Billie Eilish Akui Tak Nyaman Publik Bicarakan Orientasi Seksualitasnya

Billie Eilish dengan sinis berterima kasih kepada Variety karena mengurusi orientasi seksualnya daripada membicarakan hal lain yang penting.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 05 Des 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 16:00 WIB
Billie Eilish
Billie Eilish, yang menyumbangkan lagu untuk soundtrack, termasuk di antara bintang yang menghadiri acara di Shrine Auditorium dan Expo Hall. (AFP/Michael Trans)

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Billie Eilish telah meminta orang-orang untuk berhenti membahas seksualitasnya. Perempuan 21 tahun itu menuduh sebuah majalah telah "mengekspos" dirinya.

Mengutip laman BBC, Selasa (5/12/2023), pelantun tembang "Bad Guy" itu mengatakan bahwa dia tertarik pada wanita dalam wawancara sampul baru-baru ini untuk outlet AS, Variety. Pada penghargaan majalah Hitmakers pada akhir pekan, Billie ditanya di depan kamera apakah dia bermaksud untuk mengungkapkannya.

Billie Eilish dengan sinis berterima kasih kepada Variety karena mengurusi orientasi seksualnya daripada membicarakan hal lain yang penting. BBC Newsbeat menghubungi penerbit untuk memberikan komentar dan diarahkan ke wawancara Billie di mana dia mendiskusikan ketertarikannya pada wanita dengan wartawan.

Meskipun Billie tampak bersemangat saat mengobrol di karpet merah pada hari Sabtu lalu tapi unggahan Instagram-nya tidak terlalu keren. "Terima kasih kepada Variety atas penghargaanku dan juga mengajakku jalan-jalan di karpet merah pada jam 11 pagi daripada membicarakan hal lain yang penting kepadaku," tulisnya.

"Aku suka laki-laki dan perempuan, tinggalkan aku sendiri tentang hal itu, tolong siapa yang peduli," sambung wanita kelahiran 18 Desember 2001 itu.

Dalam wawancara majalah tersebut, yang pertama kali diterbitkan pada 13 November 2023, Billie membahas tentang dirinya sebagai seorang wanita muda di mata publik dan bagaimana dia merasa terintimidasi oleh wanita lain. "Saya tidak pernah merasa bisa berhubungan baik dengan perempuan," katanya kepada Variety.

Ia menambahkan, "Saya sangat mencintai mereka. Saya mencintai mereka sebagai manusia. Saya tertarik pada mereka sebagai manusia. Saya benar-benar tertarik pada mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengungkapan Billie Eilish

Billie Eilish menghadiri LACMA Art+Film Gala, 5 November 2022. (Foto: AP Photo/Allison Dinner)
Billie Eilish menghadiri LACMA Art+Film Gala, 5 November 2022. (Foto: AP Photo/Allison Dinner)

Ketika ditanya tentang seksualitasnya di acara karpet merah akhir pekan lalu, dia berkata, "Saya tidak menyadari orang-orang tidak mengetahuinya."

Ia melanjutkan, "Saya melihat artikel itu dan berpikir, 'Oh, sepertinya saya mengungkapkannya'. Tapi itu menarik bagi saya... senang sekali mereka mengetahuinya."

Namun Billie juga mengatakan bahwa dia tidak terlalu percaya dengan konsep dan gagasan bahwa orang harus mengungkapkan seksualitasnya. "Mengapa kita tidak bisa sekadar ada?," katanya. "Saya sudah melakukan ini sejak lama dan saya tidak membicarakannya."

Bersama saudara laki-lakinya dan kolaborator Finneas, Billie menerima penghargaan Lagu Film Terbaik Tahun Ini untuk What Was I Made For dari Barbie.​ Pokok pembicaraan sebenarnya di sini bukanlah tentang apa orientasi seksual seseorang, tetapi, seperti kata Billie, mengapa hal itu penting di abad ke-21. 

Seorang pengamat soal LGBT dan Koresponden tentang Identitas, Laurent Moss mengungkapkan bahwa selama dua dekade terakhir publik telah beralih dari gosip cabul yang masuk ke dalam kehidupan pribadi orang-orang. 


Keterusterangan Billie Eilish di Mata Pengamat

Billie Eilish Suka Gonta-ganti Cat Rambut, Terbaru Pilih Warna Merah Menyala
Billie Eilish Suka Gonta-ganti Cat Rambut, Terbaru Pilih Warna Merah Menyala (Tangkapan Layar Instagram/billieeilish)

Seperti tahun lalu aktor Rebel Wilson harus memberitahu dunia bahwa dia berkencan dengan seorang wanita sebelum surat kabar memberitakannya untuknya. Secara keseluruhan orientasi seksual seseorang bersifat pribadi dan tergantung pada masing-masing individu jika mereka ingin mengumumkannya kepada dunia.

Masih banyak wilayah di mana orang-orang mungkin merasa tidak percaya diri membicarakan seksualitas mereka, misalnya, hanya ada satu pesepak bola profesional gay di tim putra di Inggris. Selebritas atau bukan, terjadi kejadian sehari-hari dan memiliki tekanan yang berulang-ulang.

Moss yakin banyak orang akan menganggap kejujuran dan keterusterangannya menginspirasi dan menjadi langkah lain yang memungkinkan orang menjadi diri mereka sendiri.​ "Tapi mungkin semakin banyak orang membicarakannya, hal itu akan menjadi kurang menarik dan kita hanya bisa eksis, seperti kata Billie," ungkapnya.

Namun pengungkapan Billie membuatnya kehilangan pengikut. Jumlah pengikut Eilish turun enam angka dan mencapai 110.200.603 per 3 Desember 2023. Artinya pertanyaan penyanyi 21 tahun ini cukup bertentangan dengan 100.000 pengikutnya sejak mengungkapkan bahwa dia tertarik pada wanita. 


Kehilangan 100 Ribu Pengikut

Billie Eilish
Gaya rambut wolf cut adalah sebuah gaya potong rambut yang merupakan versi modern dari mullet, dengan bentuk wispy layer, dan potongan trap yang tinggi, sehingga ketika kamu menatanya, rambutmu menyerupai bulu serigala. [Foto: Instagram/ Billie Eilish]

Mengutip dari kanal Tim Citizen, dari 100.000 pengikut tersebut hanya kurang dari 45.000 pengikut yang meninggalkannya sejak Sabtu, 2 Desember 2023, ketika Eilish menegaskan kembali dalam sebuah wawancara di karpet merah bahwa dia memang benar-benar suka pada wanita.

Ketika berada di acara Variety's Hitmakers pada akhir pekan, Eilish ditanya oleh pewawancara karpet merah apakah dia berniat untuk memberikan pengakuan. "Saya berpikir, 'Bukankah sudah jelas?' Saya tidak menyadari bahwa orang-orang tidak mengetahuinya," katanya.

"Saya hanya tidak begitu percaya akan hal itu. Saya hanya berpikir, 'Kenapa kita tidak bisa ada saja?' Saya sudah melakukan ini sejak lama, dan saya tidak membicarakannya. Ups."

"Tapi saya melihat artikelnya dan saya berpikir, 'Oh, saya rasa saya akan mengakuinya hari ini.' Oke, keren. Ini menarik bagi saya karena saya rasa orang-orang tidak mengetahuinya. Namun itu keren kalau mereka tahu. Saya mendukung para gadis."

Tapi ini bukan pertama kalinya Eilish kehilangan lebih dari enam digit pengikut dalam waktu singkat. Dua tahun yang lalu, penyanyi tersebut kehilangan ratusan ribu pengikut secara misterius lantaran pemotretan sampul yang ia lakukan dengan British Vogue, di mana ia memakai korset.

Infografis Isu LGBT Berhembus di Parlemen
Infografis Isu LGBT Berhembus di Parlemen
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya