Pemprov DKI Sediakan IPA Mobile, Warga Bisa Minum Air Sungai Hasil Penyaringan

Penempatan IPA mobile hanya di wilayah krisis air bersih di wilayah DKI Jakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Mar 2022, 12:41 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2022, 12:41 WIB
Musim Kemarau, Air Bersih Jakarta Masih Aman
Petugas memeriksa proses penyaringan air milik PT Palyja di Instalasi Pengolahan Air (IPA), Jakarta, Rabu (29/8). Memasuki musim kemarau yang mengakibatkan adanya penurunan debit air di salah satu sumber air baku. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta tercatat telah memiliki 6 unit instalasi pengolahan air (IPA) mobile hingga 2021. IPA mobile berfungsi sebagai penyaring air untuk siap dikonsumsi.

Melalui akun instagram @dkijakarta, penempatan IPA mobile hanya di wilayah krisis air bersih.

Dalam infografis tersebut dijelaskan, kualitas IPA mobile 2021 berbeda dengan kualitas tahun 2020. Jika pada 2020, air baku diolah menjadi air bersih, namun belum layak minum.

Pada 2021, melalui IPA mobile warga terdampak krisis air bersih dapat mengonsumsi air baku sungai melalui IPA mobile.

Proses air baku hingga siap konsumsi sebagai berikut:

 

1. Air baku dari waduk, situ, embung, sungai dan sebagainya dipompa ke IPA mobile

 

2. Air melewati pengolahan proses kimiawi agar kotorannya mudah tergumpal. Kandungan pH air seimbang dan didesinfektanisasi. Kemudian, air diaduk dengan gerakan lambat naik turun agar terbentuk gumpalan kotoran yang besar dan disaring secara fisik pakai beberapa media penyaringan

 

3. Dilakukan penyaringan kedua melalui membran dengan sistem ultrafiltrasi untuk menghilangkan virus dan bakteri dan sistem nanofiltrasi untuk menyaring padatan terlarut

 

4. Diberi sinar ultraviolet untuk menghilangkan bakteri patogen

 

5. Air siap untuk diminum

 


Pastikan Sesuai Standar

Pemprov DKI memastikan kualitas air siap minum hasil proses penyaringan melalui IPA mobile telah memenuhi standar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Untuk struktur badan IPA mobile yaitu terbuat dari baja karbon dengan tebal 6 mm pada bottom plate dan 4 mm pada dinding IPA, difabrikasi dengan metode pengelasan standar pengerjaan food grade.

Kapasitas IPA mobile yaitu 0,5 liter per detik dilengkapi sistem ultrafiltrasi dan nanofiltrasi untuk menghasilkan air bersih yang bebas dari virus kuman dan bakteri dilengkapi box pengisian botol.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya