Pemkab Musi Banyuasin Tak Tahu 2 Pejabatnya Ditangkap KPK

Dalam OTT tersebut, tim satgas menemukan barang bukti berupa uang Rp 2,56 miliar dalam tas warna merah marun.

oleh Nefri Inge diperbarui 20 Jun 2015, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2015, 16:00 WIB
Pejabat Pemerintah Kab Musi Banyuasin Ditangkap KPK
Plt Komisioner KPK, Johan Budi SP (kiri) membeberkan kronologis penangkapan saat jumpa pers terkait operasi tangkap tangan pejabat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di gedung KPK Jakarta, Sabtu (20/6/2015). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Palembang - Dari 4 orang yang ditangkap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, 2 orang merupakan PNS yang bekerja di Pemerintah Kabupaten Muba. Mereka adalah Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) berinisial SF dan Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) berinisial F.

Humas Pemkab Musi Banyuasin (Muba) Solehan mengaku tidak mengetahui info pasti tentang kejadian tersebut.

"Wassalam, belum dapat info yang pasti, Mas," kata Solehan kepada Liputan6.com melalui pesan tertulis di Palembang, Sabtu (20/6/2015).

Tidak hanya 2 pejabat Pemkab yang digiring KPK, ada 2 petinggi partai yang diamankan. Keduanya merupakan anggota DPRD Musi Banyuasin AM dan BK.

KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT). OTT dilakukan di rumah anggota DPRD berinisial BK di Jalan Sanjaya, Kelurahan Alang-alang, Palembang, Sumatera Selatan.

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP mengatakan, dalam OTT tersebut, tim satgas menemukan barang bukti berupa uang Rp 2,56 miliar dalam tas warna merah marun yang berisi uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu.

Penangkapan yang dilakukan Jumat 19 Juni 2015, diduga merupakan praktik suap yang melibatkan kepala dinas dan anggota DPRD di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan untuk memuluskan pembahasan APBD di kabupaten tersebut.

‎"Dugaan sementara uang diberikan kepala dinas kepada anggota DPRD berkaitan dengan pembahasan perubahan APBD 2015‎ Kabupaten Musi Banyuasin," kata Johan Budi dalam jumpa pers di gedung KPK. (Mvi/Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya