Wali Kota Apresiasi Tarian Khas Tidore Tampil di Dubai

Tarian tradisional Soya-Soya dari Tidore Kepulauan, Maluku Utara tampil dalam pembukaan National Day Indonesia International Expo 2020 yang digelar di Dubai, UEA.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 07 Nov 2021, 02:25 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2021, 02:25 WIB
Penari tradisional soya-soya dari Tidore Kepulauan
Dua penari tradisional Soya-Soya dari Tidore Kepulauan tampil pada pembukaan National Day Indonesia International Expo 2020 di Dubai, UEA.

Liputan6.com, Jakarta - Tarian tradisional Soya-Soya dari Tidore Kepulauan, Maluku Utara membawa harum Tanah Air di Dubai, Uni Emirat Arab saat tampil dalam pembukaan National Day Indonesia International Expo 2020.

Pentas kebudayaan yang digelar pada Kamis, 4 November 2021 itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capten Ali Ibrahim merasa bangga dan mengapreasiasi dua penampil tarian khas daerah itu, yakni M Rizky Ibrahim dan Putri Balqis.

"Sudah pasti kami bangga ke adik kita ini Rizky dan Balqis, karena nama Tidore terkenal di kancah internasional lewat tarian Soya-Soya yang mereka bawakan. Semoga spirit mereka terus terjaga," tutur Ali dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/11/2021).

Menurut Ali, Pemerintah Kota lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tidore Kepulauan memang aktif dalam membina generasi muda untuk mengembangkan seni dan budaya.

Tarian tradisional pun wajib dikembangkan dan dilestarikan oleh kaum milenial agar warisan budaya daerah tidak terlupakan.

"Banyak tari-tarian di Malut, khususnya Tidore yang harus dilestarikan dan diperkenalkan, tujuannya agar tarian daerah tidak punah oleh tarian-tarian modern," jelas dia.

 


Eksplorasi Seni Budaya Daerah

Ali berharap anak bangsa lainnya dapat terus berkarya dan mengeksplorasi seni budaya berbagai daerah di Indonesia. Sehingga nantinya dapat kembali membanggakan Indonesia di kancah internasional.

"Saya harap Rizky dan Balqis lebih percaya diri untuk bisa berkarya dan eksplorasi seni dan budaya Tidore dengan penuh kreatif untuk memperkaya dunia seni pertunjukan Tidore ke berbagai panggung nasional maupun internasional," kata Ali menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya