Pesan di Balik Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI

Melihat anak-anak sekolah berkompetisi, saling menyebarkan paham-paham Empat Pilar menjadi salah satu indikator bahwa sosialisasi Empat Pilar diterima baik.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Nov 2019, 19:21 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2019, 19:21 WIB
Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).
Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Anggota MPR RI Fraksi Golkar, Idris Laena mengatakan, MPR terus berupaya untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI. Salah satunya lewat lomba Cerdas Cermat Empat Pilar yang digelar tiap tahunnya.

Idris menuturkan, dengan adanya lomba tersebut, para pemuda mulai dari anak-anak sekolah diharapkan paham tentang kebangsaan serta menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia.

"Kami bangga karena ternyata anak-anak kita luar biasa dari SMA negeri yang ikut dari semua provinsi. Mereka dapat memahami dan memberikan pandangan-pandangan mereka tentang tentang kegiatan 4 pilar MPR Republik Indonesia ini luar biasa," kata Idris Laena usai menjadi juri dalam lomba Cerdas Cermat Empat Pilar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Melihat anak-anak sekolah berkompetisi, saling menyebarkan paham-paham Empat Pilar menjadi salah satu indikator bahwa sosialisasi Empat Pilar diterima baik. Hal itu juga menggambarkan, anak-anak bangsa pun memiliki kepedulian tinggi terhadap konstitusi dan kemajuan bangsa.

"Kita ketahui bahwa MPR itu memang salah satu tugasnya melakukan sosialisasi empat pilar MPR. Jadi selain sosialisasi ke daerah pemilihan oleh masing-masing anggota dewan, kemudian ada undangan dari berbagai kelompok organisasi kemasyarakatan, juga melalui pelajaran seni budaya yang terkait dengan kebhinekaan dan salah satunya mengenai kegiatan Cerdas Cermat yang melibatkan seluruh SMA negeri yang ada di daerah mereka lomba di tingkat kabupaten ini," terang Idris.

Idris menuturkan, ada pesan di balik pelaksanaan lomba Cerdas Cermat Empat Pilar yang baru selesai digelar. Bagi warga bangsa sudah seharusnya menjalankan nilai-nilai kebangsaan. Seperti menghargai dan hidup berdampingan dalam perbedaan. Begitu juga soal NKRI dan Pancasila yang sudah final.

"Jadi memang pesertanya adik-adik kita dari SMA memberi pesan kepada kita, bahwa ayo kita semua rakyat Indonesia pahamin itu kita tingkatkan nilai-nilai kebangsaan itu supaya menjadi pemahaman kita dan saya kira harus menjadi pemahaman seluruh rakyat Indonesia," tutur Idris.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


SMAN 1 Tenggarong Jadi Juaranya

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).
Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tenggarong, Kalimantan Timur keluar sebagai juara pertama lomba cerdas cermat Empat Pilar MPR RI tingkat Nasional 2019. Yang menjadi juri dalam lomba tersebut adalah anggota MPR fraksi PDI Perjuangan Abidin Fikri, anggota MPR fraksi Gerindra Elino M Husein Mohi, dan Anggota MPR Fraksi Partai Golkar, Idris Laena.

Dalam babak grand final, SMA Negeri 1 Tenggarong unggul atas SMAN 1 Brebes, Jawa Tengah dan SMAN 2 Sampit, Kalimantan Timur.

Di atas pangung, para peserta langsung menerima hadiah. Juara I berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp50 juta, medali emas, plakat penghargaan, dan piala berbentuk miniatur gedung MPR RI.

Untuk juara II berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp40 juta, medali perak, plakat penghargaan, dan piala berbentuk miniatur gedung MPR RI.

Dan juara III berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp 30 juta, medali perunggu, plakat penghargaan dan piala berbentuk miniatur gedung MPR RI.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya