Jokowi Ingatkan Wamenkes Dante Saksono Prioritaskan Serapan Anggaran dan Vaksinasi Covid-19

Jokowi menargetkan vaksinasi gratis dapat dimulai pada Januari 2021.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 23 Des 2020, 12:26 WIB
Diterbitkan 23 Des 2020, 12:26 WIB
Dokter spesialis penyakit dalam Dante Saksono Harbuwono dipilih Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes).
Dokter spesialis penyakit dalam Dante Saksono Harbuwono dipilih Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes). (Foto: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono untuk mempercepat serapan anggaran di kemnteriannya. Jokowi meminta agar anggaran di Kemenkes dibelanjakan dengan efektif dan maksimal.

"Mengingat situasi kondisi yang sekarang dalam kondisi pandemi, maka serapan itu harus efektif, harus tepat guna, dan harus maksimal. Serapan anggaran tersebut menjadi tulang punggung kita untuk mengatasi pandemi ini secara cepat," jelas Dante usai dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Selain itu, Jokowi meminta Kemenkes memprioritaskan program vaksinasi Covid-19. Pasalnya, Jokowi menargetkan vaksinasi gratis dapat dimulai pada Januari 2021.

"Karena dengan melakukan vaksinasi secepat mungkin maka kita akan bisa memperoleh herd immunity yang lebih baik," ujar Dante.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Latar Belakang Wamenkes

 Sebagai informasi, Dante merupakan spesialis endokrologi dan ahli molekular diabetes. Dia akan bekerja sama dengan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Kesehatan.

Budi merupakan Wakil Menteri BUMN yang ditunjuk meggantikan Terawan Agus Putranto. Posisi Wakil Menteri BUMN kemudian diisi oleh Pahala Nugraha Mansyuri. Dia dikenal sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk,.

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi mengisi dua posisi yang kosong lantaran pejabat sebelumnya tersandung kasus korupsi. Dia juga mengganti beberapa kementerian dengan pemain baru.

Selain itu, Jokowi menambah tiga jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia Maju. Tiga jabatan baru itu antara lain, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Sementara itu, 5 wakil menteri yang dilantik Jokowi antara lain:

1. Wakil Menteri Pertahanan: Letjen TNI M. Herindra

2. Wakil Menteri Hukum, dan HAM: Edward Komar Syarief Hiariez

3. Wakil Menteri Kesehatan: Dante Saksono Harbuwono

4. Wakil Menteri Pertanian: Harfiq Hasnul Qolbi

5. Wakil Menteri BUMN I: Pahala Nugraha Mansyuri

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya