Tanpa Izin Bos, Karyawan Tidak Diizinkan Masuk Wisma Kosgoro

Ada karyawan yang melontarkan celetukan, "aduh, libur sampai kapan ini?"

oleh Audrey Santoso diperbarui 11 Mar 2015, 14:08 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2015, 14:08 WIB
Penampakan Kebakaran Wisma Kosgoro di Twitter
Penampakan Wisma Kosgoro yang mengalami kebakaran, Jakarta, Senin (9/3/2015). Tingginya gedung dan hembusan angin yang kencang membuat api sulit untuk dipadamkan (Twitter.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pascakebakaran di Wisma Kosgoro, ruang parkir di basement gedung tersebut ramai didatangi karyawan yang hendak mengevakuasi barang-barang mereka. Namun, sebelum masuk ke gedung, mereka harus mendaftarkan identitas diri ke pos keamanan dan menunjukkan izin masuk ruangan dari pimpinan perusahaan.

Pantauan di lokasi, Rabu (11/3/2015), seorang pria yang mengenakan baju hijau tertahan di pintu belakang. Dia terlibat pembicaraan dengan seorang petugas sekuriti bernama Nasan Wahyudi.

"Pak, saya mau ambil dokumen ke lantai 14," pintanya kepada Nasan.

"Anda ada izin dari bos Anda nggak? Kalau nggak ada lapor dulu ke pos Pak Joni (Komandan Regu Sekuriti)," ujar Nasan. Akhirnya pria yang mengaku karyawan lantai 14 itu pun berlalu.

Nasan mengatakan, saat-saat seperti ini pihak sekuriti diminta tak lengah memberi izin masuk kepada sembarang orang. Dikhawatirkan, pihak-pihak tak bertanggungjawab memanfaatkan kesempatan untuk mengambil barang dan berkas berharga dari perusahaan-perusahaan lain.

"Yang masuk hanya yang ada izin dari atasan dan sudah mendaftar di pos. Masuknya pun harus didampingi anggota," tandas Nasan.

Liputan6.com berusaha meminta keterangan terkait aturan ini dari puluhan karyawan yang berada di lokasi. Tapi mereka enggan menjawab. "Nanti dulu, nanti dulu," ujar mereka singkat.

Beberapa karyawan lainnya mengeluh pada petugas keamanan yang berjaga karena tidak diperbolehkan masuk gedung. "Masak harus jalan kaki ke atas Pak," keluh salah seorang karyawan.

Ada juga karyawan yang melontarkan celetukan "Aduh, libur sampai kapan ini?"

Gedung Wisma Kosgoro yang terletak di kawasan perkantoran Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat terbakar sejak Senin 9 Maret pukul 18.30 WIB. Api berasal dari lantai 16 bangunan yang berdiri sejak 1970 ini. Api baru padam pada Selasa 10 Maret siang.

Tiga puluh unit mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Akibat kebakaran ini, 5 lantai teratas gedung hangus terbakar. (Mvi/Sun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya