Potret Keakraban Prabowo dengan Menteri Pertahanan AS Saat Berkunjung ke Singapura

Menhan AS Lloyd James mengatakan, ingin mendengar Prabowo berpidato seperti saat dirinya memberikan opening speech di Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021 di Bahrain pada November 2021 lalu.

oleh Maria Flora diperbarui 11 Jun 2022, 15:26 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2022, 14:42 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef) Lloyd James Austin III di Singapura
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef) Lloyd James Austin III di Singapura. (Tim Media Prabowo Subianto)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef) Lloyd James Austin III saat hadir dalam acara Dutch Pavilion Hotel Shangri-La Singapura, Jumat, 10 Juni kemarin.

Sebelumnya, kedua menteri pertahanan ini sama-sama menghadiri forum Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021 di Bahrain pada November 2021 lalu.

Pertemuan antara Menhan Prabowo dan Menhan Lloyd James saat itu ternyata memiliki kesan tersendiri bagi Menhan AS tersebut.

Lloyd mengatakan dirinya ingin kembali mendengar pidato Prabowo saat opening speech di forum IISS Manama Dialogue 2021 di Bahrain. Prabowo mengatakan jika kehadirannnya di Singapura tidak untuk berpidato.

"Thank God, alhamdulillah kali ini saya tidak harus pidato," kata Prabowo merespons Austin seraya tertawa.

Sebelumnya saat berpidato di Bahrain, Prabowo menyampaikan tentang kunci dari perdamaian dunia. Pria yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menyatakan bahwa kunci perdamaian dunia saat ini adalah kekuatan seimbang dengan kebajikan.

"Pemimpin harus mencerminkan kebajikan dan rasa hormat. Kekuatan-kekuatan besar dunia perlu menghayati ini. Hanya dengan begitulah sejarah akan menilai mereka. Tidak hanya menjadi kekuatan besar, tetapi lebih penting dan abadi, yaitu menjadi peradaban besar," tutur Prabowo di IISS Manama Bahrain 2021.

Dalam pidatoya, Prabowo juga berpesan kepada para pemimpin dunia untuk untuk mencerminkan nilai kebajikan dan saling hormat satu sama lain.

Selain bertemu dengan Menhan Lloyd James Austin III di Singapura, Menhan Prabowo juga bertemu dengan sejumlah menteri pertahanan dan perdana menteri yang memiliki hubungan kerjasama bilateral dengan Indonesia. 

Di antaranya ada Perdana Menteri Singapura berserta Ibu Negara, Lee Hsien Loong dan Ho Ching, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida serta Menhan China Wei Fenghe.

Lantas, seperti apa momen keakraban mereka? Berikut potret keakraban Menhan Prabowo Subianto dengan sejumlah pemimpin dunia di acara Dutch Pavilion Hotel Shangri-La Singapura, Jumat, 10 Juni kemarin:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menhan Prabowo Ditempatkan Satu Meja dengan Menhan Lloyd James Austin, Menhan China Wei Fenghe, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto dalam satu meja dengan Ibu Negara Singapura Ho Ching, Menhan China Wei Fenghe, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Menhan AS Lloyd James Austin III, Wakil Perdana Menteri Australia Richard Marles, dan Ted Colbert, Presiden dan CEO Boeing Global Services. (Foto: Istimewa)    

Menhan Prabowo juga bercengkerama akrab Menhan AS dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Topik yang dibahas soal pertahanan kedua negara.

Ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menhan AS
Menhan rabowo Subianto berjumpa dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef) Lloyd James Austin III di Singapura. Mereka bercengkrama saat hadir dalam acara Dutch Pavilion Hotel Shangri-La Singapura, Jumat 10 Jujni 2022. (Foto: Istimewa)

Prabowo berada di Singapura dalam rangka berbicara pada panel diskusi dengan tajuk "Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar,"

Ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menhan AS
Menhan Prabowo Subianto bercengkerama dengan Menhan Amerika Serikat (US SecDef), Lloyd James Austin III, Jumat, 10 Juni 2022 di Dutch Pavillion Hotel Shangri-La Singapura. (Foto: Istimewa) 
Infografis Safari Lebaran Prabowo Subianto Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Safari Lebaran Prabowo Subianto Jelang Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya