Pabrik Terduga Pencemar Air PDAM Solo Mengaku Saluran Pipa Limbahnya Rusak

Pabrik PT Mahkota Citra Lestari yang diduga melakukan pencemaran air PDAM Solo mengaku saluran pembuangan limbah sempat rusak.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 22 Okt 2018, 11:55 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2018, 11:55 WIB

Fokus, Solo - Petugas terus memeriksa saluran air pelanggan akibat dugaan pencemaran air baku konsumen PDAM Solo, Jawa Tengah. Akibat peristiwa ini PDAM dan warga menderita sejumlah kerugian.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (22/10/2018),  pemeriksaan dilakukan di sekitar wilayah pabrik yang diduga melakukan pencemaran hingga ke kawasan kediaman rumah Presiden Joko Widodo.

PDAM Toya Wening menjelaskan dari hasil penelusuran, lokasi pabrik PT Mahkota Citra Lestari yang diduga melakukan pencemaran bukan pelanggan aktif. Petugas juga masih terus menghitung jumlah kerugian.

“Kami belum menemukan kontruksi bangunan yang menggunakan pipa PDAM,” Direktur Teknik Pdam Solo Tri Atmojo  

Sementara itu, pengelola pabrik mengatakan beberapa waktu lalu  memang ada pembongkaran saluran karena rusak. Namun pembuangan limbah tetap dilakukan ke tempat seharusnya.  

Beberapa waktu lalu, air baku untuk konsumsi pelanggan dari PDAM Toya Wening berubah warna menjadi merah. Belakangan PDAM mengetahui sumber warna merah berasal dari pipa pembuanggan sebuah pabrik di Banyuanyar, Solo.  (Karlina Sintia Dewi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya