Suara PDIP Unggul di Pemilih Muslim, Hasto Sebut karena Faktor Ma'ruf Amin

Selama ini PDIP banyak diserang hoaks dan stigma telah menjaga jarak dengan muslim. Namun, hasil survei membuktikan pemilih muslim justru banyak memilih PDIP.

oleh Ratu Annisaa Suryasumirat diperbarui 22 Feb 2019, 16:13 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2019, 16:13 WIB
Terima Partai Konservatif Inggris, PDIP Belajar Fenomena Hoaks
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) bersama delegasi Partai Konservatif Inggris Simon Burns dan Nick De Bois di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Selasa (19/2). Pertemuan membahas isu-isu aktual. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Survei terbaru LSI Denny JA menyatakan, PDI Perjuangan unggul sebesar 18,4 persen di kantung suara pemilih muslim pada Pemilu Legislatif 2019 dibandingkan dengan partai politik lainnya. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan hal ini juga karena adanya faktor kerja mengkampanyekan Paslon 01, Jokowi- Ma'ruf Amin.

Menurut dia, selama ini PDIP banyak diserang hoaks dan stigma telah menjaga jarak dengan muslim. Namun, hasil survei membuktikan pemilih muslim justru banyak memilih PDIP.

"Rakyat memahami dan dari survei LSI terbukti bahwa dukungan mayoritas umat Islam kepada partai politik diberikan kepada PDIP," ucap Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Jumat (22/2).

Hasto mengakui, dukungan terhadap PDIP juga menjadi semakin kuat, sebab calon presiden nomor urut 01, Jokowi telah menggandeng seorang ulama sebagai cawapresnya, yaitu Ma'ruf Amin. Menurut dia, Ma'ruf hadir sebagai sosok pengayom dari seluruh komponen bangsa.

"Ini mencerminkan keindonesiaan kita. Apalagi ulama yang bersama Pak Jokowi, yakni Pak Kiai Haji Ma'ruf Amin adalah ulama yang menempati posisi tertinggi sebagai Ketua MUI (Majelis Ulam Indonesia)," tuturnya.

Selain itu, dalam berbagai kesempatan, termasuk saat Safari Kebangsaan, PDIP juga sering menemui para habib, pesantren, dan lainnya. Hasto menilai, hal inilah yang juga akhirnya membuat mereka mengerti akan tugas-tugas PDIP dan mau memilih partai tersebut.

Ia menambahkan, PDIP akan terus bergerak menggalang dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Karena dengan banyaknya dukungan ke Pak Jokowi, dukungan ke partai juga akan bertambah," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya