Seminar FUI 2016 Meriahkan Gedung Kemkominfo

Pada Sabtu 14 Mei 2016, Forum Ubuntu Indonesia (FUI) telah sukses menyelenggarakan acara Seminar FUI 2016

oleh Liputan6 pada 17 Mei 2016, 11:52 WIB
Diperbarui 19 Mei 2016, 09:17 WIB
Seminar FUI 2016 Meriahkan Gedung Kemkominfo
Pada Sabtu 14 Mei 2016, Forum Ubuntu Indonesia (FUI) telah sukses menyelenggarakan acara Seminar FUI 2016

Liputan6.com, Jakarta Pada Sabtu 14 Mei 2016, Forum Ubuntu Indonesia (FUI) telah sukses menyelenggarakan acara Seminar FUI 2016 di gedung Kemkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat No. 9 Gambir Jakarta Pusat. Acara seminar yang digelar untuk menyambut rilis Ubuntu 16.04 ini, kembali menyedot antusiasme penggiat IT di tanah air dengan jumlah peserta yang membludak. Dua ratus lebih kursi yang tersedia di gedung Kominfo penuh sesak dipadati para peserta dari berbagai kalangan.

Seminar FUI 2016 mengangkat tema "Ubuntu Now!". Sebagaimana disampaikan pendiri FUI Gary Dean pada pembukaan acara, tema seminar kali ini mengajak semua peserta untuk jangan ragu beralih ke Sistem Operasi Ubuntu yang gratis, bebas, dan handal.

Senada dengan hal tersebut, tokoh senior IT Indonesia Teddy Sukardi dan Rahmat Samik-Ibrahim yang hadir sebagai pembicara juga menekankan pentingnya bangsa Indonesia lebih berperan di dunia teknologi opensource. Adaptasi teknologi opensource akan memungkinkan bangsa Indonesia dapat berperan lebih mandiri di bidang IT. 

Pembicara lain juga menyampaikan materi yang tak kalah menarik. Kol. Ir. Rifki Indrakusuma, M.Sc dari BAIS TNI, menyoroti mengenai Potensi pemanfaatan opensource untuk TNI (Militer). Niko Tidar mengangkat materi mengenai peran generasi muda dalam pengembangan teknologi opensource. Sedangan Utian Ayuba dan Harry Sufehmi mengangkat implementasi teknologi opensource di dunia riil. 

Foto bersama seluruh peserta

Selain sesi seminar, acara dilengkapi pula dengan sesi lokakarya di mana peserta dapat mengikuti kelas secara praktek. Antusiasme tinggi tampak dari semangat para peserta mengikuti semua kelas lokakarya sampai selesai. 

Seminar FUI merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Forum Ubuntu Indonesia, dan akan diselenggarakan lagi pada tahun-tahun mendatang. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Event kali ini juga menyedot antusiasme yang sangat tinggi dari para pecinta IT tanah air, sehingga kuota 200 peserta langsung habis hanya dalam beberapa hari sejak dibukanya pendaftaran.

(Adv)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya