Wagub DKI Jakarta Minta Dinas SDA Sanksi Kontraktor yang Tak Becus Kerjakan Sumur Resapan  

Secara teori, Riza menyebut bahwa hadirnya sumur resapan tidak akan memicu timbulnya banjir Jakarta.

oleh Yopi Makdori diperbarui 15 Des 2021, 20:28 WIB
Diterbitkan 15 Des 2021, 20:28 WIB
Pengerjaan Sumur Resapan di Kebayoran Baru
Suasana pengerjaan sumur resapan di Jalan Mataram Raya, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (12/10/2021). Sumur resapan atau drainase vertikal tersebut diharapkan dapat mengurangi titik-titik rawan banjir di Ibu Kota. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta supaya kontraktor yang tak becus mengerjakan pembangunan sumur resapan mendapatkan sanksi. Hal itu menyusul adanya kabar soal pembangunan sumur resapan pada suatu daerah di Ibu Kota justru membuat wilayah itu tergenang banjir.

"Jadi harus dilihat secara umum. Secara umum hadirnya sumur resapan sangat membantu. Terkait masih ada yang belum sempurna pengerjaannya, tugas Dinas SDA untuk memastikan kontraktor harus melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kalau tidak ya diberi sanksi," ujar Riza di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Secara teori, Riza menyebut bahwa hadirnya sumur resapan tidak akan memicu timbulnya banjir. Justru keberadaannya difungsikan untuk menjadi tempat penampungan air di permukaan tanah.

Hal ini juga dibuktikan pada pembangunan sumur resapan di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Menurut dia keberadaan sumur resapan membuat kawasan itu tak lagi tergenangi air banjir kala hujan melanda.

"Justru seharusnya dengan hadirnya sumur resapan dia dapat mengurangi banjir karena itu salah satu fungsi dari sumur resapan. Faktanya, di banyak tempat di Fatmawati dan lainnya yang tadinya ada genangan? Kan tidak lagi," tekan dia.

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Laporkan ke Dinas SDA

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau agar warga tak sungkan melapor jika menemukan sumur resapan yang masih tidak beres. Riza memastikan, pihaknya akan merespons laporan itu.

"Kalau masih ada yang dilihat belum selesai, atau kurang baik apa lagi ada yang belum sempurna sekalipun silakan disampaikan nanti akan kami tindak lanjuti. Prinsipnya dinas SDA nanti dengan kontraktor yang sudah ditunjuk harus bertanggung jawab memastikan semua pekerjaan sumur resapan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan fungsi dan harapannya," kata Riza di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Riza memastikan berbagai program terkait pencegahan penanganan dan pengendalian banjir terus diupayakan termasuk masalah sumur resapan. Untuk itu dia meminta masyarakat tak usah khawatir untuk melaporkan temuan sumur resapan yang belum kelar pengerjaan.

Riza menjelaskan, sumur resapan yang memang sengaja dibuat pada tahun ini di sejumlah titik tujuannya demi menampung air.

"Sehingga dapat mengurangi genangan dan potensi banjir," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya