Polisi Amankan Puluhan Pelajar di Tangerang saat Akan Demo ke Jakarta

Sugeng menyebut, para pelajar ini termakan provokasi berupa ajakan berantai via aplikasi whatsapp untuk mengikuti aksi protes di depan Gedung DPR.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 08 Okt 2020, 03:30 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2020, 03:30 WIB
Polres Metro Tangerang mengamankan puluhan pelajar yang hendak demo di depan Gedung DPR
Polres Metro Tangerang mengamankan puluhan pelajar yang hendak demo di depan Gedung DPR. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pelajar SMP dan SMA di Tangerang diamankan polisi saat hendak menuju Jakarta. Mereka diduga terhasut ajakan aksi demo di depan Gedung DPR RI terkait penolakan UU Cipta Kerja, Rabu (7/10/2020).

"Ada 24 pelajar SMP dan SMA di Tangerang, pelajar MAN dari Kedawung, diamankan saat akan berangkat mengikuti demo di Gedung DPR RI," tutur Kapolres Metro Tangerang, Kombes Sugeng Hariyanto, Rabu.

Sugeng menyebut, para pelajar ini termakan provokasi berupa ajakan berantai via aplikasi whatsapp untuk mengikuti aksi protes di depan Gedung DPR. Saat diamankan, pelajar tersebut juga membekali diri dengan spanduk-spanduk protes khas pengunjuk rasa.

"Sekarang mereka sudah diamankan di Polsek Jatiuwung dan Ciledug," kata Kapolres.

Sementara itu, Wakapolres Metro Tangerang, AKBP Yudhistira mengatakan, petugas di lapangan memang mencegah agar ribuan buruh di wilayahnya tidak sampai ke Jakarta.

"Orang yang ke kondangan saja kita bubarkan, apalagi orang berkerumunan unjuk rasa seperti ini," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Halau Buruh ke Jakarta

FOTO: Ratusan Buruh di Tangerang Konvoi Tolak Omnibus Law
Buruh membawa spanduk saat konvoi di Kota Tangerang, Banten, Selasa (6/10/2020). Dalam aksi tersebut mereka menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja yang sudah disahkan oleh DPR RI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Yudhistira pun memastikan, bila semua kerumunan buruh yang akan berunjuk rasa ke Jakarta, langsung dicegah di berbagai titik. Pasukan TNI dan Polri selain di kawasan industri Batuceper, juga disebar di Jatiuwung, Cipondoh dan pintu masuk Kebon Nanas.

"Hari ini di Tangerang semua titik hendak menuju Jakarta, untuk unjuk rasa kita sekat. Kekuatan kita Polres dibantu dengan TNI, dari batalion ditambah dengan brimob kurang lebih sekitar 1.000 pasukan," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya