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2020, 19:36 WIB
Menteri Siti Nurbaya hingga Wishnutama Bahas Transformasi Ekonomi II
Menparekraf Wishnutama saat diskusi panel VII Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Panel VII membahas transformasi ekonomi II. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta -  Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan Festival Kreatif Lokal 2020 (FKL 2020).

Bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), mereka meresmikan nota kesepahaman untuk menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2020. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan #BangkitBersamaSahabat” ini diadakan mulai Agustus 2020 sampai Januari 2021 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio dalam kata sambutannya seacara virtual menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara pemerintah dengan pihak swasta dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. Kemenparekraf mendukung terselenggaranya kegiatan ini dengan menjadi mitra strategis.

"Kerjasama ini dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah, serta menjadi daya tarik untuk wisatawan dalam maupun luar negeri," ucap Wishnutama dalam konferensi pers virtual, Kamis (27/8/2020).

"Karena pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada sektor UKM. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan menjadi pahlawan untuk membangun pelaku usaha sektor ini dengan membeli produknya di FKL," tambahnya. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan, situasi ini mendorong pihaknya untuk membangkitdan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi.

"Acara ini sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan. Festival Kreatif Lokal 2020 ini jadi wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku usaha UKM dan generasi muda agar bangkit kembali membangun perekonomian Indonesia. Program ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Bapak Presiden," terang Hafid Hadeli.

"Karena itu saya berterima kasih pada pihak-pihak yang mendukung acara ini, termasuk bapak Wishnutama Kusubandio dan ibu NIa Niscaya dari Kemenparekraf beserta jaajrannya, lalu pada Donni Gandamana selaku Direktur Adira Insurance dan juga CEO Bukalapak Rachnat Kaimudin yang mewakili Emtek Group yang telah hadir pada kesempatan kali ini," sambungnya.

Festival Kreatif Lokal 2020 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke-30 yang meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal.

Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang sudah menunjukan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup dirinya sendiri dan lingkungannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


6 Kategori Bidang Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf Dorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk Pulihkan Ekonomi dan Pariwisata
Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2020. (Liputan6.com/Henry)

Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum. Ajang ini mencari 18 orang pemenang dari enam kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan, yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

"Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan pelatihan, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta eksposur di media channel kami di Kemenparekraf, Adria Finance dan Emtek Group yang akan mengikuti program ini dari tahap penjurian sampai penentuan pemenang," jelas Swandajani Gunadi, Direktur SDM & Marketing Adira Finance.

Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite Festival Kreatif Lokal 2020 di alamat bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award akan diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance. Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada Januari 2021. Rencananya, akan digekar konser amal artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi.

Sementara itu, Nia Nisacaya selaku Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf berharap, pelaku UKM bisa meningkatkan omzet mereka. Selain itu, FKL 2020 diharapkan bisa meningkatkan ketahanan bisnis mereka di tengah pandemi.

"Kita juga ingin meningkatkan brand Wonderful Indonesia lewat program ini. Selain bangga, kita bisa jadi pahlawan dengan membeli produk buatan Indonesia," ujar Nia Niscaya.

Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat
Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya