Kepadatan Lalu Lintas di Jalur Arteri Tangerang Diprediksi Terjadi pada H-3 Idul Fitri

Polresta Tangerang memprediksi kepadatan lalu lintas (lalin) arus mudik Lebaran di jalur arteri Kabupaten Tangerang akan terjadi pada tiga hari sebelum (H-3) lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, yaitu tanggal 19 April 2023.

oleh Nasrul Faiz diperbarui 17 Apr 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 06:30 WIB
Kemacetan Panjang Pemudik di Pintu Tol Cikupa
Foto aerial kendaraan terjebak macet di Pintu Tol Cikupa, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). Memasuki H-4 Hari Raya Idulfitri 1443 H atau Lebaran 2022, kendaraan pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi mengular di pintu tol Cikupa arah Merak. Kemacetan terjadi kurang lebih hingga dua km meter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota (Polresta) Tangerang memprediksi kepadatan lalu lintas (lalin) arus mudik Lebaran di jalur arteri Kabupaten Tangerang akan terjadi pada tiga hari sebelum (H-3) lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, yaitu tanggal 19 April 2023.

"Prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 Lebaran atau tanggal 19 April 2023," kata Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah di Tangerang, Minggu (16/4/2023).

Menurutnya, pada masa mudik Lebaran tahun ini bakal terjadi lonjakan volume kendaraan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kendati demikian, Fikry mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema penerapan rekayasa lalu lintas di jalur penghubung Jakarta-Tangerang dan Merak/Ciwandan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan.

"Kita sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, seperti yang akan dilaksanakan di pasar Cikupa dan Gembong, nanti kita lakukan pengalihan jika terjadi kemacetan dengan mengalihkannya ke jalur Citra Raya dan nanti keluarnya di bunderan tiga," katanya. Dilansir dari Antara.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran, Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang juga telah melakukan pemetaan titik-titik terjadinya rawan kecelakaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3 Titik Rawan Kecelakaan

Kemacetan Panjang Pemudik di Pintu Tol Cikupa
Foto udara menunjukkan kendaraan terjebak macet di gerbang masuk tol Cikupa, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). Memasuki H-4 Hari Raya Idulfitri 1443 H atau Lebaran 2022, kendaraan pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi mengular di pintu tol Cikupa arah Merak. Kemacetan terjadi kurang lebih hingga dua km meter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari total pemetaan itu, dibagi ke tiga titik lokasi di antaranya seperti di KM 22, KM 24 dan di KM 12 di jalan Raya Serang-Jakarta.

Keberadaan ke tiga titik rawan kecelakaan tersebut berlokasi di jalur arus mudik Lebaran antara arah Jakarta menuju Merak dan sebaliknya. Baik itu digunakan jalur sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

"Untuk titik rawan kecelakaan itu berada di KM 22 sampai KM 24 yaitu di jalan Raya Serang-Jakarta, kemudian di KM 12 dekat Torabika," ujar dia.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya