Usai Hujan, Genangan di Sejumlah Wilayah Jakarta Mulai Surut

Kendati, Denny tidak menyebutkan berapa jumlah titik genangan tersebut.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 08 Nov 2015, 03:08 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2015, 03:08 WIB
Segmen 1: Hujan Deras di Jakarta hingga Antrean Truk Sampah
Jakarta tergenang air setelah hujan deras, hingga sejumlah supir truk sampah mengeluhkan pembatasan jam pembuangan sampah.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta hampir sepanjang Sabtu membuat sejumlah jalanan wilayah Ibukota tergenang. Seperti di Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, genangan membuat kemacetan lalu lintas.

Meski sempat mengalami genangan air, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Denny Wahyu mengatakan, genangan di sejumlah titik di Ibukota kini telah surut kembali.

"Berdasarkan hasil pantauan Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) BPBD, pasca-hujan hari ini, titik-titik yang tergenang sudah kembali surut," ujar Denny kepada Liputan6.com, Sabtu (7/11/2015) malam.

Kendati, Denny tidak menyebutkan berapa jumlah titik genangan tersebut.


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok sebelumnya menyatakan pihaknya sedang mengupayakan seluruh saluran air di Ibukota terhubung. Sehingga tidak ada lagi aliran air yang terhambat, yang mengakibatkan genangan di sudut Ibukota.

Kendati, tak mudah menghubungkan seluruh sungai di Jakarta, Namun mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan, pihaknya terus berupaya menormalisasikan sungai. Sebab, di beberapa wilayah Jakarta masih ada saluran terputus karena diduduki pedagang kaki lima (PKL) atau rumah.

Bukan hanya normalisasi sungai, Ahok mengatakan optimalisasi pompa juga terus dilakukan. Alat berat juga terus diturunkan untuk menggerus sedimentasi yang menyebabkan pendangkalan sungai di Ibukota. (Rmn/Vra)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya