Anies Baswedan: Keindahan Ibu Kota Harus Dikembalikan

Anies menginginkan kegiatan kirab kebangsaan dapat dilaksanakan rutin di Monas.

oleh Ika Defianti diperbarui 26 Nov 2017, 12:46 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2017, 12:46 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, kegiatan kirab kebangsaan untuk memperingati hari pahlawan merupakan suatu bentuk ekspresi seni dan budaya di Ibu Kota. Sehingga masyarakat yang datang ke Jakarta tidak hanya untuk mencari penghidupan.

"Tapi kota ini menjadi pusat budaya dan seni Indonesia. Ini visi kita, keindahan di Ibu Kota harus dikembalikan berbagai atraksi, seperti halnya anak-anak zaman now," kata Anies Baswedan di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017).

Tak hanya itu, kata dia, hal tersebut juga suatu bentuk untuk memunculkan persatuan di Monumen Nasional (Monas).

"Harus kita bangun sama-sama, kita perjuangkan sama-sama adalah persatuan di Indonesia. Hari ini persatuan muncul," kata dia.

Selanjutnya, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menginginkan kegiatan kirab kebangsaan dapat dilaksanakan rutin di Monas. Sehingga setiap pagi, sore hingga malam hari, muncul atraksi berbagai budaya.

"Kita izinkan kegiatan, di mana warga bisa berkumpul, kita kembalikan Monas alun-alunnya warga Jakarta," jelas Anies Baswedan.


Anies Beri Angpau

Kirab kebangsaan dalam rangka memperingati hari pahlawan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

Tampak pula satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan beberapa anggota DPRD DKI. Anies datang ke acara lebih dulu dibanding Sandiaga yang datang belakangan. Sandi sebelumnya berlari dari kawasan car free day ke Monas.

Saat penampilan parade barongsai, Anies-Sandi menyempatkan memberikan angpau sebagai ciri khas pertunjukan ini. Anies memberikan angpau kepada barongsai warna merah dan Sandi kepada barongsai warna putih.

"Pak Sandi ngasih angpau ke barongsai putih dan diikuti Pak Anies ke barongsai merah," ucap pembawa acara pada Minggu (26/11/2017).

Saat penampilan komunitas basket, Sandiga juga mencoba atraksi. Aksinya itu disambut tepuk tangan meriah pengunjung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya