Renungan Malam di TMP Kalibata, Macet Mengular hingga Manggarai

Menjelang renungan suci di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, kemacetan mengular dari arah Manggarai, Cawang, dan Pasar Minggu.

oleh Muslim AR diperbarui 16 Agu 2016, 23:39 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2016, 23:39 WIB
Renungan Malam Kemerdekaan di TMP Kalibata
Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata di Jakarta Selatan. (Twitter.com/TMC Polda Metro Jaya)

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas dari arah Manggarai mengalami kemacetan, begitu juga di Jalan Saharjo, Cawang, dan Pasar Minggu tersendat. Mobil bahkan tak bergerak selama 15 menit lebih, hanya sepeda motor yang menyalip di antara antrean kendaraan itu.

Hal ini terjadi lantaran adanya Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, ada pengalihan dan rekayasa lalu lintas sebelum, selama dan sesudah renungan malam kemerdekaan di TMP Kalibata.

"Mulai pukul 23.30 WIB, arus lalu lintas yang akan masuk Jalan Pahlawan Kalibata dari Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Pahlawan Kalibata, dan Jalan Rawajati Barat ditutup, kecuali undangan, kendaraan lain tidak bisa melintas," ujar Budiyanto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Arus lalu lintas di sekitar TMP Kalibata akan dialihkan sejak traffic light. Sementara itu, kendaraan dari arah Pancoran diarahkan lurus ke Pasar Minggu. Sedangkan kendaraan dari arah Pasar Minggu diluruskan ke arah Pancoran.

"Di putaran bawah flyover Kalibata, kendaraan dari arah TMPN Kalibata diarahkan lurus ke arah Jambul atau Jalan Dewi Sartika. Kemudian dilakukan penutupan kendaraan yang keluar dari Jalan Rawajati Barat," jelas Budiyanto.

Rekayasa Lalu Lintas

Sementara itu bagi kendaraan yang melintas dari arah Jalan Dewi Sartika diarahkan belok ke kiri atau ke Jalan Rawajati Timur (arah Volvo-Pasar Minggu) atau diarahkan memutar arah di bawah flyover.

"Untuk pertigaan Kalibata Mall sisi Timur, dilakukan penutupan Jalan Pahlawan Kalibata arah barat. Kendaraan dari arah Jambul diarahkan belok ke kiri ke Jalan Rawajati Timur 1 menuju ke arah Volvo atau Pasar Minggu. Penutupan flyover Kalibata arah barat, dan penutupan kendaraan yang keluar dari Rawajati Timur 1," Budiyanto menjelaskan.

Untuk pengaturan dan rekayasa lalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menurunkan puluhan personel. Polisi lalu lintas tersebut juga dibantu oleh petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Ada 41 personel, di-ploting di traffic light Pancoran, Perdatam, Kalibata, Duren Tiga, putaran bawah flyover, dan di parkiran," ucap dia.

Dari pantauan Liputan6.com di depan TMP Kalibata, kendaraan yang melintas sejak pukul 22.30 WIB tadi sudah mulai berkurang. Sementara itu, kemacetan di Cawang, Jalan Saharjo, Pasar Minggu, telah mengular.

Listrik di kawasan Kalibata juga sempat dipadamkan sekitar 15 menit mulai pukul 00.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya