Malam Tahun Baru di Ancol? Ini Skema Sentral Parkir yang Akan Diberlakukan

Ancol berkolaborasi dengan Dishub DKI Jakarta dan Transjakarta melakukan penambahan sentral parkir Rusunami Bandar Kemayoran (C3) di Jalan Benjamin Sueb dan Wisma Atlet

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Des 2019, 08:08 WIB
Diterbitkan 31 Des 2019, 08:08 WIB
Pesta Kembang Api Musikal Meriahkan Malam Pergantian Tahun di Ancol
Pesta kembang api saat malam Tahun Baru 2019 di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Selasa (1/1). Ancol menyajikan pesta kembang api musikal sepanjang 600 meter di bibir pantai dalam menyambut Tahun Baru 2019. (Merdeka.com/Iqbal Nugoho)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat yang akan menghabiskan malam pergantian tahun baru dan berlibur di Taman Impian Jaya Ancol tak perlu pusing mencari lokasi parkir. Ancol menghadirkan terobosan skema arus lalu lintas dan sarana parkir baru untuk mendukung terlaksananya kenyamanan perayaan tahun baru di Ancol.

Ancol berkolaborasi dengan Dishub DKI Jakarta dan Transjakarta melakukan penambahan sentral parkir Rusunami Bandar Kemayoran (C3) di Jalan Benjamin Sueb dan Wisma Atlet. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung.

Sistem sentral parkir ini akan diberlakukan sistem sentral parkir mulai 31 Desember pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari pukul 23.59 WIB. Pada tanggal itu, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di Rusunami Bandar Kemayoran (C3) - Ancol Timur.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Agus Sudarno mengatakan, kolaborasi ini adalah salah satu bentuk perbaikan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ia juga meminta agar masyarakat dapat mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Satu saja dia berhenti itu mulanya kemacetan terjadi. Kami menghimbau kepada masyarakat demi kenyamanan bersama demi kenyamanan bersama untuk mengikuti arahan-arahan agar ketentuan yang sudah ditetapkan bersama dapat berjalan dengan baik,” ujar Agus di Ancol, Jakarta Utara, Jumat 27 Desember 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Ex-Asian Games Kemayoran

Selain itu, pengunjung dapat pula memarkirkan kendaraan di area parkir ex-Asian Games Kemayoran. Dari sana pengunjung dapat naik bus Transjakarta yang khusus mengantarkan pulang pergi Ancol-area parkir Kemayoran.

Bahkan, Direktur PT Transjakarta Achmad Izzul mengatakan bahwa Transjakarta akan mengerahkan 155 bus Transjakarta pada perayaan malam tahun baru.

Selain itu, pada malam tahun baru akan dilakukan sterilisasi di sepanjang jalan menuju Karnaval yang akan menjadi tempat acara utama diadakan. Hanya bus wara-wiri, kereta sato-sato, mobil difabel, ambulans, PMK, petugas patroli, dan truk sampah yang dapat melewati jalan utama.

Ancol menyiapkan 10 armada tambahan untuk bus wara-wiri. Setiap bus wara-wiri akan dilengkapi dengan pemandu yang akan memberikan informasi tentang rute bus serta halte yang akan dikunjungi.

Selain itu, Ancol menyediakan parkir dengan kapasitas 600 untuk mobil dan 1.500 untuk kendaraan roda dua. Terkait penyediaan lahan parkir ini, Dishub juga bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran.

(Winda Nelfira)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya