Antisipasi Penularan Covid-19, Polisi Bagikan 29.000 Masker di Bekasi

Selain menggunakan masker, masyarakat juga diimbau untuk lebih disiplin dalam mencuci tangan dan menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 14 Sep 2020, 16:52 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2020, 16:52 WIB
Polisi memberikan imbauan dan masker gratis kepada warga Bekasi yang tidak menerapkan protokol kesehatan.
Polisi memberikan imbauan dan masker gratis kepada warga Bekasi yang tidak menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Bekasi Kota membagikan masker kepada Bhabinkamtibmas Polsek jajaran, untuk mengantisipasi penularan virus Corona atau Covid-19 yang masih cenderung tinggi. Masker yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat itu berjumlah 29.000 lembar.

Sebanyak 58 Bhabinkamtibmas Polsek jajaran masing-masing mendapat 500 pieces masker, untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat Kota Bekasi. Sosialisasi masker ini tengah digalakkan kepolisian di tengah melonjaknya kasus positif Covid-19 di kota ini.

"Kita lihat semakin banyak masyarakat yang terpapar. Salah satu cara mencegah penularan adalah dengan menggunakan masker," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko di Bekasi, Senin (14/9/2020).

Selain menggunakan masker, masyarakat juga diimbau untuk lebih disiplin dalam mencuci tangan dan menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah. Kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sangat penting dalam memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Kita juga selalu beri imbauan masyarakat untuk disiplin melakukan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujar Wijonarko.

Sementara Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari mengatakan, giat sosialisasi masker sudah dilakukan mulai dari tingkat Polda, Polres hingga Polsek.

"Kita juga menggandeng pihak-pihak terkait dalam mengawasi protokol kesehatan, terutama di pusat-pusat keramaian," ucap Erna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Perhatikan kesehatan

Polisi Kampanye Pemakaian Masker di Bekasi
Petugas membagi-bagikan masker gratis kepada pengguna jalan di Bekasi yang tidak memakai masker. (Foto: Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Seluruh jajaran diminta agar selalu memerhatikan kesehatan saat menjalani tugas, demi meminimalisir resiko terpapar di tengah kondisi Kota Bekasi yang kembali berstatus zona merah.

"Karena apabila rekan-rekan sakit, maka akan sangat mudah sekali terpapar virus ini. Ya kita berharap saja virus Covid-19 ini agar cepat berlalu," imbuhnya.

Polres Metro Bekasi Kota bersama Pemkot Bekasi sebelumnya juga telah merekrut sejumlah relawan Satgas Covid-19, untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di sejumlah titik keramaian. Di antaranya Alun-Alun Kota Bekasi, Pasar Kranji dan Stasiun Bekasi.

10 orang relawan ditempatkan di Pasar Kranji, 10 orang di alun-alun, dan 5 orang di Stasiun Bekasi. Para relawan ini bertugas membantu aparatur pemerintahan dalam mendisiplinkan masyarakat yang berada di titik keramaian tersebut.

Relawan Satgas Covid-19 juga diberi kewenangan oleh Kapolres untuk menegur masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Keberadaan relawan ini diharapkan dapat lebih mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya