AMSI Gelar Kongres Kedua Secara Virtual, Menkeu Sri Mulyani Jadi Keynote Speaker

AMSI ikut membahas dan menyusun kerangka dasar media sustainability di Indonesia demi terciptanya industri pers yang sehat dan industri digital yang fair.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Agu 2020, 12:25 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2020, 12:23 WIB
Ketua AMSI Wenseslaus Manggut
Ketua AMSI Wenseslaus Manggut

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan menggelar Kongres Kedua pada tanggal 22-23 Agustus 2020. Acara ini akan dihadiri oleh semua media anggota dari 21 provinsi di seluruh Indonesia.

Sedianya kongres ini digelar di Surabaya, Jawa Timur. Namun, karena pandemi Covid-19, forum tertinggi AMSI ini diputuskan digelar secara virtual.

"Acara pembukaan kongres ini akan dihadiri sejumlah tamu undangan dari kalangan tokoh pers, industri media, dan umum. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dijadwalkan menjadi keynote speaker," kata Ketua AMSI Wens Manggut dalam keterangan persnya, Jumat (21/8/2020).

Selama tiga tahun ini, AMSI sudah membentuk kepengurusan di 21 provinsi dari Aceh hingga Papua dan telah secara resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

AMSI ikut membahas dan menyusun kerangka dasar media sustainability di Indonesia demi terciptanya industri pers yang sehat dan industri digital yang fair.

Selain itu, AMSI juga ikut berkolaborasi dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menginisiasi Cek Fakta untuk mengklarifikasi hoaks yang marak di ranah digital. Langkah tersebut diharapkan dapat menyuguhkan informasi yang terverifikasi kepada masyarakat.

"Dunia digital Indonesia masih tergolong baru, begitu pula industri media siber. Oleh karena itu, diperlukan literasi untuk para pengelola media, pelaku bisnis, serta publik, di tengah maraknya penyedia konten," tutur Wens.

Disamping itu, dia menekankan pentingnya regulasi yang menjadi aturan main. Kendati begitu, regulasi tersebut jangan sampai menghambat perkembangan industri media siber.

"AMSI masih memerlukan pembenahan dan penguatan organisasi; serta membantu pengurus wilayah membangun ekosistem industri digital di tingkat lokal, demi terciptanya industri media yang sehat dan berkelanjutan," jelas Wens.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Agenda AMSI

Adapun agenda dalam kongres kedua ini untuk mematangkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta membahas program untuk tiga tahun ke depan.

Kongres AMSI kali ini juga akan memilih ketua dan sekretaris jenderal AMSI yang baru, untuk kemudian membentuk kepenggurusan periode 2020-2023.

"Kongres juga bertujuan untuk menguatkan kemandirian ekosistem digital Indonesia dengan menghasilkan rekomendasi rekomendasi kepada pemerintah yang bisa dijadikan dasar kebijakan dalam membangun ekosistem digital," ucap Ketua Panitia Kongres Kedua Maryadi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya