Cara Wali Kota Tangerang Membentuk Ketahanan Pangan Warganya di Tegah Pandemi Covid-19

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengungkapkan jurus khusus untuk membentuk ketahanan pangan warganya di tengah pandemi covid-19.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 10 Feb 2021, 07:46 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2021, 07:35 WIB
wali kota arief
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta Guna membentuk ketahanan pangan di tegah pandemi Covid-19, puluhan ribu bibit tanaman produktif dan ikan, dibagikan gratis kepada masyarakat di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, mengatakan, pemberian bibit tanaman produktif dan ikan tersebut, sebagai langkah untuk menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

"Bisa dilakukan urban farming untuk membantu lingkungan yang terdampak Covid-19," kata Arief, Rabu (10/2/2021).

Dia pun menyontohkan salah satu inisiatif warganya yang ada di RW 22, Garden City. Mereka memanfaatkan tandon atau danau buatan, sebagai budidaya ratusan ribu bibit ikan, dengan metode keramba.

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Masuk Kas RW

Lalu hasinya, akan dimanfaatkan oleh warga setempat, kemudian sisanya dijual-belikan. Sehingga pendapatan bisa masuk ke kas RW perumahan untuk keperluan bersama.

"Saat pandemi sebagai sarana budidaya ikan, dan nantinya bisa jadi area wisata keramba jika pandemi telah usai. Lalu, bagi wilayah lain yang lingkungannya tidak memiliki tandon, bisa mencoba dengan menggunakan ember - ember besar untuk budidaya ikannya," kata Arief.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman menambahkan, pihaknya membagikan sebanyak 30.000 bibit tanaman produktif dan 7.000 benih ikan bagi 14 KWT se-Kota Tangerang.

"Setiap KWT dapat mengambil benih ikan dan bibit tanaman di kantor UPT," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya