Satgas Minta Pendemo Tes Covid-19 Jika Alami Gejala Usai Turun Aksi

Wiku Adisasmito meminta, demonstran yang menolak RUU Cipta Kerja segera memeriksakan diri apabila mengalami gejala virus corona usai turun aksi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 02 Nov 2020, 19:07 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2020, 19:07 WIB
Aksi Ratusan Buruh Tolak UU Cipta Kerja
Massa buruh menaburkan bunga sebagai simbol duka atas kebijakan pemerintah di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (2/11/2020). Buruh dari berbagai serikat pekerja menggelar demo terkait penolakan pengesahan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja dan upah minimum 2021. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta, demonstran yang menolak RUU Cipta Kerja segera memeriksakan diri apabila mengalami gejala virus corona usai turun aksi.

Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

"Lakukan testing jika mengalami gejala Covid-19 pasca aksi. Kita harus mengingat Covid-19 ini tidak hanya berpotensi menular namun juga berpotensi untuk menelan korban jiwa," jelas Wiku saat dihubungi Liputan6.com, Senin (2/11/2020).

Dia berharap, masyarakat untuk mempertimbangkan kondisi pandemi dan potensi penularan kasus Covid-19, sebelum melakukan aksi penyampaian pendapat secara terbuka.

Pasalnya, pengunjuk rasa rentan terpapar virus corona karena berkumpul dengan jumlah yang banyak dan sulit menjaga jarak.

"Saat ini, perlindungan terhadap masyarakat dari paparan Covid-19 merupakan prioritas yang harus kita pastikan untuk berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pertimbangkan hal-hal ini sebelum melakukan aksi," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Jangan Anggap Enteng

Wiku mengingatkan, masyarakat yang tetap memilih berdemonstrasi, agar memastikan bahwa kondisinya sehat dan mematuhi arahan petugas di lapangan serta protokol kesehatan.

Mulai dari, memakai masker, mencuci tangan dengan rajin, dan menjaga jarak aman.

"Ingat, Covid-19 mematikan, jangan dianggap enteng," tutup dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya