Joseph Suryadi Ditahan di Polda Metro Jaya Atas Kasus Penistaan Agama

Polda Metro Jaya menetapkan Joseph Suryadi sebagai tersangka atas kasus penistaan agama dan menahannya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 15 Des 2021, 14:49 WIB
Diterbitkan 15 Des 2021, 14:48 WIB
Polisi Tangkap 2 Tersangka Mutilasi di Bekasi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan memberikan keterangan saat rilis kasus mutilasi Bekasi di Jakarta, Minggu (28/11/2021). Dalam kasus mutilasi dengan korban seorang driver ojol berinisial RS (28) tersebut, polisi berhasil meringkus dua tersangka. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya menetapkan Joseph Suryadi sebagai tersangka atas kasus penistaan agama dan menahannya. Berdasarkan hasil penyelidikan, Joseph Suryadi adalah pemilik nomor WhatsApp yang membagikan karikatur yang diduga mengandung unsur penistaan agama.

"Yang bersangkutan sudah ditahan di Polda Metro Jaya dan kasus ini akan lanjut ke tahap selanjutnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan Rabu (15/12/2021).

Zulpan menerangkan, penyidik telah mengantongi dua alat bukti permulaan yang cukup untuk menaikkan status Joseph Suryadi dari terperiksa menjadi tersangka.

Atas perbuatan, Joseph Suryadi dijerat Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan atau Pasal 28 ayat 1 Juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang No 16 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang No 11 tahun 2016 tentang informasi dan elektronik dan atau Pasal 156 KUHP dan atau 156 a KUHP.

"Ancaman hukuman 6 tahun penjara," tandas dia.

Penyidik sedang melengkapi berkas guna kepentingan penyidikan. Sehingga, kasus ini segera bisa disidangkan.

"Dalam waktu tak lama bisa lanjut ke pengadilan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bunyi Pesan

Sebelumnya, salah satu nomor WA membagikan karikatur yang diduga mengandung unsur penistaan agama.

Pemilik nomor menuliskan kata-kata "Usia Aisah selalu berubah saat dikawini Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA. YG PENTING NG*C*NG NYA.... SAMA SEPERTI USTADZ HW"

Pemilik nomor menuliskan kata-kata "Usia Aisah selalu berubah saat dikawini Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA. YG PENTING NG*C*NG NYA.... SAMA SEPERTI USTADZ HW'"

Adalah akun Twitter @mylovelyb1e yang mengunggah tangkapan layar tersebut. Dia turut mengunggah foto pria berkemeja dan berkacamata. Diduga pria itu sebagai pemilik nomor yang bernama Joseph Suryadi.

Dia menambahkan keterangan Bantu tangkap penghina agama. Ini dong ... Terimakasih sebelumnya atas perhatiannya min #TangkapJosephSuryadi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya