Sempat Ditutup, Lalu Lintas Balai Kota DKI Kembali Normal

Meski begitu, sejumlah pendukung Ahok masih terlihat berlalu lalang di kawasan tersebut. Mereka kompak berbaju merah.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 11 Mei 2017, 11:38 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2017, 11:38 WIB
Muhammad Radityo Priyasmoro/Liputan6.com
Massa pendukung Ahok menggalang aksi pengumpulan KTP di Balai Kota

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menggalang dukungan KTP untuk jaminan penangguhan penahanan gubernur nonaktif itu di Balai Kota DKI Jakarta.

Aksi yang dilakukan sejak pagi membuat jalanan di kawasan tersebut macet. Polisi pun memutuskan memutup jalan tersebut. Dari Merdeka Selatan hingga Kedubes Amerika Serikat tak bisa dilalui.

Namun, pantauan Liputan6.com penutupan tak berlangsung lama. Jelang siang ini, lalu lintas di depan Balai Kota sudah kembali normal dan bisa dilakukan kendaraan.

Meski begitu, sejumlah pendukung Ahok masih berlalu lalang di kawasan tersebut. Mereka kompak berbaju merah.

"Ini kami kumpulkan dari jam 6 pagi. Tidak sebatas warga Jakarta, seluruh warga boleh berpartisipasi guna penegakan hukum yang berkeadilan," kata salah satu penggagas aksi, Bianka, di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2017).

Penggalangan dukungan KTP ini akan digunakan sebagai jaminan penangguhan Ahok yang saat ini ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok.

Ahok divonis 2 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara,  Selasa 9 Mei lalu. Vonis ini lebih berat dari tuntutan jaksa yang meminta Ahok dipenjara 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya