Ditjen Polpum Gelar Forum Demokrasi

Ditjen Polpum menggelar Forum Demokrasi Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2019

oleh Reza diperbarui 27 Agu 2018, 19:01 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2018, 19:01 WIB
Ditjen PUM
Ditjen Polpum menggelar Forum Demokrasi Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka upaya meningkatkan kualitas demokrasi, baik secara prosedural maupun substansial dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, Ditjen Polpum menggelar Forum Demokrasi Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2019 di Grand Central Hotelpada Senin (27/8).

"Pelaksanaan pemilu serentak tersebut tentu bukan tugas sederhana,melainkan memerlukan peran dan tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kelembagaan," ujar La Ode Direktur Politik Dalam Negeri.

Oleh karena itu, diperlukan fungsi dukungan dari seluruh stakeholder dan lembaga terkait dalam pelaksanaan Pemilu sebagai pesta demokrasi nasional yang harus dijaga iklim yang kondusif untuk mendukung penggunaan hak politik masyarakat dalam Pemilu," kata La Ode.

La Ode menjelaskan makna Pemilu dalam suatu negara demokrasi dapat diukur dari berbagai aspek yakni aspek Politis, Hukum, Sosial Budaya dan aspek Hankam.

Pemilu yang sukses bisa diukur melalui Indikator Kualitas Pemilu yang di antaranya penyelenggaraan pemilu yang adil, terpilihnya pemimpin yang mendorong pemerintahan yang bersih, wakil rakyat yang bertanggungjawab, demokratisasi internal partai serta tingginya partisipasi pemilih yang cerdas.

Turut hadir dalam forum ini antara lain para mahasiswa, pemilih muda, pemilih pemula serta pejabat lingkup Ditjen Polpum.

 

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya