Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Versi Istri Anies Baswedan

Istri calon bakal presiden (capres) Anies Baswedan, Fery Farhati tak jarang membagikan unggahan ketika dirinya tengah wisata kuliner. Salah satunya ketika Fery mengajak anak sulungnya, Mutiara Baswedan atau akrab disapa Tia, mencicipi makanan khas Cirebon.

oleh Putu Elmira diperbarui 13 Des 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 05:00 WIB
Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Versi Istri Anies Baswedan
Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Versi Istri Anies Baswedan (Tangkapan Layar Instagram/fery.farhati)

Liputan6.com, Jakarta - Istri calon bakal presiden (capres) Anies Baswedan, Fery Farhati tak jarang membagikan unggahan ketika dirinya tengah wisata kuliner. Salah satunya ketika Fery mengajak anak sulungnya, Mutiara Baswedan atau akrab disapa Tia, mencicipi makanan khas Cirebon.

Momen kebersamaan ibu dan anak ini terekam dalam sebuah video singkat yang ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya @fery.farhati pada Sabtu, 9 Desember 2023. Saat itu, istri Anies Baswedan menyantap Nasi Jamblang.

"Kalau ke Cirebon, wajib nyobain Nasi Jamblang lengkap dengan semua lauk favoritnya. Ada balakutak, sate kentang, ayam serundeng, aneka pepes, dan ditutup dengan tahu gejrot! Gimana Neng @mutiarabaswedan? Makanan Cirebon enak-enak kan?," bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Video dibuka dengan piring Nasi Jamblang Fery dan Tia sudah siap di meja. Fery tengah membuka bungkus kerupuk dan Tia menyebut, "Mari kita coba."

Cuplikan lantas berlanjut dengan ragam lauk-pauk pendamping Nasi Jamblang, mulai dari perkedel jagung, paru sapi, telur dadar, dan lainnya. Fery tampak meminta lauk pepes usus ayam dan pepes rajungan.

Di momen lain, ia mengambil sendiri lauk lainnya sembari bertanya ke putrinya, "Mau serundengnya?." Tia menjawab, "Enggak-enggak usah."

"Jadi kita ngambil pertama nasinya satu apa dua, katanya satu. Terus katanya tadi ada rekomendasi sate kentangnya enak, buat berdua. Oh, di sini ya yang buat berdua ya," katanya sembari meletakkan sate kentang di piring tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ditutup dengan Tahu Gejrot

Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Versi Istri Anies Baswedan
Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Versi Istri Anies Baswedan (Tangkapan Layar Instagram/fery.farhati)

Ibu empat anak itu juga menyebut ia juga direkomendasikan tuna. "Ini kalau nasi jamblang tuh harus ada nih ayam serundeng sama ini, perkedel ada udangnya. Yang ini yang istimewa, pepes rajungan, terus tempe, sambel, sama ini cumi," kata Fery.

Tia juga menunjukkan lauk pauk yang ada di piringnya. "Kalau aku dapatnya, aku suka udang, suka banget seafood, jadi ngambil udang, pepes rajungan, terus tahu sayur, ayam sama cumi barengan sama mama," kata lulusan Universitas Indonesia itu.

Mereka menyantap Nasi Jambang bareng dengan kerupuk raja. "Mari kita coba. Wah sambelnya aja udah enak banget, Mah," katanya.

Setelah itu, keduanya memesan tahu gejrot yang punya memori bagi Fery. "Ini tuh rasa masa kecil, Neng. Mama lagi kecil suka jajan ini," kata Fery kepada putrinya.

Sebelumnya, ibunda Mutiara Annisa, Mikail Azizi, Kaisar Hakam, dan Ismail Hakim ini juga jalan-jalan ke Cirebon, Jawa Barat, tanpa didampingi suaminya.

Fery Farhati merangkum perjalanan singkatnya dalam sebuah video "A Day in My Life" yang diunggah pada Sabtu, 18 November 2023. Saat membuka video, ia mengatakan akan berwisata wastra naik kereta ke Cirebon.


Wisata Wastra

Istri Anies Baswedan Wisata Wastra ke Cirebon, Mampir Kulineran Nasi Lengko hingga Tahu Gejrot
Istri Anies Baswedan Wisata Wastra ke Cirebon, Mampir Kulineran Nasi Lengko hingga Tahu Gejrot (Tangkapan Layar Instagram/fery.farhati)

"Kali ini, saya akan wisata wastra ke Kota Cirebon. Wastra itu artinya kain tradisional. Cirebon terkenal dengan kain batiknya," katanya.

Perempuan berusia 52 tahun ini mengungkapkan bahwa ia naik kereta api dari Gambir dan tiba di Kota Udang sekitar pukul 11.00 siang. Setelah tiba di Stasiun Cirebon, ia langsung menuju sentra pembuatan batik yang terkenal di kota ini.

"Teman-teman bisa tebak namanya? Namanya Kampung Batik Trusmi, singkatan dari terus bersemi," terang Fery.

Ia juga berbagi sepenggal cerita mengenai daerah Plered, Cirebon, yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan itu ditebang oleh warga, tapi tidak lama kemudian tumbuh lagi.

"Karena tanahnya subur sekali, tanaman ini terus bersemi dan ini menginspirasi nama Batik Trusmi. Saya diajak salah satu perajin untuk lihat langsung bagaimana proses pembuatan batik," jelasnya.

Fery mengagumi kelihaian perajin batik ketika mengukir motif. Para perajin, dikatakannya, telah berlatih selama bertahun-tahun.


Kulineran Nasi Lengko

Istri Anies Baswedan Wisata Wastra ke Cirebon, Mampir Kulineran Nasi Lengko hingga Tahu Gejrot
Istri Anies Baswedan Wisata Wastra ke Cirebon, Mampir Kulineran Nasi Lengko hingga Tahu Gejrot (Tangkapan Layar Instagram/fery.farhati)

Setelah berkeliling Batik Trusmi, ia pun melanjutkan perjalanan dengan makan siang. "Ke Cirebon enggak akan lengkap kalau kita enggak kulineran. Saya mampir ke Nasi Lengko Haji Barno. Enak sekali," katanya.

Fery menambahkan, "Resep keluarga yang dijaga dari generasi ke generasi sejak tahun 1968."

Ia juga menyempatkan diri untuk membeli jajanan favoritnya, yakni tahu gejrot di Pasar Kanoman. "Segar banget, manis-manis pedas," ungkapnya.

"Teman-teman kalau mau ke Cirebon, jangan lupa kulineran dan mampir ke UMKM-nya ya," ajaknya.

Selesai menyantap tahu gejrot, ia melanjutkan perjalanan ke rumah orangtuanya di Kuningan. "Kanget berat, sudah lama tidak berjumpa. Jaraknya kurang lebih satu jam dari Cirebon. Terima kasih, see you next time," tutupnya.

Video itu pun mencuri atensi warganet. Kolom komentar dipenuhi dengan beragam tanggapan. "enak ya narasinya, intonasinya.. udah lama ga denger ibu negara yg suaranya nyaman d telinga 🥰," bunyi salah satu komentar.

Komentar lainnya, "Bu fery pasti sering storytelling 😍 cara berceritanya membawa kita ikut merasakan suasana kota cirebon, batiknya dan kulineran cirebon."

Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia
Infografis Tradisi Makan Bersama dari Berbagai Daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya