Museum Naskah Proklamasi Siap Jadi Saksi Koalisi Besar Gerindra, PKB, Golkar, PAN

Partai Golkar dan PAN dikabarkan akan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Gerindra dan PKB. Deklarasi koalisi rencananya akan digelar di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Agu 2023, 10:21 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2023, 10:15 WIB
Museum Naskah Proklamasi Siap Jadi Saksi Koalisi Besar Gerindra, PKB, Golkar, PAN
Partai Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN akan mendeklarasikan koalisi besar di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Museum Naskah Proklamasi di Jakarta Pusat siap menjadi tempat dideklarasikannya dukungan Koalisi Besar. Nantinya pada deklarasi tersebut, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra akan bergabung menjadi Koalisi Besar.

Pantauan di lokasi, Minggu (13/8/2023) pagi, sejumlah elite dari empat partai tersebut sudah hadir. Pada gerbang masuk, terlihat Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco sudah berdiri menyambut kedatangan Prabowo Subianto. 

Begitu pula elite partai lainnya, seperti PAN juga sudah tiba Wakil Ketua Umumnya Yandri Soesanto. Perwakilan PKB juga sudah tiba yakni Wakil Ketua Umumnya yakni Hanif Dakhiri.

Sementara untuk Golkar, belum terlihat siapa yang hadir di lokasi. Namun sejumlah kader berseragam kuning sudah memadati lokasi.

Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sudah berada di Museum Naskah Proklamasi menunggu kedatangan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Sebagai informasi, di dalam lokasi acara juga sudah dibangun panggung yang lengkap dengan empat kursi berjejer. Diyakini, kursi-kursi tersebut akan diduduki oleh masing-masing dari ketua umum partai tersebut.

Diketahui, jika mengingat ke belakang pada hari ini adalah tepat satu tahun dideklarasinyakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri tiga partai yakni Golkar, PAN dan PPP. 

Namun seiring pecahnya suara PPP, Golkar pun merapat ke arah PKB yang sudah tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk bersatu membentuk poros Koalisi Besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar dan PAN Akan Gabung KKIR

Museum Naskah Proklamasi Siap Jadi Saksi Koalisi Besar Gerindra, PKB, Golkar, PAN
Elite PAN sudah hadir di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat. Hari ini, Partai Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN akan mendeklarasikan koalisi besar. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid membenarkan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golongan Karya (Golkar) akan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR. 

“Insya Allah benar,” kata pria akrab disapa Gus Jazil dalam pesan singkat, Minggu (13/8/2023).

Terkait lokasi deklarasi, Gus Jazil belum mengungkapnya. Sebab berdasarkan informasi beredar di awak media, terdapat tiga tempat deklarasi pertama Gedung Joeang, kedua Tugu Proklamasi, ketiga Rumah Kertanegara atau kediaman dari Prabowo Subianto di Jakarta.

“Nanti dikabari,” singkat dia.

Terkait apakah hari ini akan ada deklarasi dari PAN dan Golkar terhadap Prabowo Subianto, Guz Jazil membuka kemungkinan tersebut.

“Mungkin saja,” dia menutup.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya